Terwujud

Rotannya masih dalam Tahap Proses~Sewa Self Hosting



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Belum 1 bulan main di Wordpress.org, saya langsung jatuh cinta. Hmmm..! entah kenapa bisa begitu jadinya,..:D. Bukan karena SEO nya, Bukan karena Optimasi konten, Adsense atau yang lain, tapi fitur-fiturnya yang membuat saya manja dan itu terlihat dari salah satu desain Tema/template yang sebenarnya ndak begitu rumit untuk proses editingnya.
Self Hosting,Wordpress

Lho, kan sudah ada Blognya?
Blog yang saya bangun itu masih dalam kondisi meminjam alias gratis dari penyedia hosting, jadi kepuasan itu belum terbayar, ditambah domainnya yang tidak sesuai dengan keinginan karena ada embel-embel dibelakanganya yang tidak terkenal (Masih dikasih subdomain bro).

Sebenarnya bisa sih pake domain sendiri, tapi kan ujung-ujungnya membayar juga, dari pada bayar domain saja, lebih bagus sekalian saja sama hostingnya, benarkan teman-teman!.

Kenapa Jatuh cinta ke Wordpress.org?
Entahlah, tapi alasan kuat saya untuk mencari tahu ilmu-ilmu di WP. Selain itu, ternyata asyik lho main ke Wordpress.org, keasyikan itu salah satunya dari desain tema yang bisa di edit tanpa harus terjun ke Scriptnya langsung, keasyikan itu saya rasakan dengan beberapa tema yang menyediakan fitur editing melalui Plugin yang telah tersedia, jadi tugas kita seperti mengisi sebuah formulir saja. Sebenarnya masih banyak lagi, tapi nanti akan saya jelaskan di blog ini secara detail.

Kapan mau Buat Blognya?
Sebagaimana yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang Akar Dulu Baru Rotan~Uji Coba Self Hosting Pinjaman, jika pengetahuan dasar dan menengah sudah mencapai 60%, maka saya akan membuka lapak baru di Wordpress.org (Sewa hosting sendiri). Saat ini, pengetahuan saya sudah mendekati 60%, jadi kemungkinan besar, bulan 3 awal atau akhir saya akan umumkan kepada teman-teman.

Tentang apa ni Blognya?
Sebenarnya masih bingung ni apa tema blognya nanti, tapi setelah berpikir panjang, akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog niche khusus konten yang menjelaskan tentang dunia blogging seperti Adsense, Blogger, Wordpress dan SEO.

Judulnya apa tu?
Nah, itu yang masih bingung. Ada beberapa judul dibenak saya yang masih dalam tahap seleksi yaitu:
  • Ibrahim Blog`s (http://ibrahimlbs.com)
  • Rumah Blog (Blogginghome.net)
  • Sekolah Blog (Schoolingblog.com)
  • Cari Tahu (mainter.net)
Kalau ada saran teman-teman, boleh memilih dari 4 kategori di atas atau ada judul dan alamat yang bisa teman tambahkan, mohon ya dikasih sarannya :D

Penyedia Hostingnya Apa?
Inilah yang mau saya tanyakan kepada Teman-teman, kalau Domain saja dari seluruh blog yang sudah saya custom domain, saya menggunakan jasa Idwebhost, tapi kalau untuk Hosting saya mau tahu pendapat teman teman. Ada beberapa pilihannya yaitu:
  • Pusat hosting (https://pusathosting.com)
  • Idwebhost (idwebhost.com)
  • Team Works (www.teamworks.co.id)
  • Qword (www.qwords.com)
Dari 3 diatas menurut teman-teman mana yang paling bagus, dan kalau ada tambahan, mohon diberikan komentarnya ya!

Apa blognya di Pasang Adsense?
Tidak!, lho kok ndak dipasang adsense? kan sayang tu :D. Saya tidak akan menggunakan blog ini nantinya untuk Adsense, sebab saya mau bebas dan tidak terikat aturan Adsense, cukup di Blogger saja.

Kebebasan itu bukan berarti akan ada konten yang memuat unsur sara, farnografi atau yang tidak bermoral, tentu itu tidak saya lakukan, sebab hukumnya haram mas ! (sok alim heehee).

Alasan tidak menggunakan iklan Adsense juga saya rasa tepat karena tema blognya tentang dunia blogging, jadi bakalan susah mendapat klik, sebab tamu yang akan datang akan berasal dari para blogger, tahu sendiri kan! gimana kalau pengunjungnya kebanyakan dari Blogger :D.

Bagaimana Kedepannya Blog itu?
Saya tidak ada target kedepan, sebab blog ini nantinya saya kelola untuk menyimpan berbagai informasi tentang dunia blogging, baik yang berasal dari pengalaman pribadi atau berasal dari sumber-sumber terpercaya.

Blog ini juga tidak saya khawatirkan kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sebab blog ini juga termasuk dalam ranah uji coba. Lho! kenapa ndak menggunakan blog yang baru di buat (ujicoba1.pe.hu), jawabannya sederhana aja bro, Kurang puas!.

^^Maka dari, mohon dukungan teman-teman atas keinginan saya ini, sebab ini adalah keinginan yang sebenarnya sudah lama dan sekalian menjawab tantangan mbak eka ketika saya membuat salah satu artikel tentang Resiko Hosting Pribadi (Ekstra Tambah). Terima Kasih !.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 57 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Memang bener mas fitur2 selfhosting mantap, mau bikin toko online, situs jual beli dsb tinggal instal. Tapi ada kelemahan utk server masih tangguh blogger dan terbatas space hardisknya.

    ReplyDelete
  2. Karena Mas Ibrahim meminta saran pengunjung tentang nama domain self host wp nya milik mas nanti, saya sendiri setuju memilih blogginghome sebagai basecamp nya tema blogging, adsense, seo, yang Mas Ibrahim pilih nantinya.

    Nama blogginghome sendiri menurut saya lho mas, sangat mudah di ingat oleh pengunjung blog mas nantinya dalam hal ini targetnya kan blogger. Namun ya semua dikembalikan dikembalikan lagi kepada Mas Ibrahim apakah memutuskan menggunakan nama domain tersebut atau tidak. hehehe :D

    ReplyDelete
  3. Rumah Blog (Blogginghome.net) kaya mudah dicerna mata dan diingat

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas dan saya simpan pilihannya :D

      Delete
  4. rasa haus dan penasaran akan ilmu-ilmu wp yang bikin makin jatuh cinta ya ni om kayaknya

    ReplyDelete
  5. selamat Pagi Mas, kalau Brand namanya yang ingin ditonjolkan maka saran saya pilih saja Ibrahim Blog`s (http://ibrahimlbs.com), tapi kalau keyword tertentu yang anda ingin bidik maka pilih Rumah Blog (Blogginghome.net), baiknya riset keyword dulu di google planner


    kalau saya Pribadi yang menjual Ebook,lebih memilih buat website dengan CMS sendiri yang berbasis PHP untuk ke 8 website Reseller yang saya kelola Mas,salah satu website reseller yang saya desain dengan CMS sendiri yang berbais PHP adalah caramembuatsitus.com ...

    ReplyDelete
  6. saya juga setuju kalau namanya Rumah Blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas Hayardin Mahgfirah dan mbak Nathalia Diana Pitaloka, sarannya saya simpan :D

      Delete
  7. betul mas kalo mau dapet kepuasan tersendiri emang enaknya pake domain langsung

    ReplyDelete
  8. lagi rame-ramenya bahasi Wordpress.org
    kalau saya belajar Blogger dulu, Wordpress nanti nyusul

    ReplyDelete
  9. mau pake blogger ataupun wordpress yang penting tetap aktiv blogging. Namun sebenarnya saya kurang betah pake blogger, blog saya dianggap melanggar kebijakan privasi....sehingga sama sekali tidak lagi bisa menjadi publisher GA dan yang lainnya....rencana pindah ke Wp tapi belum mahir....krn masih nubie.

    ReplyDelete
  10. Saya pilih yang cari tahu ( mainter.net ) mas ibrahim, kayaknya alamat url nya simple, mudah diingat tp keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas, tak simpen saran untuk tema blog dan alamatnya, terima kasih :D

      Delete
  11. Saya malah pengen Joomla lebih ribet kayaknya ketimbang WP

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk joomla lagi berjalan 3 hari ni kang, hmmm rumit betul, selain itu, fiturnya ada juga yang harus menggunakan software, terkadang harus ada yang lengket di komputer, jadi untuk coba-coba bisa kang, tapi untuk serius, saya pikir 10 kali :D

      Delete
  12. bila mau membahas seputar ngeblog,kayaknya nama blogging home tuh menurut saya pas mas

    ReplyDelete
  13. kalau ingat mas ibrahim lubis, pasti saya langsung ingat Terwujud.com. Nama domain terwujud sudah menjadi personal branding tersendiri bagi mas ibrahim, daripada blog-blog yang lain yang anda miliki.

    saran saya sih, pertahankan Terwujud.com, karena sudah ada signal bahwa blog terwujud akan menjadi salah satu blog populer di Indonesia.

    Sebaiknya sih ikuti jejaknya mbak indri aja, yakni migrasi Juragancipir.com ke Wordpress :)

    Karena kalau beli domain baru lagi dan hosting baru lagi, maka beban tanggungan biaya untuk memperpanjang nya agak kerepotan nantinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sebelumnya mbak eka, untuk blog ini memang saya dedikasikan untuk blogger, selain itu, blog ini niche nya Gado-gado. Maka dari itu saya memang membuat blog tersendiri, selain itu, blog yang mau saya buat ini memang untuk percobaan sampai saya kenal betul dengan Wordpress hingga 100%, sama dengan saya mengenal blogger saat ini.

      Delete
  14. kayaknya saya harus banyak belajar nih dari anda pak, banyak yang masih harus di pelajari dalm dunia blog atau web dari blogspot atau wordpres, makasih banyak infonya pak

    ReplyDelete
  15. saking banyaknya yang post mengenai enaknya main di wp jadi ingin selingkuh nihhh hehe soalnya saya masih pakek blogger :D

    ReplyDelete
  16. oke mas, semoga sukses dengan uji cobanya, jangan lupa untuk selalu share pengalamannya..

    ReplyDelete
  17. vote for -> Ibrahim Blog`s (http://ibrahimlbs.com)
    kenapa gak niche lain aja pak, kan di sini udah cukup banyak post tentang perbloggingan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk blog ini sepertinya ndak cocok mas, namanya aja blog Gado-Gado. Makanya saya buat niche tersendiri. Hanya niche blogging yang belum saya buat, untuk kesehatan sudah, otomotiv ada, pendidikan ada, selebritis ada. Kemudian, blog yang akan saya buat di WP itu akan menjadi eksperimen dulu, belum ada target ke depannya

      Delete
  18. saya dukung mas semoga proyeknya lancar dan sukses. saya lebih cenderung mendukung Sekolah Blog (Schoolingblog.com) saja mas.
    btw sewa host+domain dimana mas yg sedang dijalani? maksudnya yg free itu? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sarannya mas, kalau hosting yang free itu bisa mas dapatkan di Idhostinger, :D

      Delete
    2. Berarti tebakan saya benar mas. Dulu saya juga sempat aktif di hostinger 2 tahun. Cuma pakai domain dot tk. Blog selir dulu saya isi dengan artikel magazine. Maklum waktu lagi rame-ramenya blogazine (gaya majalah).

      Delete
  19. Mas, jika kita dari blogcepot ingin migrasi ke WP . Apa ada dampaknya ? misalnya jumlah visitor kita berkurang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dampaknya sih banyak juga mas, seperti kehilangan visitor sementara, tapi itu akan kembali normal setelah mas selesai backup data ke wordpress, kemudian siapkan dahulu kapasitas baik space dan bandwith, sebab jika kapasitas kurang, tentu akan mempengaruhui loading dan pastinya trafik juga ikut terpengaruh :D

      Delete
  20. semoga cepat terwujud blognya ya mas...

    ReplyDelete
  21. Masih setia sama blogcepot karena blogger pemula Mas?

    ReplyDelete
  22. saya pilih Sekolah Blog dong
    ada bikin penasarannya deh
    serius

    ReplyDelete
  23. Sebenarnya bagusan mana sih antara blogspot dan wordpress ini?

    ReplyDelete
  24. mas ibrahim, sedikit saran dari saya, kalau hosting di idwebhost, lumayan walau shared hosting. kalau blognya schoolblog mantap kang.

    ReplyDelete
  25. Blogginghome.net kayaknya bagus tuh enak didengar gampang dieja,Kalau schoolingblog.com nanti persepsi orang dikirain kursus online

    ReplyDelete
  26. 3 pilihan hosting di atas sudah saya lihat semua. Hasilnya, hosting awal dhyhost kenalan saya masih cukup murah. Soal spesifikasi saya kurang tahu. :D

    ReplyDelete
  27. tentu menggunakan hosting sendiri banyak manfaatnya ya..

    ReplyDelete
  28. setuju dengan cik zaza. hosting sendiri mungkin lebih manfaatnya

    ReplyDelete
  29. wordpress.org memang ok punya dan itu perlu di coba mas...ada beberapa kawan juga menggunakan itu dan kata mereka hasilnya lumayan memuaskan...saya cuma mendokan semoga cepat sukses dan bisa senyum bersama wordpressnya. salama sahabat blogger.

    ReplyDelete
  30. Blogginghome.net donk bang, lebih enak dilafalkan.
    Nah kalo masalah hosting, maaf blum bisa kasih rekomendasi. Sebab saya belum pernah sewa :D

    Wih, ga dipasang adsense. Haha, alesannya masuk akal si :D
    Sukses bro untuk buka lapak di WP nya, hehe

    ReplyDelete
  31. Saya juga stuju dengan nama domain blogginghome.net. Kalo dilihat memang dikhususkan untuk umum, kalo Schoolingblog.com sepertinya cuma di tujukan oleh blogger pemula. Karena ada kata school (masih tahap belajar)

    ReplyDelete
  32. dihompimpa saja Pak..nama domainnya.. ^_^
    benar pak.., template dari WP byk yg bagus2,. sampai ada yg diadopsi ke Blogspot temanya..

    tapi terwujud.com, lebih akrab dimata Pak..

    ReplyDelete
  33. udah pakai niche, sayang kalau ngga di monetasi mas, dicoba aja monetasinya, manatau bisa jadi pengahsilan sampingan yang lumayan. soalnya itu kan berpeluang

    ReplyDelete
  34. Lebih profesional dongs yaaa kalok pakek wordpress.org, secara biaya sewanya lumayan mahal.. :D

    ReplyDelete
  35. kalau menurutku kalau mas Ibrahim bikin blog dengan tema blogging lebih cocok pakai judul blogginghome.net , soalnya cukup simple dan mudah sekali di ingat. :)

    ReplyDelete
  36. kalo tentang wordpress,, saya memang belum pernah menggunakannya mas,, sedangkan blogspot aja saya baru kenal...hehehe

    ReplyDelete
  37. Kalau saya bagusan ibrahimlbs karena branding nama sendiri.
    Bagus buat kedepannya, kalau bisa konten harus unik jangan sama dengan blog ini.

    Idwebhost atau qwords sebagai hostingnya pak.

    Jangan lupa seo plugin yang memadainya, sukses deh pak.

    ReplyDelete
  38. mungkin idwebhost tuh yg bgus :)

    ReplyDelete
  39. kalau tentang nice blog yang mas jelaskan, semuanya kan tergantung kemahiran dan pemahaman kita untuk mengola blog tersebut sesuai nice type, jangan nanti membahas tentang kesehatan setelah blog tercipta, padahal mas ingin membahas seputar adsense, blogger, WP dan SEO.

    kalau untuk saran nama blog, buat yang mudah dkenal dan cara mengetiknya mudah mas, Devy menyumbang nama IBR-BLOG (simple dan mudah untuk diingat oleh sahabat lain), cuma saran sih, hehe..!!

    ReplyDelete
  40. Kalau menurut saya Rumah Blog (Blogginghome.net) kalau hanya mengupas tentang blogging seperti Adsense, Blogger, Wordpress dan SEO mas ibrahim

    *salam kenal semua

    ReplyDelete
  41. keren pak, pelajari dulu nanti share ilmunya, saya ada rencana mau pindah dari blogger ke self wp nie

    ReplyDelete
  42. Semoga bisa segera terwujud blog barunya. Biar bisa saling berkunjung, mengingat temanya adalah seputar Blogging. Tentu saja dapat memberikan manfaat untuk kalangan Blogger, apalagi bagi Blogger yang pemula.

    Untuk sarannya mungkin saya lebih setuju Rumah Blogger atau Blogging Home juga bisa dicoba.

    ReplyDelete
  43. Masih bersifat uji coba. Nggak sayang nih, pak? Harus keluar biaya ekstra, gitu?
    Saran untuk nama, saya memilih yg terakhir. Unik dan mudah diingat.

    ReplyDelete
  44. Keren mas, kapan2 ikutan nyoba ah kalau ada kesempatan, mantap sekali, saya blog aja masih belajar.

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved