Terwujud

Cara Penilaian Lomba Adzan, Ayat Pendek dan Hafalan Surat



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Artikel ini saya tulis bertepatan dengan acara perlombaan yang diadakan di Masjid Nurul Iman Kota Medan Helvetia-Tengah. Hal ini juga bertepatan dengan masuknya saya sebagai salah satu juri pada lomba tersebut. Pada dasarnya sistem penilaian setiap perlombaan berbeda-beda, penilaian tersebut sesuai dengan jenis lombanya, termasuk dengan Penilaian Lomba Azan, Ayat pendek dan Hafalan Surat.

Walaupun cukup sederhana, akan tetapi karena sudah lama tidak lagi menghadapi dan menjadi juri dalam setiap perlombaan, maka ingatan tentang cara penilaian tersebut jadi "lupa-lupa ingat", agar tidak salah dalam mengambil keputusan, akhirnya saya membuat sebuah inisiatif yaitu dengan menuliskannya melalui artikel ini terkait dengan bagaimana Cara Penilaian Lomba Azan, Ayat Pendek dan Hafalan Surat.

Lomba-Terwujud.com
A. Kategori Penilaian

1. Kategori Penilaian Tingkat Remaja dan Dewasa
No
Aspek-Aspek dalam Penilaian
Sistem Penilaian
Maksimal Penilaian 
Minimal Penilaian
1
Makhraj dan Tajwid
40 Poin
25 Poin
2
Irama dan Suara
35 Poin
15 Poin
3

Penjiwaan dan Penghayatan

25 Poin

10 Poin


Jumlah Keseluruhan Nilai
100 Poin
50 Poin


2. Kategori Penilaian Tingkat Anak-anak
No
Aspek-Aspek dalam Penilaian
Sistem Penilaian
Maksimal Penilaian 
Minimal Penilaian
1
Makhraj dan Tajwid
40 Poin
25 Poin
2
Irama dan Suara
35 Poin
15 Poin
3

Adab, Etika serta Kerapian

25 Poin

10 Poin


Jumlah Keseluruhan Nilai
100 Poin
50 Poin


B. Tata Tertib Peserta Lomba

1. Persiapan atau sebelum tampil
  • Dianjurkan peserta lomba sudah berada ditempat 30 menit sebelum acara dimulai
  • Menggunakan pakaian yang rapi dan sopan
  • Peserta yang sudah terdaftar melakukan pendaftaran ulang terlebih dahulu
  • Peserta tampil sesuai dengan nomor undian yang bersangkutan
  • Peserta yang tidak hadir ketika dipanggil (3 kali panggilan), maka akan dilanjutkan pada nomor selanjutnya. Setelah dilakukan pemanggilan kedua, apabila peserta belum hadir, maka peserta tersebut dinyatakan gugur
2. Ketika Tampil
  • Tidak perlu mengucapkan salam pada awal maupun akhir penampilan (khusus azan)
  • Adzan yang dikumandangkan tidak adzan shubuh
  • Surat dan ayat pendek yang akan ditampilkan telah diatur sebelumnya oleh panitia
  • Nada dan irama bebas sesuai keinginan peserta lomba
  • Salah dalam penampilan, maka tidak ada ulangan

C. Kategori Peserta Lomba
No
Tingkatan/kategori
Ketentuan Umur dan Pendidikan
Usia
Pendidikan
1
Anak-Anak
4-6 Tahun
TK/Sederajat
2
Anak-Anak
7-12 Tahun
SD/Sederajat
3
Remaja
13-16 Tahun
SLTA/Sederajat
4
Dewasa
17-35 Tahun
SMA/Sederajat

D. Jenis dan Ketentuan Perlombaan
No
Jenis Perlombaan
Ketentuan Lomba
Sifat Pelaksanaan (Wajib)
Ketentuan Tambahan
1
Lomba Azan
Adzan selain shubuh
-
2
Ayat Pendek
Surat Al-Fatiha
Kesepakatan Panitia
3
Hafalan Surat
Surat Al-Fatiha
Kesepakatan Panitia
4
Busana Muslim/muslimah
Syarat yang terlampir
Gaya dan Cara tampil

Kegiatan lomba ini dilaksanakan dengan sistem yang sudah disepakati oleh pihak penyelenggara/panitia baik untuk penilaian, kategori perlombaan serta tingkatan usia dan jenjang pendidikan sebagai peserta lomba. Penjelasan di atas merupakan ketentuan secara umum dalam pelaksanakan lomba yang sering dilakukan.

Demikianlah artikel tentang Cara Penilaian Lomba Azan, Ayat Pendek dan Hafalan Surat, semoga artikel ini dapat membantu anda yang kesulitan dalam menentukan sistem dan cara penilaian dalam sebuah perlombaan. Mohon maaf jika terjadi kesalahan dalam penulisannya. Terima Kasih !


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 33 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. semoga pada perlombaan itu bisa menjaring sebanyak2nya muslim berbakat yamas,dan akan lebih banyak anak yang lebih memperdalam ilmu islam.amiin

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu, Kebetulan sedang mau ada lomba adik-adik TPQ untuk peringatan nuzulul qur'an pak..tks sharingnya

    ReplyDelete
  3. penjiwaan dan penghayatan juga dinilai ya, tapi biasanya anak kecil belum paham sampai sana tuh :)
    maaf baru berkunjung, hehe kemarin-kemarin kena flu mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heehee ketahuan mbak dewi ndak baca ya, sebab untuk anak-anak memang ndak ada penghayatan tu :D

      Delete
  4. apakah acara sejenis yang ditayangkan di tv juga seperti itu cara penilaian nya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar, tapi kan ada polling sms nya :D

      Delete
  5. Jadi begitu penilaianya ya hehe, jadi sudah tau nih cara memenangkanya :)

    ReplyDelete
  6. saya ikut gan boleh nggak ? :D

    ReplyDelete
  7. Mantebgan informasinya lengkap banget. saya pernah ikutan lomba surat pendek gan dan Alhamdullilah dapet juara II dari peserta 100 Orang

    ReplyDelete
  8. waaaaah bisa di jadikan referensi nich mas

    ReplyDelete
  9. Bisa diterapkan nie Mas klo ntar mau buat acara lomba adzan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipersilahkan dengan segala hormat mas gunawan :D

      Delete
  10. saya belum berpengalaman kalo jadi panitia dibidang apapun nih sob mudah mudahan ini jadi gambaran saya artikelnya

    ReplyDelete
  11. untuk kategori TK banyak juga pak yang ikut? salut kecil2 sudah pinter-pinter

    ReplyDelete
  12. Lucu kali adek-adek yang ikutan lombaaa :D

    ReplyDelete
  13. Lomba adzan ini , kira-kira apa ya hadiahnya
    heheheh
    #salam kenal pak Ibrahim , baru pertama nih berkunjung disini

    ReplyDelete
  14. aku suka sekali kao disuruh ngasih poin,,hihihi

    ReplyDelete
  15. Bulan Ramadhan saat ini banyak sekali lomba seperti itu, selain untuk pendidikan juga pengenalan dini dengan lafal AllahSWT.

    ReplyDelete
  16. boleh juga nih konsepnya pak.. Soalnya rada ribet melakukan penilaian-penilaian lomba kaya gitu.. :)

    ReplyDelete
  17. Bida dipakai nih konsepnya untukpengadaan lomba adzan

    ReplyDelete
  18. Pas banget lagi nyari, makasih infonya lur.

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved