Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Pengertian Hipertiroid (Penyakit Berbahaya Bagi Manusia)


Pengertian Hipertiroid (Penyakit Berbahaya Bagi Manusia)~Hipertiroid adalah jenis penyakit yang tidak begitu dikenal sebagian orang, Hipertiroid adalah penyakit yang terjadi karena adanya kelebihan produksi pada kelenjar tiroid. Umumnya pada penderita Hipertiroid sering mengalami pembesaran sekitar 2 sampai 3 kali dari ukuran biasanya dan umumnya pembesaran tersebut terletak pada daerah leher, mata dan lainnya. Terjadinya pembesaran atau munculnya benjolan yang tidak biasa disebabkan datangnya kelebihan kelenjar yang tidak terkontrol dari hasil produksi kelenjar tiroid di dalam tubuh.

Menurut Tri Juli Edi Tarigan seorang ahli endokrin dari FKUI-RSCM melalui media kompas Health menyatakan bahwa peningkatan metabolisme merupakan salah satu gejala hipertiroid. Hipertiroid adalah kondisi tertentu yang terjadi kelebihan produksi dan distribusi hormon tiroid. Hal ini berbeda dengan tiroitoksikosis, walaupun ada kesamaan akan tetapi tiroitoksikosis merupakan kelebihan hormon tiroid yang tidak selalu diproduksi kelenjar tiroid. Hormon ini dapat dihasilkan oleh kelenjar lainnya yang tumbuh namun bisa juga menghasilkan tiroid. Kedua jenis ini mempunyai gejala yang sama yaitu terjadinya peningkatan kecepatan pada metabolisme tubuh.

Hipertiroid

Tri Juli Edi Tarigan juga menjelaskan bahwa sampai saat ini masih belum diketahui penyebab awal mengapa produksi dan distribusi hormon tiroid bisa berlebih, Namun ada beberapa keadaan yang bisa menyebabkan perubahan produksi maupun distribusi hormon tiroid, yaitu penyakit graves dan TMNG (Toxic Multinodular Goiter).

Jumlah hormon tiroid merupakan hormon yang diproduksi dengan kapasitas berbeda-beda dan tidak sama pada setiap orang, oleh karena itulah kategori berlebih dalam hipertiroid juga akan berbeda pada setiap orang. Hal itu tergantung dari sisitem metabolisme dan tempat seseorang memeriksakan hormon tiroidnya. Namun, walaupun jumlah hormon tiroid seseorang berbeda, gejala hipertiroid pada semua orang akan sama seperti Diare, Rambut Rontok, berat badan terus menurun dan emosi labil.

^^ Demikian informasi tentang Pengertian Hipertiroid (Penyakit Berbahaya Bagi Manusia), semoga informasi ini berguna bagi kita semua untuk selalu waspada dan hati-hati setiap apa yang terjadi dalam tubuh kita dengan ditandai adanya gejala yang tidak biasa.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis