Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

4 Pesan Puasa Ramadhan Untuk Umat Islam


Sebentar lagi kita akan dihadapkan dengan bulan yang amat mulia, bulan suci dan bulan dimana seluruh amal ibadah akan dilipat gandakan oleh Allah swt. Harapan terbesar bagi kita tentu mengarah pada sebuah doa "Allahumma ballighna fi syahri ramadhan", sebab bagaimanapun umur tidak ada yang tahu. Perbaikan di tahun ini menjadi prioritas kita agar ibadah puasa nantinya menjadi ibadah puasa yang lebih baik di tahun sebelumnya.
Puasa Ramadhan
Sejatinya, puasa merupakan proses karantina bagi umat Islam untuk menuju jalan yang lurus yaitu jalan kebaikan dari segala tingkah laku, perbuatan, tutur sapa dan amal ibadah yang selalu diridhai Allah swt. Maka dari itu, ada 4 Pesan Puasa Ramadhan Untuk Umat Islam yang bisa menjadi bahan renungan bagi kita, apa saja itu? Berikut penjelasannya.

1. Beriman kepada Allah swt secara totalitas
Konsep Puasa di bulan ramadhan pada dasarnya memanggil umat Islam yang beriman. Jadi, bagi umat Islam yang tidak mau berpuasa di bulan Ramadhan, dapat dipastikan mereka tidak termasuk dalam bagian golongan orang-orang yang beriman, kecuali ada alasan tertentu yang sudah diatur dalam Al-Qur`an seperti sakit, Udzur dan lain sebagainya.

2. Peka dan Peduli terhadap sesama
Kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri di dunia ini, maka dari itu puasa ramadhan secara tidak langsung memberi pesan kepada kita untuk selalu menjadi manusia yang peka dan peduli atas penderitaan saudara kita.

Lapar dan haus itu tidak enak dan menyakitkan, maka sungguh Ironi jika ada tetangga atau saudara kita yang kesusahan tidak kita bantu. Maka dari itu, biasakan diri untuk saling membantu, saling berbagi dan senang menjadi orang yang bersifat dermawan dengan rajin bersedekah, berinfaq, wakaf atau hal yang lainnya.

3. Saling Maaf dan Memaafkan
Berbeda pendapat, sakit hati, esketean, saling tidak berteguran itu lumrah dan menjadi hukum alam jika terjadi pada kita, namun tidak bertegur sapa atau marah-marahan untuk selamanya adalah hal yang sangat tidak wajar.

Puasa Ramadhan berpesan kepada kita umat Islam untuk menjadi manusia yang mau meminta maaf dan mau memaafkan, karena sesungguhanya Allah swt sendiri saja adalah Tuhan yang Maha Pemaaf.

4. Pantang Menyerah dan Putus Asa
Tentu kita telah merasakan betapa beratnya tantangan dan ujian ketika kita melaksanakan ibadah puasa, mengapa tidak, di saat kita bekerja apalagi dihadapkan dengan panasnya terik matahari, bahkan air liur pun sudah hampir habis, akan tetapi kita tetap berpuasa.

Mengapa demikian? secara tidak langsung puasa mengajarkan kepada kita untuk tetap kuat, pantang menyerah dan tidak mudah berputus asa. Puasa Ramadhan berpesan secara hakikiyah bahwa dengan berpuasa kita telah diajarkan untuk menjadi manusia yang kuat, kokoh, kreatif, pantang menyerah dan selalu termotivasi atas apa yang kita lakukan untuk menggapai masa depan yang cerah.

^^ 4 Pesan Puasa Ramadhan Untuk Umat Islam inilah yang benar-benar harus kita renungkan dan menjadi bahan pelajaran demi mencapai puncak kebahagiaan Dunia dan Akhirat yang selalu mendapat Ridha Allah swt. Amiin !

Proposal Permohonan Maaf
Saya selaku Admin Terwujud.com, dari ujung rambut hingga ujung kaki, memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada teman-teman sekalian atas segala kesalahan yang sengaja atau tidak sengaja ada terganjar dalam hati teman-teman semua. Semoga ibadah puasa kita di tahun ini menjadi ibadah yang terbaik dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Marhaban ya Ramadhan.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

33 komentar

Pertamax :D like this mas hehe.. penjelasannya oke banget :-bd |o|

Balas

pesan yang bermanfaat bagi umat islam mas,semoga dengan ramadhan bisa membawa berkah bagi kita smua

Balas

Saya pribadi juga meminta maaf apabila ada kesalahan, baik kata ataupun itu. Semoga kita bisa sampai ke Ramadhan selanjutnya. Aamiin

Balas

saya kalah set nih mas

Balas

Ya deh mas,saya maafin mas tapi janji saya juga di maafin ya?

Balas

Pesan yang sangat bermanfaat sekali, sebelum menjalankan ibadah puasa yang tinggal menghitung hari, Marhaban ya Ramadhan. Terima kasih,

Balas

mantep. yang paling sering jadi slogan biasanya sih cuma yang peduli dan peka pada sesama aja. tapi ini lengkap empat-empatnya. :-d

Balas

Betul banget kang yang utamayamah biar jadi orang takwa beriman secara total.
Mudahan-mudahan saya dapa semua poinnya nanti setelah lebaran. aamiin

Balas

Semoga Puasa ramadhan tahun ini semakin mempertebal kepekaan terhadap sesama sehingga makin peduli kepada kaum duafa Aamiin

Balas

bulan puasa memang yang di tunggu2 selain bulan penuh berkah juga banyak pesan yang mengandung banyak makna di bulan ramadhan terutama untuk umat islam

Balas

gak nyangka akhirnya bulan ramadhan udah di depan mata lagi ya mas.. :D

Balas

Ke empat pesan itu gampang untuk di lontarkan tapi suka susah untuk di jalankan oleh setiap umat dan banyak sekali godaanya x_x

Balas

suka dengan peka dan peduli terhadap sesama. apalagi sekarang udah jarang yang namanya keakraban antar umat beragama. maunya rusuh melulu....semoga kita damai sejahtera ya gan, amin.

Balas

semoga kita semua di cukupkan dan diberikan berkah dengan puasa ramadhan kali ini dan diampuni semua dosa kita. kembali fitri bersama kebahagiaan dunia akhirat, amin.

Balas

siap2 nih, ga terasa ya sebentar lagi...

Balas

semoga di bulan puasa ini menjadi sarana kita mendekatkan diri pada sang khalik mas, semoga berkah bagi kita semua

Balas

Dari tahun ketahun saya baru bisa melihat secara langsung ada proposal permohonan maaf mas, tapi idenya sederhana namun jarang yang mengaplikasikan dalamsebuah tulisan kalau pesan ersebut merupakan pesan yang tersirat menjelang bulan puasa Ramdhan yang paling penting. Sama-sama deh mas, saya juga minta maaf. he,, he, he,

Balas

beriman kepada Allah secara totalitas, yeay Insya Allah harus bisa

Balas

Jangan lupa menabung buat beli baju baru ntar buat lebaran hehehe

Balas

bisa jadi motivasi dan renungan yang sangat berarti bagi kita semua..

Balas

Saya juga minta maaf ya mas ibrahim jika ada kesalahan-kesalahannya.

Balas

semoga kita semua diberi kelancaran dalam melaksanakan ibadah puasa ditahun ini. marhaban ya ramadhan

Balas

alhamdulillah ketemua ramadhan tahun ini ^_^

Balas

Setelah melewati bulan Ramadhan harus menjadi pribadi yang lebih baik

Balas

Iya mas, sama-sama :D

Balas

Iya mbak, sama-sama :D

Balas

Kudu harus berusaha ya mbak :D

Balas

Betul mas, Amiiin ;D

Balas

iya mas, sama-sama :D

Balas

Iya mas, sama-sama ya :D

Balas

Pesan "Saling maaf dan memaafkan". Biasanya dipakai saat Lebaran, seolah-olah kita minta maafnya pas Lebaran aja. Tapi ini pas bulan Ramadhan. Memang harus gitu sih sebagai umat Islam. :-bd

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis