Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Mengenal Identitas DataBase


DataBase
A. Pengertian Database
Database Merupakan sejumlah kumpulan informasi yang tersimpan dalam komputer secara sistematis. Database juga dapat dimaknai sebagai representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama, untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Selain itu Database juga merupakan bentuk kumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu untuk tujuan tertentu pula.

Dalam arti lainnya Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang terorganisir dan tersimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan olehpara pengguna.

B. Sejarah Kemunculan Database
Istilah Kata “database” berawal dari ilmu komputer. kemudian arti Database semakin meluas, database juga dimasukkan kedalam bahagian di luar bidang elektronika dan bentuk artikel dari database komputer. Catatan yang mirip dengan database sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

C. Konsep Dasar Database
Konsep dasar database adalah kumpulan dari catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya dan penjelasan ini disebut skema. Banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur database yang dikenal sebagai database model atau model data.

Model yang umum digunakan dari database sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah mewakili semua informasi dalam bentuk tabel yang saling berhubungan, pada setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel.

D. Perangkat yang digunakan Untuk Membuat Database
Database dapat dibuat dan diolah dengan menggunakan suatu program komputer, yaitu yang biasa disebut dengan software (perangkat lunak). Software yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) database disebut Database Management System (DBMS) yaitu Sistem Manajemen Basis Data.

Sistem Manajemen Basis Data ini terdiri dari dua komponen, yaitu Relational Database Management System (RDBMS) dan Overview of Database Management System (ODBMS). RDBMS meliputi Interface Drivers, SQL Engine, Transaction Engine, Relational Engine, dan Storage Engine. Sedangkan ODBMS meliputi Language Drivers,Query Engine, Transaction Engine, dan Storage Engine.

E. Tipe Database
Ada 12 tipe dari database, antara lain Operational database, Analyticaldatabase, Data warehouse, Distributed database, End-user database, External data base, Hypermedia databases on the web, Navigational database, In-memory data bases, Document-oriented databases, Real-time databases, dan RelationalDatabase.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis