Terwujud

Hindari Kesalahan dalam Membuat surat Lamaran Kerja, ini dia Solusinya!



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Pekerjaan merupakan salah satu bagian kehidupan yang tidak akan terlepas dari manusia sebagai penyambung ekosistem kehidupan di dunia ini. Terkait dengan pekerjaan tidak akan terlepas dari namanya surat lamaran, sebab jika anda belum mempunyai pekerjaan, tentu anda akan membuat proposal atau istilah umumnya disebut surat lamaran kerja. Sebenarnya banyak sekali faktor penyebab lamaran anda ditolak, hal itu terlihat dari:
  • Lowongan sudah tutup
  • Karyawan yang dibutuhkan sudah cukup
  • Spesifikasi keahlian tidak tepat untuk anda
  • Persaingan yang cukup ketat
  • Kesalahan membuat lamaran
Lamaran Kerja,SuratLamaran,Karyawan
Dari 5 poin di atas, perlu diperhatikan juga tentang kesalahan dalam membuat surat lamaran, baik dari sisi penulisan, ejaan, cara penyampaian dan arah tujuannya. Lalu bagaimana cara agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali? Berikut penjelasannya:

1. Ketahui Spesifikasi Tempat Lamaran
Kesalahan yang cukup fatal adalah ketidaktahuan pelamar saat membuat tujuan lamarannya. Untuk keluar dari permasalahan tersebut, sebaiknya ketahui dahulu tempat yang akan anda tuju baik dari sisi alamat, tempat, kebutuhan, lowongan dan lain sebagainya. (Baca: Cara Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan Secara Optimal)

2. Kuatkan dengan Informasi pekerjaan
Jika anda menemukan informasi tentang lowongan pekerjaan, maka berikan tanda bukti info tersebut. Hal ini menjadi penguat jika perusahaan tersebut benar-benar mencari karyawan baru, sehingga dengan demikian lamaran anda bisa 75% diterima. (Baca Juga: 6 Alasan Karyawan Mengundurkan Diri dari Pekerjaannya)

3. Informasi Data yang lengkap
Berikan format tersendiri untuk menjelaskan tentang data anda secara lengkap, baik dari sisi riwayat hidup, pengalaman hingga keahlian yang anda punya. Hal ini akan mempermudah penerima lamaran untuk mengklasifikasikan anda untuk ditempatkan ke bagian yang sesuai dengan keahlian anda tersebut.

4. Bahasa baku dan resmi
Untuk membuat lamaran perlu menggunakan bahasa yang baku dan formal. Buatlah lamaran anda dengan bahasa serta penjelasan yang baik dan benar sesuai dengan EYD atau tata bahasa yang standar. (Lihat: Cara Membuat Penilaian Kinerja yang Tepat dan Efektif)

5. Gunakan penjelasan yang singkat, tepat, padat dan mudah dimengerti
Jangan terlalu banyak menjelaskan atau membuat isi dari lamaran anda, buatlah sesuai dengan kebutuhan dan pejelasan yang tepat, padat, singkat dan mudah dipahami. Hindari penggunakan kata atau kalimat yang bertele-tele dan membuat kepala puyeng untuk memahaminya.

6. Periksa kembali tulisan anda
Jangan menganggap bahwa tulisan lamaran anda sudah benar, coba periksa kembali mana tahu ada salah pengetikan, kurangnya huruf atau apalah itu. Walaupun sepele, tapi hal ini terkadang menjadi tolak ukur bagi perusahaan tempat anda melamar, bisa saja dari sisi psikologi, kedisiplinan, ketelitian atau hal-hal yang lain yang bisa dinilai dari sisi tulisan dan penjelasan anda. (Baca Segera: Inilah Cara Efektif Menghadapi Persaingan di Tempat Anda Bekerja)

7. Berdoa
Langkah terakhir adalah berdoa kepada Allah swt (Tuhan sang Pencipta). Apapun dan bagaimanapun, kalau Tuhan mengijinkan anda bekerja di perusahaan tersebut, anda akan dipanggil dan langsung diterima. Maka dari itu, dalam melakukan hal apapun, jangan lupa meminta ijin kepada Allah swt, sebab itulah kunci keberhasilan.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 41 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Wahh sangat bermanfaat sekali ini mas tipsnya untuk temen temen yang belom bekerja :)

    ReplyDelete
  2. belum pernah nglamar kerja nih Pak, ternyata ada tips trik nya toh biar nggak salah... hehe ^_^

    ReplyDelete
  3. Sayang banget sudah nggak laku lagi kerja dikantoran jadi cukup nyimak saja cuma dulu waktu buat lamaran mencontoh yang sudah jadi lebih praktis

    ReplyDelete
  4. Alhamdulilah mas dulu saya lewat email dan langsung ditelfon... Hehe

    ReplyDelete
  5. makasih gan...dulunya saya masih ingat kalau mau bikin lamaran kerja, ya datang ke tempat kawan saya dan minta dia bantu dia yang buatin....tapi gak juga dapat pekerjaan. tapi sekarang saya bersyukur malah ditarik sama dinas daerah sendiri walau masih honor. ok gan makasih infonya. salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
  6. Tipsnya oke juga Mas, terutama Berdoa, karena penting bagi kita untuk berdoa sebelum melakukan sesuatu dan setelahnya

    ReplyDelete
  7. wah berarti banyak sekali yang diperhatikan dalam melamar, tapi jadi nambah wawasan buat saya yang masih kuliah

    ReplyDelete
  8. wah cocok banget nih mas , saya kadang sering membuat kesalahan dalam melamar pekerjaan, terimakasih banyak ilmunya dah di bagikan,tak bookmark dulu mas

    ReplyDelete
  9. wah cocok banget nih mas , saya kadang sering membuat kesalahan dalam melamar pekerjaan, terimakasih banyak ilmunya dah di bagikan,tak bookmark dulu mas

    ReplyDelete
  10. Sangat membantu dalam memperbaiki yang tak disadari oleh kita, makasih mas. ^.^

    ReplyDelete
  11. Dulu saya sering membuat lamaran pekerjaan karena nganggur mas.

    ReplyDelete
  12. sayangnya saya tidak pernah membuat surat lamaran, so karna saya hanya lulusan sekolah dasar, semoga saja yang mempunyai ijazah yg sekolahnya tinggi, berkat artikel maz ibrahim, bisa membuat surat lamaran dengan rapi dan lebih baik lg...
    Jangan lupa, kopinya di siapkan...:)

    ReplyDelete
  13. Saya waktu ngelamar jadi PNS dulu sudah ada format lamarannya hanya saja harus tulis tangan

    ReplyDelete
  14. jadi tepat sasaran dan efektif dalam membuat lamaran kerja..siip artikelnya

    nah kalo mau melamar cewek jangan yg sudah nikah :)

    ReplyDelete
  15. Jd keinget dulu waktu lulus sekolah,,, pinjam sana-sini surat lamaran temen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhmdllh diterima dr beberapa kali melamar mbak imer, kebanyakan kegagalan di test wawancara,,,

      Delete
  16. sangat bermanfaat nich bagi mereka yang lagi mau melamar kerjaan, kalau saya sich maunya dilamar saja :)

    ReplyDelete
  17. Yang penting gaya bahasanya harus EYD ya, karena keseringan berucap pakai bhasa gaul.. jd suka lupa klo mau nulis lamaran yg baik dan bener... terimakasih mas

    ReplyDelete
  18. wahh bener deh Mas, saya paling puas dulu lamaran ditolak.
    ammpuuun sampai capek ngelamarnya. tapi saya tetep nekad tuh, haha

    ReplyDelete
  19. Mantab bener kang informasinya, tentunya tips ini bermanfaat bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan , agar untuk membuat surat lamaran kerja bisa efektif, trims infonya

    ReplyDelete
  20. mencari kerja itu hampir sama dengan mencari jodoh, harus banyak berusaha, bersabar dan berdoa :)

    ReplyDelete
  21. wah tips sangat bagus pak, berguna bagi sya siapa tau suaktu saat saya berniat melamar pekerjaan di tempat lain

    ReplyDelete
  22. Yang paling penting berdoa Kang agar segala urusan di mudahkan.

    ReplyDelete
  23. Ada beberapa syarat yg belum terpenuhi ketika melamar pekerjaan dan tidak keterima, disitu kadang saya merasa sedih :D

    ReplyDelete
  24. Sayangya saya cuma jaga kayu saja kang?

    ReplyDelete
  25. bagus juga mas tipsnya, soalnya kadang pihak perusahaan/instansi melihat tulisan saja bisa membaca pribadi pelamar

    ReplyDelete
  26. Sangat menginspirasi jadi memudahkan kita buat merevisi, makasih mas.

    ReplyDelete
  27. dulu bingung sangat mau buat surat lamaran, sekarang lebih mudah dengan kemajuan teknologi. contohnya dapat masukan dari mas ibrahim sembari ngopi di dalam kamar :D

    ReplyDelete
  28. sangat setuju mas apalagi poin terakhir adalah "berdoa" pengalaman pribadi cara nulis sudah sesuai cuma belom di panggil juga, namun alhamdulillah sekarang sudah bekerja, ini artikel cocok untuk joob seeker terutama yang baru lulus sekolah, thx mas share nya

    ReplyDelete
  29. kalo menurut saya ya mas,, surat lamaran kerja itu memang harus memakai Bahasa baku dan resmi ya mas,, soalnya kemaren teman saya membuat surat lamaran kerja,trus diserahin,, eeehh ternyata suratnya balik lagi alasannya karena bahasa surat tersebut...

    ReplyDelete
  30. dalam membuat surat lamaran udah pasti bahasa yang di terapkan harus resmi ya pak,salah penulisan aja bisa jadi penghambat di terimanya kerja :)

    ReplyDelete
  31. wah, coba artikel ini udah ada sepuluh tahun yg lalu :D

    ReplyDelete
  32. Ini yang masih aku bingungin, Bang.. Apalagi disuruh bikin dalam bahasa Inggris. Wkwkwk :D

    ReplyDelete
  33. mantap gan info na, cocok banget buat ane yang lagi cari kerjaan

    ReplyDelete
  34. saya sudah lupa pak seperti apa ya surat lamaran kerja saya dulu. :D tapi tips nomor 7 banget tuh (y)

    ReplyDelete
  35. jaman sekarang susah ngelamar kerja.harus ada kenalan baru mudah mas.kadang surat lamaran udah dijadikan formalitas aja..

    ReplyDelete
  36. .Terima kasih nih gan, saya gapernah keterima setiap kali mengantar lamaran kerja.
    .Belum rezeki mungkin yak. :/
    .Thanks gan tipsnya.

    ReplyDelete
  37. Beda jauh ya dengan surat lamaran untuk bekerja di Korea Selatan? :D

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved