Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Cara Mengatasi Surat Peringatan Google Adsense


Baru saja saya mendapatkan sebuah peringatan dari Google Adsense yang berkaitan dengan CopyRight. Syukurnya pihak Google memberikan penjelasan tentang pelanggaran itu, sehingga saya jadi tahu apa yang harus saya lakukan.
Google Adsense
Resiko yang harus dibayar
Nah, salah satu judul artikel yang kena peringatan adalah konten tentang Komik Online (Judul: Tapak Sakti) yang saya buat. Menurut pihak Google Adsense itu merupakan sebuah pelanggaran yang berstatus CopyRight. Awalnya saya mengubah kontennya, namun setelah pikir-pikir, akhirnya saya menghapus secara permanen konten tersebut.

Surat Peringatan

Akan tetapi resiko yang saya rasakan adalah konten yang saya hapus tersebut adalah artikel yang banyak dikunjungi dan sudah 30.000 page view. Namun, apa boleh buat, saya harus melakukan hal ini, sebab jika tidak, maka secara permanen blog akan dinonaktifkan dari penayangan Adsense.

Aneh dan Bingung
Terus terang saya merasa aneh, sebab isi konten yang melanggar menurut versi Google Adsense sama sekali tidak ada yang saya plagiasi/Copas, hanya saja judulnya yang sudah umum.

Saya rasa ada pihak-pihak tertentu yang tidak suka dan merasa tersaingi, sehingga mereka melaporkan hal itu terkait dengan CopyRight, sebab posisi keyword yang saya hapus berada di urutan ke 3 di search engine.

Bahkan, saya menduga pihak pelapor berasal dari situs aplikasi, sebab saya temukan sejumlah kesamaan dari judul dan gambaran umum tentang kontennya, sebab link konten yang dicontohkan Google Adsense terdapat tanda m=1 (dari Ponsel).

Penghapusan Permanen sebagai Solusi
Untuk mengatasi hal itu, saya sudah menghapus lebih dari 3 artikel yang sama jenis, dan untuk mengetahui kelanjutannya, maka saya akan menunggu 3 hari dari saat ini. Jadi, jika anda mengalami hal yang sama, maka lakukanlah penyelamatan dengan:
  • Edit Konten 100% (tidak direkomondasikan)
  • Penghapusan konten (rekomondasi)
  • Tunggu selama 3 hari (jika iklan masih aktif, maka blog anda selamat)
^^Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi Surat Peringatan Google Adsense, semoga pengalaman yang saya alami ini menjadi pelajaran ke depan agar saya dan kita semua lebih waspada tentang konten-konten yang terkait dengan hal cipta.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

Tenang Kang, Rejeki takkan kemana

Balas

Kudu ati ati kalau gak mau kena DMCA , info menarik mas?

Balas

Mungkin judulnya artikel yang mas pakai udah ada hak paten atau copyrightnya...kali ya

Balas

Kadang-kadang jadi serba salah ya pak. Mau dihapus, toh kita sudah susah payah membuatnya sendiri. Kalau enggak dihapus kita dianggap melanggar hak cipta...Mudah-mudahan akan baik-baik saja, pak Ibrahim...

Balas

wah sama kasusnya kayak blog saya satunya mas,juga dah dibanned,yah ketentuan google sekarang berubah lebih kejam kayaknya,wakakakaka

Balas

Sabar ya Mas Ibrahim, Saya yakin kalau mas pasti memiliki karya sendiri. Soal pelapor, jangan terlalu ditanggapi secara reaktif sebab akan berdampak pada kinerja blog mas ibahim. Tetap semangat

Balas

tapak sakti ada komiknya memang mas, dulu saya pernah baca waktu masih kecil

Balas

aku kemarin juga kena surat peringatan mas, soalnya artikelku tentang download video di youtube,, langsung aku hapus aja artikelnya.. dan Alhamdulillah adsensenya masih aman :)

Balas

bener mas. m=1 . Ads Google Adsense sementara dinonaktifkan.

Balas

waduh serem juga ya mas kalo dapet surat peringatan dari google.hehe

Balas

Semoga peringatan dari google adsensenya bisa menjadi pelajaran tersendiri bagi kita ya mas,akun adsensenya mash aman kah?

Balas

Sip mas :D ilmu nya bermanfaat nih, buat bekal saya ntar kalau punya Adsense :)

Balas

kalau saya sih curiganya indeksi mesin pencari mengkategorikan sebagai duplikasi konten berdasarkan prosentasi kemiripan dalam tulisan atau apa yang telah dibahas. misal anda menulis tentang adsense. sementara ada tulisan yang sertupa dengan anda dan lebih duluan terbit, maka tulisan anda akan dilihat sejauh mana kemiripannya. kalau sekitar 30 - 40 persen mungkin tidak masalah, karena google akan menganggap anda mereferensi tulisan adsense lainnya. namun kalau sekitar 60 atau 70 persen mungkin aja itu dianggap sebagai plagiarisme. ini hanya perkiraan saya saja, karena sampai sekarang banyak juga kawan-kawan yang mengalami masalah ini.

Balas

2 kali akun saya dibekukan alias tak bisa diakses, biasa masalah copyright juga, kasusnya sepele, lantaran saya export ke blog saya yang lain dan lupa menghapus blog lama, traffic emang banyak yang dahulu kala blognya namun tulisan kurang enak dipandang maklum waktu itu masih pemula, entah kebetulan atau tidak, bersyukurnya setiap membuat akun AdSense paling banyak 5 kali ditolak, paling sedikit 3 kali mas ibrahim :D

Saya nyerah deh kalo ditanya tolok ukur pasti approved GA karena dikata harus begini, dengan keadaan yang tidak begini itu tadi, masih bisa juga di approve.

(CMIIW) correct me if I'm wrong

Balas

ane dulu juga dapat email seperti itu gan untuk blog ane. Ane sudah mengajukan banding ke adsense, tapi ditolak banding ane. Akhir nya ane pasrah aja deh blog ane dibanned sama adsense hahaha

Balas

waduh, kalo sampai yang kayak gini jadi serem juga yah. Adsensenya bagai telur diujung tanduk, mengkahawatirkan. Iya kalo selamat, kalo kena banned ? itu yang saya takutin.

Balas

Saya pernah juga mendapat peringatan seperti itu mas... :)
Kadang kala, kita menganggap bahwa artikel kita sudah unik, namun seringkali, Google memiliki kriteria tersendiri mengenai konten sebuah artikel. Biasanya, mereka akan memahami kalau kita memberi penjelasan yang masuk akal dan berdasar. Saya pernah melayangkannya dan alhamdulillah berhasil. Karena tidak boleh menanam link di komentar ini, maka saya tidak bisa berikan link ke artikelnya.
Penghapusan konten bisa jadi cara terakhir yang dilakukan mas... itu menurut saya ...
Happy blogging ... :)

Balas

waduh banyak yang syaratnya jadi publisher adsense

Balas

Terimakasih atas infonya,.. saya juga lagi belajar adsense, infonya bermanfaat untuk referensi kedepan

Balas

Mas Ibrahim...Saya pernah mendapat peringatan seperti ini...tetapi tidak tau URL atau postingan yang mana dikatagorikan melanggar. Bagaimana cara mengetahuinya? mohon penjelasan

Balas

Memang betul mas, iklan adsense sangat sensitif sekali.

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis