Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Cara Ampuh Menyembuhkan Insomnia


Insomnia atau sering disebut dengan gangguan tidur merupakan gangguan yang sebagian besar dialami orang di seluruh dunia. Menurut penelitian, Insomnia bukanlah termasuk dalam kategori jenis penyakit. Insomnia merupakan gejala kelainan tidur, di mana seseorang mengalami kesulitan yang terus menerus mencoba untuk tidur, namun hal itu sulit berhasil.
Insomnia
Umumnya, orang yang mengalami Insomnia merasa cemas secara berlebihan terhadap sesuatu, tegang, khawatir, stress, trauma dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan kehilangan rasa kantuk. Maka dari itu, semakin berusaha untuk tidur, maka akan semakin sulit mereka bisa tidur.

Tipe Insomnia
Untuk Insomnia, ada 3 tipe yaitu tipe primer, tipe sekunder dan tipe akut-kronis. Apa sajakah 3 tipe Insomnia tersebut, berikut penjelasannya:

1. Tipe Primer
Orang yang mengalami Insomnia pada tipe primer, maka mereka akan mengalami kesulitan tidur tanpa adanya gangguan kesehatan. Artinya, Insomnia yang dialami terjadi secara alami tanpa ada penyebab apapun.

2. Tipe Sekunder
Pada tipe ini, biasanya mereka yang Insomnia dan tidak bisa tidur akan terjadi ketika mereka dalam kondisi yang terganggu seperti depresi, stress atau karena zat yang mereka konsumsi seperti obat-obatan atau alkohol.

3. Tipe akut-kronis
Apabila waktu Insomnia anda akut, maka itu akan berlangsung beberapa malam saja, akan tetapi jika hal itu berlangsung sampai 3 minggu, maka besar kemungkinan itu adalah tanda Insomnia kronis.

Gejala Insomnia
Selain kesulitan tidur, ternyata bagi mereka yang Insomnia juga memiliki tanda-tanda yang bisa diperhatikan yaitu:
  • Sering terbangun pada tengah malam dan sulit tidur kembali
  • Bagun terlalu pagi
  • Merasa cepat lelah ketika bangun
  • Sulit berkonsentrasi dan mengingat
  • Daya tahan tubuh rendah
Cara ampuh menyembuhkan Insomnia
Tentunya bagi anda yang mengalami Insomnia tidak mau hal itu berlanjut terus menerus, maka untuk menyembuhkan Insomnia tersebut bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

1. Bangun dan tidur pada waktu yang tepat
Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Hindari tidur pada siang hari, sebab saat tidur di siang hari akan membuat anda sulit untuk tidur di malam hari karena anda tidak mengantuk.

2. Jauhi zat-zat tertentu
Kurangi atau tinggalkan kebiasaan mengkonsumsi zat tertentu seperti kafein, nikotin dan alkohol pada malam hari. Zat yang mengandung pada kafein dan nikotin akan membuat anda semakin susah untuk tidur.

3. Olahraga
Olahraga yang teratur dan rutin anda lakukan akan membuat tubuh sehat, selain itu olahraga yang anda lakukan di siang hari akan menimbulkan efek lelah pada tubuh yang membuat kondisi mengantuk terasa berat karena permintaan tubuh.

4. Hindari makanan berat sebelum tidur
Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan berat saat menjelang tidur. Jika perut lapar, maka anda bisa menggantinya dengan makanan ringan.

5. Kamar yang nyaman
Usahakan untuk membuat kamar tidur anda senyaman mungkin. Usahakan kamar gelap, tenang dan tidak terlalu panas atau dingin.

6. Kebiasaan yang harus dihindari
Ada kebiasaan yang bisa anda kurangi atau hindari agar tidur anda tidak terganggu seperti membaca buku, mandi air hangat, bermain komputer, mendengarkan musik atau yang lainnya secara berlebihan.

^^Mudah-mudahan cara di atas dapat membantu dan menyembuhkan Insomnia anda. Semoga penjelasan tentang Cara ampuh menyembuhkan Insomnia benar-benar memberi manfaat yang besar bagi kita semua. Terima Kasih !


Nurjannah
Biodata Penulis
Nama: Siti Nurjannah (Mahasiswi UIN-SU)
Motto: Hidup adalah Perjuangan mencari Ridha Allah swt.

Ucapan Terima Kasih
Sebagai Admin Terwujud.com, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena telah rela dan ikhlas menyumbangkan hasil karyanya. Mudah-mudahan karya tersebut memberi manfaat dan pembelajaran khususnya tentang Kesehatan. Salam Hormat, Ibrahim Lubis.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

Caranya udah juga mas,,,thank's buat infonya

Balas

saya kalo lagi galau suka susah tidur :)

Balas

Dulu suka banget begadang demi internet gratis.. Alhasil jadi sering insom.. tapi sekarang Alhamdulillah udah enggak :D Hehe

Balas

syukur kerana saya tiada masalah insomnia setakat ini.. cuma jika tidur pasti akan bermimpi.. hehe..

Balas

sy sring insomia nih ,,,,
aplgi klo sdh berhadapan sama layar laptop ,,,hehe

Balas

Kalau saya mungkin karena suka minum kopi kali ya mbak terus jadi susah tidur. Terima kasih ya tipsnya. Ini sangat membantu saya yang susah tidur malam :)

Balas

betul sekali olahraga yang teratur sangat mempengaruhi insomia

Balas

Wah lengkap dengan cara pencegahanya....ya mas....

Balas

saya akan coba tips menyembuhkan imsomnia yang ampuh ini pak, semoga imsomnia yang sudah berlangsung sejak SMA ini dapat sembuh

Balas

Terkadang kecanduan online di malam hari juga bisa bikin insomnia :D

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis