Terwujud

Pengertian Internet Secara Lengkap



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
A. Pengertian Internet
Internet berasal dari bahasa inggris, terdiri dari Inter dan Net. Internet singkatan dari interconnection-networking dengan arti Sistem otomatis dari komputer yang saling berhubungan melalui sebuah jaringan dengan penggunaan alat standar disebut dengan Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa batas waktu, teritorial, hukum dan budaya. Secara nyata internet identik dengan jaring sebuah laba-laba (WEB) yang menyebar dan menyelimuti bola dunia tertumpu dari titik-titik (Node) dan selalu berhubungan.

Internet akan bekerja apabila komputer berhubungan dengan sebuah alat yang berfungsi sebagai koneksi antara komputer dengan komputer lain dengan sistem jaringan online. Selain komputer, heandphone, alat komunikasi atau sebuah jaringan, juga bisa digunakan sebagai media untuk melakukan koneksi internet. Untuk menghubungkan sebuah perangkat komputer dan lainnya ke sistem jaringan Internet, maka diperlukan alat berupa satelit, kabel, serat optik, modem, microwave, radio dan sering disebut Backbone.

Dapat disimpulkan Bahwa Internet merupakan fasilitas untuk mediasi komputer dengan komputer lain yang saling berhubungan. Koneksi (hubungan) antara komputer dengan komputer lain bisa dilakukan dengan sebuah alat berfungsi sebagai penyambung dengan nama Backbone.

B. Sejarah Keberadaan Internet
Internet-Terwujud
Drew Heywood (1996) seorang pakar IT dan sejarah menjelaskan bahwa Internet muncul pada tahun 60-an. Proses kemunculan Internet terjadi saat United States Department of Defense (DoD) memerlukan standarisasi komunikasi Internetworking. Standar Komunikasi Internetworking ini bertujuan untuk menghubungkan segala bentuk komputer yang berada di sebuah departemen miliki pemerintah AS. Tujuan ini adalah untuk mempermudah sekaligus menjaga keamanan data dan file yang tersimpan didalam sebuah komputer.

Seiring perkembangan Internet di USA dan diketahuinya manfaat yang begitu besar dari sistem internet ini, maka pada tahun 1969 terbentuklah sebuah badan penelitian untuk ditugaskan melalukan riset dengan meneliti sebuah sistem jaringan komputer. Badan penelitian ini bernama Advanced Research Project Agency (ARPA). Alat yang mereka gunakan untuk meneliti sebuah sistem jaringan komputer adalah dengan penggunaan teknologi packet switching.

Pengesahan dan publikasi Internet mulai dikenal sejak dibagunnya sebuah jaringan untuk kali pertama pada tahun 1972. Jaringan ini menghubungkan 4 tempat yaitu UCLA, UCSB, Utah dan SRI International. Jaringan ini juga telah berhasil menghubungkan lebih dari 20 Host atau ARPANet. Dari ARPANet inilah terbentuk sebuah alat yang berfungsi sebagai media penyambung antara komputer satu dengan komputer lainnya yang disebut dengan Backbone.

C. Ciri-Ciri Internet
Internet dapat diketahui dengan jelas ketika kita melakukan koneksi jarak jauh atau secara fisik tidak berhubungan. Selain itu, kita dapat mengetahui keberadaan sebuah informasi secara langsung dan online melalui media internet. Intinya bahwa sebuah internet dapat diketahui identitasnya dan mudah mengenalnya saat kita berada didepan komputer dan menyambungkan sebuah alat (Backbone) untuk menghubungkan dengan komputer lainnya.

D. Manfaat Internet
Banyak sekali manfaat yang dihasilkan Internet. Jelasnya bahwa dengan menggunakan fasilitas internet kita dapat mengetahui berbagai informasi dari seluruh belahan dunia. Untuk menjelajahi dunia dan mengetahui informasi dunia saat ini, maka Internet adalah fasilitas valid yang dapat anda gunakan.

E. Dampak Positif dan Negatif Internet
Dampak positif dan dampak negatif Internet sebenarnya tergantung dari pengguna dan penyedia sebuah informasi. Hal ini saya katakan karena Internet hanya sebagai alat penghubung saja. Jadi jika ada dampak yang ditimbulkan dari Internet baik positif atau negatif, maka bukan internet yang salah, akan tetapi pengguna internet atau penyedia layanan internet itu yang harus bertanggung jawab.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

1 komentar:

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved