Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Pengertian Website (Sejarah, Syarat, Komponen dan Jenisnya)


Website
A. Pengertian Website
WebSite berasal dari bahasa inggris yang mempunyai dua kata terpisah antara web dan site. Web merupakan kumpulan informasi yang terkirim melalui jaringan Intertnet. Pada dasarnya Web merupakan paduan dari WWW (world Wide Web) yang kemudian selalu disebut dengan Web. Namun tetap saja ada perbedaan istilah antara Web dengan WWW. Sedangkan Site merupakan isi dari Informasi-informasi yang berbentuk apapun yang terkumpul dan tersimpan melalui Web.

Jadi, secara istilah pengertian Website adalah suatu kumpulan sebuah situs yang berisi informasi atau file yang file dan informasi tersebut terangkum dalam sebuah Domain dan subdomain sebagai mediasi penghantarnya yang akan tersimpan dalam sebuah blog melalui sistematis website.

Untuk lebih jelasnya lagi saya akan menjelaskan secara mudah pengertian rinci dari website. Jika kita ingin menulis sebuah kata, artikel, atau membuat gambar, tentu kita akan memerlukan alat tulis dan gambar tersebut. Nah alat tulis inilah yang dalam dunia internet disebut dengan Website. Jika kita tidak mempunyai website, tentu kita tidak bisa mempunyai blog. Jadi, setelah kita menulis lalu meyimpannya dalam sebuah buku, maka buku yang dimaksud adalah blog atau weblog. Untuk mengirim tulisan atau data kita, maka kita membutuhkan sebuah alat atau kendaraan yang inilah disebut dengan domain atau subdomain yang akan menghantarkan kita ke tempat penyimpanan data.

B. Sejarah Lahirnya Website
Orang yang pertama kali menemukan Website bernama Sir Timothy John, kemudian Website mulai dikenal dan baru dipublikasikan pada tahun 1991. Adapun tujuan daripada pembuatan website ini adalah untuk mempermudah fasilitas pembaharuan informasi yang berupa data atau file sehingga bukan saja mereka yang mempunyai file tersebut saja yang bisa melihat, akan tetapi orang lain pun dapat mengetahuinya dengan menuliskan alamat file website tersebut yang sudah tersimpan dalam sebuah blog.

Penggunaan website secara umum biasanya telah dikonvert dengan kode-kode yang terhimpun dalam sebuah kode berbentuk HTML. Kode inilah yang diterjemahkan dalam sebuah blog dengan bantuan software dengan sebutan Web Browser atau lebih dikenal dengan HTTP. Namun seiring perkembangan jaman, blog tidak saja menggunakan kode HTML saja, tetapi telah berpadu dalam beberapa kode seperti PHP, CSS dan lain sebagainya.

C. Komponen-Komponen Website
Website di ibaratkan sebuah bangunan yang mempunyai komponen-komponen. Komponen inilah jika lengkap dan tersusun sistematis akan memberikan wujud asli daripada website tersebut. Jika salah satu komponen dari website ini tidak ada, maka akan terjadi error koneksi. Adapun komponen website yaitu:

1. URL
2. Web hosting
3. Bahasa Program (Scripts Program)
4. Desain website
5. Program transfer data ke pusat data
6. Publikasi website

D. Jenis-Jenis Website
Website dapat kita tandai dengan adanya sebuah alat yang bisa merubah atau menganalisis sebuat tulisan melalui kode-kode, baik html, php, css dan lain-lain. Adapun jenis-jenis website yaitu:
  • Penyunting teks (notepad, teksedit)
  • WYSIWYG (berfungsi sebagai generator editing file)
  • Template default dan dinamis
E. Syarat-Syarat Mempunyai Website
Bagi Anda yang tertarik dan berkeinginan mempunyai website tentunya harus memenuhi beberapa syarat ketentuan agar website anda ada. Untuk mendapatkan sebuah website bisa kita dapatkan melalui dua jalur yaitu website berbayar dan website gratisan. Untuk website berbayar kita harus membeli dari penyedia server yang menyewakan atau menjual website mereka, sedangkan untuk gratisan maka tidak perlu repot, kita cukup mendaftar dan akan mendapatkan website yang kita inginkan. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan website yaitu:

1. Harus mempunyai Domain berbentuk URL (Uniform Resource Locator)
Domain secara umum diibaratkan sebuah KTP yang mengidentifikasi seseorang. Maka URL adalah identitas sebuah website. Kita dapat mengenal identitas sebuah website dari bentuk jenisnya dengan melihat kode URL nya. Sebagai contoh: co.id, com, net, web.id dan lain sebagainya.

2. Rumah Website (Web Hosting)
Web hosting berfungsi sebagai tempat atau ruangan yang didalamnya terdapat sebuah harddiks sebagai media penyimpanan data, file, gambar, email, database dan lain-lain. Besarnya data atau file yang disimpan tergantung dari kapasitas penyedia web hosting. Web hosting diibaratkan sebuah komputer yang mempunyai hardiks, sedangkan komputernya sendiri adalah website. Untuk mendapatkan web hosting bisa kita lakukan dengan menyewa atau membeli bahkan dengan gratisan seperti web hosting blogger.com yang dimiliki google.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

baru tau saya mas..
komen back

Balas

saya dah setahun lebih terjun ke Blogg, eh pengertian dari website saya bari ngerti sekarang - sekarang ini... terimakasih mas

Balas

sama-sama, terima kasih

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis