Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Akar Dulu Baru Rotan~Uji Coba Self Hosting Pinjaman


Rasa penasaran untuk menguji coba kemampuan pengelolaan platform lain selain blogger semakin memuncak, hampir setiap detik otak ini terus aja berpikir "Kapan mau Coba". Akhirnya keputusan itu terbayar sudah, dan betapa benar kata beberapa teman "Selamat berpusing-pusing ria".
Self Hosting,Wordpress

Platform apa yang dicoba?
Tentunya teman-teman bisa menebak platform yang saya coba, apalagi kalau bukan Wordpress.org. Ternyata benar yang dikatakan mbak Indri (juragancipir.com) dan mas Adhy (ayointer.net) bahwa menggunakan Wordpress sangat jauh berbeda dengan blogger. Bagi saya, tentunya banyak sekali yang harus dipelajari, ibarat bayi yang baru belajar merangkak.

Apa sih bedanya Wordpress.com dan Wordpress.org
Saya tidak akan menjelaskan perbedaan platform WP dan blogger, sebab saya yakin teman-teman sudah tahu perbedaannya dan itu terlihat jelas. Perbedaan yang saya rasakan antara  Wordpress.com dan Wordpress.org setelah mencobanya terlihat dari:

1. Tampilan dan loading
Entah saya yang hanya merasakan hal ini atau memang hal itu benar adanya, yang jelas Wordpress.com sangat ribet tampilannya dan loadingnya pun sangat berat jika dibandingkan Wordpress.org.

2. Menu-Menu
Kalau di Wordpress.com, banyak sekali menu-menu yang sebenarnya tidak perlu ditampilkan, hal itu terlihat dari tampilan blog lain, menu tautan yang datang sendiri serta hal-hal lain yang tidak saya temukan di  Wordpress.org

3. It`s my home
Nah, ini dia yang paling jelas. Kalau di Wordpress.org, kita akan berada seolah-olah di rumah sendiri, hal ini berarti apa yang kita lakukan tidak akan terganggu dengan tampilan-tampilan yang tidak penting untuk muncul.

Maksud Akar Dulu Baru Rotan
Terus terang saya sama sekali tidak mengeluarkan biaya dalam tahap uji coba ini, dari domain dan hosting masih berada dalam ranah meminjam alias gratis, tisss, tisss. Meskipun domainnya masih menggunakan subdomain, tapi saya sudah cukup puas untuk uji coba di platform Wordpress.org ini, sebab saya jadi tahu bagaimana pemula seperti saya untuk berpusing-pusing ria.

Kok bisa menggunakan Wordpress.org
Worpress.org itu hanya sebuah platform, bahasa sederhananya seperti sebuah desain rumah, sedangkan tempat rumahnya itu terpisah.

Saya menggunakan hosting gratis dari penyedia idhostinger.com dengan kapasitas space: 2GB, Bandwith: 100GB dan support PHP-MySQL ditambah tanpa iklan dan banner, dan ini cukup memuaskan untuk uji coba.

Lalu, apa Tujuannya?
Seperti yang sudah saya jelaskan pada tahap pendahuluan, saya begitu penasaran sekali untuk mencoba jenis platform baru, selain menguji kemampuan saya, ternyata banyak juga ilmu-ilmu luar biasa yang harus saya gali lebih dalam lagi di Wordpress.

Saya merasakan kalau saya termasuk penghuni baru yang telah menjadi tamu tak diundang di Wordpress.org, dan tentu saya masih awam untuk memanjakan berbagai fitur-fiturnya. Namun, dengan rasa penasaran itu tentu memberi semangat dan motivasi serta kepuasan tersendiri yang terus haus akan sesuatu yang belum saya coba.

Selain Wordpress apalagi?
Tidak saja platform wordpress yang mau saya coba, tapi fitur lainnya juga seperti Joomla, Drupal, Typepad, dan yang lainnya. Akan tetapi, fokus saya saat ini untuk wordpress dan joomla saja, sebab kabarnya kedua platform tersebut memberikan sensasi dan keunikan tersendiri yang bisa memuaskan penggunanya jika sudah masuk dalam ranah berpusing-pusing ria.

Setelah tahu, apa yang akan dilakukan?
Kalau sudah 60% pengetahuan dasar dan menengah dari uji coba ini selesai, maka tentunya saya akan membuka lapak baru, dan pilihan pertama saya adalah Wordpress, kenapa tidak joomla? wah, ternyata joomla jauh lebih ribet dibanding Wordpress, kalau untuk uji coba saja, bolehlah di obok-obok joomla-nya.

Sensasi yang menarik dan menantang
Awalnya saya menganggap bahwa platform blogger dan wordpress tidak jauh perbandingannya, tetapi setelah terjun langsung, wah..! banyak sekali fitur dan hal-hal baru yang membuat sensasi tersendiri bagi saya, semakin mencoba semakin penasaran, hmmm...semangat untuk utak-atik semakin memuncak.

Tidak takut berantakan blognya?
Blog ini adalah blog percobaan sesuai dengan judul blognya, jadi memang saya buat khusus untuk utak-atik. Saya memang sangat ingin tahu apa saja ilmu di platform wordpress, jadi saya ndak takut jika blognya error atau hancur sama sekali, mumpung gratis,..kalau rusak buat lagi, yang penting ilmunya bro!.

Apa alamat blognya?
Jika teman-teman ingin tahu dan jangan terkejut dengan alamatnya ya!, sebab ini masih gratisss. Alamatnya bisa teman jumpai di http://ujicoba1.pe.hu

^^Nah, bagi teman-teman yang mau berpusing-pusing ria, penasaran dan ingin mencoba platform Wordpress.org, silahkan saja ikuti jejak saya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan mohon doa dan dukungannya ya!, supaya rambut saya ndak rontok heeheee!.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

14 komentar

Pertamax mas ibrahim... Ikut coba coba wp ah

Balas

Hosting gratis sebaiknya untuk web latihan mas, Sedangkan untuk Joomla sedikit lebih ribet karena seting dulu saat offline.

Balas

Di wp selfhosted harus mengerti betul disimpan di file php mana element yang akan kita utak-atik ya mas :D tidak seperti di blogspot tinggal cari di satu kolom edit html :D

Balas

Menarik tu Pak, bisa pake hosting sendiri dan domain sendiri juga. Jadi benar2 profesional websitenya

Balas

informasinya menjadi refrensi buat saya pak, karena memang saya baru berencana ingin membuat web khusus lagi, dengan domain dan hosting sendiri, mohon bantuannya ya pak jika suatu saat butuh bantuan. terimakasih

Balas

saya pernah nyoba buat wordpress di idhostinger tapi pusing banget (dasar orangnya pusingan). di samping itu koneksi internet yang saya pake gak menjangkau untuk ubek-ubek belajar, jadi terpaksa saya gak punya rotan. hehee

Balas

pernah nyoba juga saya om tp stop karena mumet kepala sampe berasap hhe

Balas

Bener mas ibrahim, untuk pertamakali make wp lebih ribet utak- atiknya. Tapi klo udh kenal pluginnya baru terasa bedanya dari blogger.

Balas

rekomendasi untuk saya buat kedepannya, siapa tau ingin beralih ke wp. Ini juga masih dalam proses pembelajaran dulu kang :D ,t

Balas

Wah, Mas ibrahim suka uji coba Pakai wordperss. org... lumayan juga kapasitas spacenya.. Sudah saya cek, emang bener bener responsive... daripada wordperss.com, Loadingnya agak lambat...

Balas

Benar sekali kang, saya saja pertama kaget dengan tampilan script nya yang terpisah, dah gitu banyak kali script PHP nya yang sulit untuk dipahami, berbeda dengan Blogger punya :D

Balas

memang banyak blogger yang beralih ke WP, karena selain banyak plugin yang bisa memaksimalkan adsense, juga bisa menggunakan hosting sendiri....

Salah satu yang udah migrasi ke Wp adalah Juragan Cipir

Balas

aku juga udah nyoba wordpress pake hostingan gratis dari idhostinger tapi sekarang udah engga keurus. kalo wordpress engga rajin diupdate plugin nya kadang itu bisa jadi 'pintu masuk' yang pengen ngehekkkkkk situs kita mas.

Balas

betul itu mas, kudu harus hati-hati, kejahatan ada dimana-mana :D

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis