Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Mengenal Identitas Server


1. Pengertian Server
Server berasal dari bahasa inggris yaitu ‘serve” yang mempunyai arti melayani, menghidangkan, menyajikan, dan meyediakan. Secara bahasa srver diartikan sebagai mesin dari perangkat komputer yang bekerja sebagai tenaga pendorong dan penyedia dalam melakukan koneksi antara sesama komputer lainnya yang sudah terhubung.

Server merupakan sistem komputer yang selalu online ketika terkoneksi dalam sebuah jaringan internet. Secara umum server dapat diartikan sebagai sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu. Keberadaan server harus didukung dengan adanya prosesor yang sifatnya scalable dan RAM yang besar. Selain itu server juga harus dilengkapi dengan sistem operasi khusus dengan nama sistem operasi jaringan (Network operating System).

2. Fungsi Server dan Komponen Server serta Ciri-Ciri Server

a. Fungsi Server
Server berfungsi menjalankan perangkat lunak basic administratif yang selalu mengontrol akses jaringan dan sumber daya yang ada di dalamya. Selain itu, Server juga berfungsi sebagai penyedia website di Internet, dan berfungsi pula sebagai tempat penyimpanan data yang tersimpan melalui sebuah blog.

b. Komponen Server
Komponen server terdiri dari kumpulan aplikasi yang menggunakan arsitektur klien / server. Seperti Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS Server, DHCP Server dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server biasanya ditandai dengan adanya layanan-layanan yang dimiliki pihat tertentu. Setiap layanan tersebut akan merespon request atau permintaan dari klien atau server.

c. Ciri-ciri Server
Server ditandai dengan adanya:

1. Client
2. Kabel UTP
3. Network Card

Cara kerjanya adalah Server akan terhubung dengan Client melalui kabel UTP dan sebuah Network Card. Kartu yang digunakan adalah Kartu PCI atau ISA.

Kesimpulan dari analisa identitas di atas dapat diilustrasikan bahwa server merupakan sebuah mesin yang selalu hidup dan berfungsi untuk menerima dan meyimpan sebuah data. Jika anda mempunyai sebuah komputer, ketika anda gunakan komputer tersebut sebagai penghubung koneksi internet yang selalu online, maka komputer anda sudah bisa disebut sebagai server. Namun pertanyaanya adalah, apakah komputer anda akan bertahan selama 24 jam terus menrerus hidup? Saya yakin selama 2 hari komputer anda akan meledak.

Oleh karena itu, perlu adanya sebuah mesin khusus yang dirancang untuk itu sebagai pengganti sistem komputer yang hanya bertahan dalam beberapa waktu saja. Mesin tersebut sebenarnya juga merupakan bahagian dari komputer, namun yang membedakannya adalah komponen dan bahagian dalam yang dirancang khusus agar server atau komputer-komputer tersebut mampu bertahan dalam jangka yang cukup lama.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis