Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Pilih Wordpress atau Blogger, Mana yang lebih Bagus?


Hanya dua platform yang begitu melecit digunakan orang sebagai media informasi dalam dunia maya dan dua platform ini bisa dikatakan akan terus bersaing seiring dengan perkembangan jaman. Baik wordpress maupun blogger terus memperbaharui dan mengembangkan platformnya masing-masing, persoalannya adalah, mana yang lebih baik?
Wordpress atau Blogger
Sudah lama pembahasan ini mau saya tulis, namun baru saat ini bisa saya terangkan. Setelah matang berpikir dan mencari berbagai sumber terkait dengan Pilih Wordpress atau Blogger !, Mana yang lebih Bagus?, akhirnya saya bisa menyimpulkan secara objektif, dan ini dia hasilnya.

Pilih Blogger dong !
Ada beberapa asumsi mengapa banyak pengguna menggunakan platform blogger sebagai tempat untuk mendedikasikan berbagai informasi, mencari kesuksesan, menambah penghasilan dan lain-lain, diantara alasannya adalah:

1. Gratis dan Mudah
Asumsi umum menyatakan jika platform blogger adalah platform yang ramah akan biaya alias gratis. Selain itu, untuk pemula dan ingin kenal dengan dunia blogging secara mendasar, maka sangat disarankan untuk menggunakan platform ini.

Saya berpendapat bahwa asumsi diatas dapat disetujui, sebab saya sendiri pernah mencoba platform wordpress terlebih dahulu, namun saya kesulitan disebabkan banyaknya fitur-fitur yang sulit saya pahami. Namun, ketika menggunakan blogger, saya dengan mudah memahaminya. Selain itu, sampai detik ini, bagi anda pengguna blogger, tidak akan dikenakan biaya sama sekali walaupun domain menggunakan nama anda sendiri tanpa ada embel-embel blogspot di dalamnya.

2. Tetap mampu bersaing
Walaupun gratis dari sisi hosting dan domain, kanca blogger (blogspot) tetap mampu bersaing dan mampu menjadi the one di mesin pencari dan para visitor. Walaupun banyak website atau blog professional menggunakan platform wordpress, tetap saja blogger tidak akan kalah bersaing, semua itu kembali kepada pengguna atau pemilik website/blog yang mengelolanya.

3. Membuat kreatif dan pintar
Terus terang, saya bisa HTMl, CSS, dan sedikit tahu javascript serta php berawal dari keaktifan saya saat ngeblog menggunakan platform blogger. Hampir 80% saya matang di blogger, barulah saya mampu berselancar ke platform wordpress dan joomla (walaupun masih dihitung pemula). Artinya, blogger adalah guru pertama saya yang mengajarkan tentang dunia IT untuk mengetahui Coding. Selain itu, disini kita bisa berkreasi membuat sesuatu yang tidak mudah kita lakukan jika menggunakan platform wordpress, sebab coding wordpress kebanyakan berbentuk php.

4. Awal penghasilan menjadi publisher Adsense
Terus terang, saya menjadi publisher adsense sama sekali tidak memiliki blog professional, tidak menggunakan wordpress.org dan menggunakan blogspot. Hingga saat ini, blog-blog saya masih didominasi platform blogger, walaupun demikian, penghasilan rata-rata perbulan saya dari blog-blog tersebut sangat saya syukuri.

Kekurangan Blogger : Resiko dan Fitur
Sepanjang yang saya ketahui, resiko banned adalah faktor utama yang menjadi momok sebagian pengguna. Google memang secara tegas akan menghapus blog-blog yang melanggar ketentuan dan persyaratan, dan inilah alasan mengapa banyak orang beralih ke Wordpress.org.

Memang ada beberapa fitur yang tidak ada di platform ini seperti script php, upload MP3 dan yang lain-lain yang membuat sebagian pengguna enggan menggunakan blogger. Selain itu, ada juga yang beranggapan jika masih menggunakan hosting blogger (gratis), maka bisa dikatakan blog/website tidak professional ( yang ini saya tidak begitu setuju).

Kalau saya sih pilih Wordpress
Sama halnya dengan blogger, ternyata ada alasan tertentu mengapa banyak pengguna memilih atau beralih ke wordpress, dan beberapa alasannya adalah:

1. Kebebasan
Nah, ini dia yang menjadi alasan utama, bebaaaaaasss. Kebebasan akan anda rasakan jika mengelola blog/website menggunakan platform wordpress (tapi wordpress.org ya !). Anda bebas memasukkan data dan informasi apa saja tanpa ada rasa takut dibanned atau apalah itu.

2. Fitur yang maksimal
Wordpress sangat maksimal mendukung segala jenis coding, baik itu CSS, PHP, Javascript, SWF atau hal yang lainnya. Selain itu, Plugin yang menjadi andalan wordpress menjadi salah satu fitur yang amat disukai pengguna, sebab pekerjaan bisa menjadi lebih mudah jika menggunakan fitur plugin tersebut.

3. Akurasi SEO yang cemerlang
Katanya, SEO wordpress lebih baik daripada Blogger. Kalau menurut saya sih tergantung siapa pengelolanya. Namun, walaupun demikian, tetap saya akui jika wordpress masih menduduki peringkat pertama untuk SEO. Kemudahan pengguna dalam mengelola SEO di wordpress inilah yang menjadi alasan, mengapa?, hal itu karena adanya fitur plugin yang mampu mendongkrak dan mengangkat popularitas blog dihadapan mesin pencari.

4. Professionalitas
Memang harus saya akui jika wordpress lebih dipilih oleh kalangan elit atau professional seperti perusahaan yang bergerak dibidang online, media massa online, web televisi online dan lain sebagainya. Bahkan, untuk diluar negeri seperti Eropa, Amerika, Inggris dan negara lain juga banyak memilih wordpress ketimbang blogger. Selain itu, tingkat kepercayaan advertise juga lebih mendominankan blog/website yang menggunakan wordpress, walaupun tidak tertutup kemungkinan untuk blogger, sebab itu tergantung pengunjung juga.

Kekurangan Wordpress: Resiko dan Biaya
Disamping ada kelebihan, tentu ada kekurangan untuk wordpress. Platform ini amat sangat rawan dengan hacker, mallware dan lain sebagainya, maka dari itu hal inilah yang menjadi resiko pertama bagi anda yang menggunakan platform tersebut.

Selain itu, biaya juga digadang-gadang menjadi sebab mengapa banyak juga yang lebih memilih platform blogger, bagi mereka blogger juga mampu bersaing, jika ada yang gratis dan berkualitas, mengapa tidak?

Error pada website juga sering terjadi pada blog/website yang menggunakan platform wordpress.org (bukan wordpress.com), mengapa? hal itu karena server yang digunakan berbeda-beda dan tergantung server apa yang digunakan, sebab jika memilih platform wordpress.org, maka untuk hosting dan domain itu berasal dari pengelola blog/website tersebut, berbeda dengan blogger dimana hosting tetap dari Google.

Kesimpulan
Dari keterangan di atas, dapat saya simpulkan bahwa platform manapun bisa anda andalkan dan dari sisi kualitas dan kuantitas tetap bersaing. Hanya saja, ada yang mendominasi dari dua platform ini sehingga menjadi pilihan seperti:

Blogger
  • Gratis hosting selamanya dan bisa membuat domain sendiri
  • Jarang terjadi Error
  • Aman dari hacker karena masih dibawah pengamanan Google langsung
  • Cocok untuk pemula
  • Simple dan tidak begitu ribet
Wordpress
  • Bebas tanpa batasan
  • SEO lebih akurat
  • Professionalitas lebih mendukung
  • Fitur maksimal
  • Lebih dipilih Advertise
^^ Namun, dari semua itu, tetap dikembalikan kepada anda sebagai pemilik blog. Bagaimanapun dan apapun platform yang anda gunakan, jika blog dikelola dengan baik dan maksimal, tentu akan menghasilkan kesuksesan, namun jika tidak dikelola dengan baik, apapun platformnya, itu tidak akan berpengaruh sama sekali. Lalu, apa pendapat anda ?

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

27 komentar

tergantung ongkos di saku sob hehehe buat yg limit pake blogger aja

Balas

Semua tergantung individu lagi sih sob, semua platform punya keunggulan dan kekurangannya sendiri sih. Tapi saya setuju blogger emang paling gampang di pake buat pemula, nah kalau mau serius bisalah coba-coba wordpress

Balas

hem, kadang saya juga ingin mencoba pakai wordpress mas, tapi kok ya belum sempat juga, masih agak kurang paham sih, mungkin butuh waktu untuk belajar lagi mas

Balas

hem benar juga itu mas, memang kadang wordpress itu butuh biaya yang lebih

Balas

Untuk saat ini lebih pilih blogger, bukan karena gratis, tapi bisa sinkron langsung ke akun google lainnya. selain aman, mudah digunakan, cocok untuk personal blog.

Balas

Saya krn dr awal udh pakai blogspot ya terusin aja tapi wordpres tampilan designya lebih keren euy

Balas

Saya sudah lama ingin kotak katik lebih jauh mengenai WORDPRESS ini. Sudah ada akunnya namun belum ada waktu luang untuk mempelajarinya lebih mendalam. Saat ini masih berkutat di Blog. Namun sudah ada rencana mempelajari WORDPRESS lebih intensif lagi. Bagi saya dari segi kepraktisannya saya suka dengan BLOGGER

Balas

Masih tetap setia sama blogger pak,...lebih simpel dan mudah pakenya hehe...

Balas

Kalau saya lebih pilih blogger karna kebetulan saya lebih memahami kode2 yg ada di blogger, lagi pula blogger digandeng dari segi keamanan langsung dari pakar ternama dunia yaitu Google, yang punya adsense siapa, yang punya search pencari papan atas siapa Google kan...? Jadi bangga deh sebagai karyawan Google, satu lagi google itu kaya raya lho....

Balas

Saya lebih setia di blogger
Sebab Google selalu pinter
Walau gratis artikel kita tidak minder
Untuk dihalaman depan nyumber...

Balas

Dilihat dari penjelasan dan pengalaman yang ada di atas sepertinya sudah jelas bagi blogger yang akan menggunakan wordpress ataupun blogspot kedua-duanya ada keunggulan dan kekurangan, tinggal jeli saja si penggunanya untuk kepentingan dalam dunia digital.

Dari kedua platform tersebut memang dibutuhkan wkatu proses belajar dan pengalaman. Baik dari penggunaan hosting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para admin. Namun untuk masalah eror juga bisa di atasi bila saja blogger tersebut terus belajar dan jeli untuk memhami perkembangan dunia internet, Jadi semuanya dikembalikan akan sebuah kebutuhan dan visi misinya mas. Terimakasih atas penjelasannya.

Balas

Sepanjang saya mengikuti kursus di ASianbrain, sangat disarankan menggunakan wordpress mas, itu untuk optimasi affiliasi clickbank hasilnya lebih maksimal. Saya sendiri sih masih menggunakan blogger, akan mencoba bulan depan untuk blog WP.

Benar apa yang disampaikan bahwa di WP, lebih dipercaya para pengunjung di US dan beberapa negara eropa.

Maksih atas pemaparannya mas bram, salam sukses

Balas

Kalo saya sih Netral mas karena ada kekurangan dan kelebihan dari ke duannya akan tetapi kalo saja wordpres segampang blogger mungkin saya beralih ke wordpres sayangnya hahaa musti beli hosting dulu kalo mau jadi raja :v

Balas

saya lebih memilih blog karena lebih simple dan gratis

Balas

saya masieh mikir2 mas pilih yg mana ya, tp untuk sekarang ini masieh tetap memilih blogger

Balas

oeh rupanya seperti itu ya mas

Balas

saya pasti pilih wordpress
klau uda bisa migrasi,hehe

Balas

hidup blogger!!!
saya sih itu aja pak,hehe

Balas

nah ya itu maz ibrahim ...
biaya hosting yang menjadi pertimbangan pertama ^_^
sebab minimal harus pakai Vps jika tidak mau sering down.

Balas

tapi dari bisnis jual beli blog secara internasional semacam di flippa ...
hampir semua pakai platform wordpress,
teramat sangat jarang pakai blogger.

dari sini dapat disimpulkan, bahwa WP memang ... (isi sendiri kesimpulannya deh) ^_^

Balas

kalau saya sukanya blogger gan

Balas

Fitur blogger lebih mudah di edit,

Balas

kalo saya milih blogspot karena belum bisa WP mas. hehehe

Balas

sementara blogspot dulu sampai waktu yang tidak ditentukan :)

Balas

DIpilih..dipilih... yg mana yg "sesuai" ?

Saya masih enjoy belajar ngoprek blogspot, mas. sinkronisasi lgsung dg Google memberi nilai plus.

Utk WP blm nyobain :)

Terimakasih penjelasannya mantab sbg bhn pertimbangan.

Balas

seperti saya ini kalau sudah menyimak soal dua pilihan ini blogger atau WP, justru bikin cenat-cenut abisnya bikin galau sih

Balas

blog yang ada hosting wordpress ada ongkos mas..manakala blogspot gratis

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis