Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Contoh Soal Ujian Semester 1 PAI tingkat SD


Contoh Soal Ujian Semester 1 PAI tingkat SD kelas 5 ~ Guru tidak saja mempunyai tanggung jawab untuk mendidik, membimbing dan membina, akan tetapi guru juga mempunyai tugas untuk menguji para siswa/i nya sebagai proses penilaian. Salah satu tugas guru dalam proses pembelajaran adalah memberikan soal atau tugas baik itu soal harian, bulanan, ujian tengah semester dan ujian Semester. Berikut ini adalah Contoh Soal Ujian Semester 1 PAI tingkat SD yang saya susun sendiri.
Soal Ujian
Untuk kunci jawaban, silahkan hubungi kontak Mas Ibrahim melalui kontak form disini. Sebab kunci jawabannya sudah saya berikan kepada beliau.

A. PILIHAN BERGANDA

1. Surat Al-Lahab terdiri dari ....
a. 5 ayat            c. 3 ayat
b. 4 ayat           d. 6 ayat

2. Surat Al-Lahab termasuk golongan surat....
a. Makiyah             c. Israliyah
b. Madaniyah         d. Arabiyah

3. Kata Al-Lahab berarti ....
a. Gejolak api         c. Padamnya Api
b. Api Besar           d. Asap api

4. Kata Al-Kafirun berarti ....
a. Orang-orang kafir         c. Orang-orang inkar
b. Orang-orang fasik        d. Semua Benar

5. Surat Al-Kafirun terdiri dari...
a. 6 ayat               c. 3 ayat
b. 4 ayat              d. 5 ayat

6. Kitab taurat diberikan kepada Nabi...
a. Daud as.          c. Isa as.
b. Musa as.          d. Ibrahim as.

7. Al-qur`an artinya...
a. Tulisan            c. Hafalan
b. Bacaan           d. Semua salah

8. Nabi Muhammad saw. Menerima wahyu Al-Qur`an pada tanggal...
a. 30 rajab                 c. 17 rajab
b. 17 ramadhan          d. 12 rabiul awal

9. Kitab suci yang menyempurnakan kitab-kitab terdahulu adalah...
a. Zabur                c. Injil
b. Al-Qur`an         d. Taurat

10. Al-Qur`an diturunkan selama...
a. 22 hari 2 bulan 20 tahun          c. 2 tahun 2 hari 2 bulan
b. 22 tahun 2 bulan 22 hari         d. 2 bulan 22 tahun 2 hari

11. Nabi Musa as. hidup pada masa pemerintahan raja...
a. Thalut           c. Fir`aun
b. Abrahah        d. Namrud

12. Kitab suci yang diterima nabi Daud as. adalah...
a. Injil                    c. Zabur
b. Al-Qur`an         d. Taurat

13. Malaikat Jibril tugasnya adalah...
a. Mencabut nyawa c. Menyampaikan wahyu
b. Meniup sangkakala d. Semua benar

14. Nabi Ayub as. mendapat cobaan berupa sakit...
a. Kepala              c. Kulit
b. Perut                 d. Sariawan

15. Fir`aun menganggap dirinya sebagai...
a. Nabi               c. Tuhan
b. Malaikat         d. Semua salah

16. Anak yatim adalah anak yang tidak mempunyai...
a. Anak                    c. Ibu
b. Ayah dan Ibu       d. Ayah

17. Lawan dari sifat-sifat terpuji adalah...
a. Sifat-sifat manja            c. Sifat-sifat istimewa
b. Sifat-sifat baik              d. Sifat-sifat tercela

18. Sebagai pelajar kita harus...
a. Malas           c. Merasa pintar
b. Boros          d. Rajin belajar

19. Dermawan artinya...
a. Pelit                           c. Selalu berbelanja
b. Bagi-bagi hasil           d. Membelanjakan hartanya dijalan Allah swt

20. Sabar artinya...
a. Tahan api               c. Pemarah
b. Rendah hati            d. Tahan menghadapi cobaan

21. Rajin artinya...
a. Malas belajar        c. Bersih-bersih
b. Rajin buka buku   d. Belajar dan sungguh-sungguh

22. Rendah hati artinya...
a. Sombong                    c. A dan B benar
b. Membanggakan diri    d. Sifat tidak sombong dan angkuh

23. Suka menolong dimiliki oleh nabi...
a. Daud as.           c. Isa as.
b. Ibrahim as.        d. Ayub as.

24. Nabi Musa adalah seorang yang...
a. Sombong              c. Rajin dan pemberani
b. Tampan                d. Pintar

25. Berikut ini adalah contoh sifat tercela, kecuali...
a. Mencuri           c. Shalat
b. Memfitnah        d. Malas

26. Jika mau pintar, maka harus...
a. Mencontek            c. Diam saja
b. Rajin belajar          d. Mengerjakan tugas

27. Contoh siswa yang bertanggung jawab adalah...
a. Bertengkar dengan teman
b. Selalu menyelesaikan tugas dari guru
c. Selalu ribut di kelas
d. Selalu terlambat masuk sekolah

28. Anton selalu mengerjakan shalat, kalimat ini termasuk dalam sifat...
a. Istimewa            c. Terburuk
b. Terpuji              d. Semua benar

29. Jika ingin masuk surga, maka...
a. Rajinlah mengerjakan tugas
b. Rajinlah beribadah
c. Banyak membaca buku
d. Membuka al-quran

30. Akhlak mahmudah adalah akhlak...
a. Tercela             c. Terbaik
b. Terpuji             d. Teristimewa

31. حي علي الفلاح artinya...
a. Marilah menuju kemenangan    c. Marilah zakat
b. Marilah shalat                         d. Marilah ibadah

32. Shalat fardhu sehari semalam ada ... kali.
a. 5        c. 6
b. 3       d. 4

33. Orang yang mengumandangkan azan disebut...
a. Muazin          c. Imam
b. Makmum      d. Iqamah

34. Lafal Allahu akbar disebut bacaan...
a. Takbir      c. Tahlil
b. Tahmid     d. Tasbih

35. Shalat berjamaah pahalanya...
a. 26 kali lipat       c. 21 kali lipat
b. 30 kali lipat       d. 27 kali lipat

36. Seruan azan diakhiri dengan bacaan...
a. tarji`         c. tahmid
b. takbir       d. Tahlil

37. Iqamah berarti...
a. Telah selesai Azan          c. Mau azan
b. Mulai berwudhu            d. Shalat akan dimulai

38. Mengumandangkan azan disunnahkan menghadap...
a. Barat             c. Timur
b. Utara            d. Qiblat

39. Shalat itu lebih baik dari pada...
a. Mandi         c. Makan
b. Zakat         d. Tidur

40. Ketika menyerukan azan disunnahkan untuk...
a. Membuka mulut           c. Tutup mata
b. Gosok gigi                  d. Menutup telinga

41. Arti dari La ilaha illa Allah adalah...
a. Tiada tuhan             c. Tiada tuhan selain Allah
b. Tiada nabi              d. Marilah menuju kemenangan

42. Hayya alas shalah adalah lafal azan ke...
a. 1         c. 4
b. 3         d. 5

43. Iqamah tidak boleh dilakukan sebelum mendapat izin...
a. Muazin            c. Imam
b. Makmum         d. Nazir masjid

44. Sebelum menyerukan azan, sebaiknya...
a. Mandi              c. Berwudhu
b. Gosok gigi       d. Kumur-kumur

45. Lafaz azan semuanya sama, kecuali pada waktu...
a. Shalat zhuhur        c. Shalat shubuh
b. Shalat maghrib      d. Shalat isya

46. Lanjutan lafaz azan "Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah..."
a. Nabi Allah         c. Hamba Allah
b. Utusan Allah     d. Semua benar

47. Arti lafaz azan "Qodqo mati shalah" adalah..
a. Shalat telah berlalu
b. Sesungguhnya shalat akan dimulai
c. Mulailah shalat
d. B dan C benar

48. Pada bayi laki-laki yang baru lahir sebaiknya...
a. Diserukan iqomah       c. Dinyanyikan
b. Diserukan azan          d. Dibacakan Al-quran

49. Shalat berjamaah terdiri dari Imam dan ...
a. Nazir masjid          c. Muallim
b. Makmum              d. Guru

50. Pada bayi perempuan yang baru lahir sebaiknya...
a. Diberi nama baik          c. Diserukan azan
b. Diserukan iqomah        d. Semua benar


B. ISIAN

1. Tuliskan surah Al-Kafirun ayat ke 4 dengan bahasa arab...
2. Kapankah Al-Quran diturunkan...
3. Tuliskan arti dari Al-Huda, An-Nur, Al-Kitab dan Az-Zikra...
4. Berapa lama Al-Qur`an diturunkan...
5. Al-Qur`an diturunkan secara...
6. Tuliskan arti Sabar...
7. Tuliskan arti rendah hati...
8. Tuliskan arti dermawan...
9. Berikan baris pada lafaz اشهدان محمدا رسول الله
10. Siapakah yang pertama kali mengumandangkan azan pada masa Nabi Muhammad SAW...


C. URAIAN

1. Tuliskan 2 mukzizat Nabi Muhammad SAW...
2. Apa arti قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُون
3. Tuliskan dengan bahasa arab ayat ke 5 dari surah Al-Lahab beserta artinya...
4. Sebutkan arti Akhlakul Mahmudah dan Akhlakul Mazmumah....
5. Tuliskan 2 isi ajaran Al-Qur`an....


Aisyah
Biodata Penulis
Nama: Aisyah, S.Pd.I
Profesi: Guru
Motto: Hidup adalah Perjuangan

Ucapan Terima Kasih
Sebagai Admin Terwujud.com, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena telah rela dan ikhlas menyumbangkan hasil karyanya. Mudah-mudahan karya tersebut memberi manfaat dan pembelajaran khususnya tentang Pendidikan. Salam Hormat, Ibrahim Lubis.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

17 komentar

kayaknya bisa dipelajari....lumayan juga sekali baca soalnya. udah banyak yang lupa. kan itu menandakan kalau kecerdasan semakin berkurang ya gan? heeee

Balas

ternyata pertamax, dapat kunci jawaban kayaknya nih...heee

Balas

Apa kabarnya ni mas, sudah lama tak besuo heehee

Balas

Wah... sekalin bikin bocoran jawabannya dong Mas.. hehehe :D
Sangat bermanfaat buat crosscheck soal ujian ... :)

Balas

bahan untuk latihan, sebentar lagi ujian, pas banget

Balas

Sabar ,rendah hati dan dermawan kenapa tidak menggunakan bahasa arab terus diterjemahkan ke Bahasa Indonesia ya ?

Balas

Aku sendiri jika suruh jawab paling 70 persen saja yang benar.

Balas

wah cocok nih buat pembelajaran sebelum mengikuti ujian semester sungguhan

Balas

Asik nich mas buat refresh otak,,

Balas

no 39 kurang jelas tuh pertanyaannya
harus'a dikasih bahasa arab'a dulu

Balas

Pasti bermanfaat soalan ini untuk student yang akan menjawab exam berkaitan subjek ini..

Balas

sangat bermanfaat bagi para guru yang mk pai untuk membuat soal soal kepada anak didiknya :)

Balas

Wah kok malah dikasih contoh, Pak. PAdahal kan ujian ndak boleh mencontoh, hehe. Tapi soalnya termasuk mudah-mudah, untuk ukuran saya :)

Balas

Yang penting duit nggak berkurang, Mas. :)

Balas

Hahaha.. Mugo-mugo munggah kelas, Mas.

Balas

Hehe... tenang Mas... nanti kita saling contek mencontek... hehe :D

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis