Terwujud

Cara merawat Laptop agar tahan lama dan tetap awet



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Laptop merupakan perangkat teknologi yang saat ini tidak bisa lepas dari aktivitas manusia, hal itu dikarenakan laptop adalah alat yang selalu ada di setiap kegiatan seperti perkantoran, sekolah, bank dan tempat-tempat lainnya.

Agar laptop tetap tahan dan awet, maka perlu perawatan dan penjagaan yang ekstra agar laptop tidak cepat rusak. Jika laptop tidak dirawat, maka hal yang sering terjadi adalah kerusakan pada laptop baik itu pada posisi hadware maupun software.
Laptop
Apabila pada posisi software yang rusak atau error, hal ini tidaklah begitu mengkhawatirkan, sebab untuk memperbaikinya tidak memerlukan biaya yang terlalu besar, namun apabila hadware yang rusak, maka bersiap-siaplah mengeluarkan biaya yang besar dan selalu tidak terduga.

Oleh karena itu, bagi anda yang tidak ingin laptopnya cepat rusak, silahkan simak tips yang akan saya sajikan berikut ini dalam rangkuman Cara merawat Laptop agar tahan lama dan tetap awet.

1. Gunakan waktu yang efesien
Penggunaan laptop dalam pengoperasiannya harus sesuai aturan dan standart pada umumnya. Operasikan laptop anda paling lama 2-4 jam, setelah itu, berikan waktu 20-45 menit untuk istirahat. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya over hat atau panas pada laptop. Panas pada laptop memang tidak akan berpengaruh cepat, namun jika dibiarkan, maka lama-kelamaan bagian laptop akan rusak, terutama pada bagian hardiks.

2. Gunakan Kipas eksternal
Untuk mencegah laptop dari over hat, maka gunakan kipas pendingin atau kipas tambahan yang berfungsi mencegah terjadinya panas pada laptop. Laptop yang panas bisa mempengaruhi kinerjanya, dengan adanya kipas tambahan, proses kerja laptop akan selalu stabil dan normal.

3. Efesiensi sleep dan shut down
Melalui pengalaman yang saya alami, laptop yang saya gunakan saat ini sudah pernah ganti hardisk. Penyebab laptop saya harus diganti hardisknya karena laptop saya biarkan saja mati sendiri sementara masih ada beberapa data yang bekerja. Walaupun kebiasaan tersebut berlangsung lama, namun seiring waktu, hardisk laptop saya tidak tahan dan panas yang akhirnya harus diganti.

Nah, bagi anda yang ingin istirahat mengoperasikan laptop, sebaiknya gunakan fitur sleep jika istirahatnya hanya 10-20 menit, tapi gunakan shut down jika istirahat anda mencapai 1-3 jam.

4. Bersihkan dari debu
Walaupun terkesan sepele, namun jika debu-debu yang menempel di bagian luar laptop terus dibiarkan, tentunya debu-debu tersebut akan menumpuk, jika demikian maka besar kemungkinan debu tersebut akan merusak bagian dalam laptop dan memperlambat kestabilan laptop saat beroperasi.

5. Gunakan anti virus
Anti virus berfungsi untuk melindungi perangkat keras seperti laptop dari serangan virus-virus yang merusak, memperlambat bahkan membuat laptop mati total. Untuk anti virus yang tepat bisa anda pilih seperti Avira. Avira adalah anti virus yang saya gunakan sekaligus menjadi rekomondasi bagi saya.

^^ Demikianlah penjelasan tentang Cara merawat Laptop agar tahan lama dan tetap awet, semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu anda khususnya tentang cara menjaga laptop agar tahan lama dan tetap awet walaupun sudah bertahun-tahun.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 27 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Betul banget semua yang ditulis diatas mas, barang memang harus selalu dirawat apalagi laptop.

    Kalau kasus saya yg paka PC kerusakan sering diakibatkan oleh tegangan yng tak stabil mas, apalagi jika listrik sering manti mendadak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sepakat betapa perawatan laptop sangat penting agar awet, terutama batrenya sering ngdrop punya saya mah mang

      Delete
  2. Saya sih sering bermasalah dgn virus di browser mas, untung udah bs diatasi

    ReplyDelete
  3. Saya sih sering bermasalah dgn virus di browser mas, untung udah bs diatasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngapa bs jd 2 komen dr saya yah....

      Delete
    2. ndak masalah mas, yang penting komentarnya bermanfaat, bayk tapi bermanfaat heeheee

      Delete
  4. LAPTOP adalah piranti semua yang memilki kegiatan blogger ya mas tentu nya harus di rawat yang baik serta penggunaan yang normal sesuai standar

    ReplyDelete
  5. LAPTOP adalah piranti semua yang memilki kegiatan blogger ya mas tentu nya harus di rawat yang baik serta penggunaan yang normal sesuai standar

    ReplyDelete
  6. lho komen saya kok dobel ya.. aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dobelnya karena jaringan mungkin mas, saya juga pernah gitu :D

      Delete
  7. saya pernah menggunakan kipas eksternal yaitu yang diletakkan dibawah laptop.. namun sayang laptop saya bertambah panas....

    ReplyDelete
  8. punya laptop windows, udah berdebu banyak virusnya..sering ngulang-ngulang sendiri padahal gak klik restart... -_-
    mau format trus install ulang males ahahahha dibiarin aja dah..

    ReplyDelete
  9. kalau saya sering pake kipas angin mbah karena kalau lagi online bisa sampai 5 jam

    ReplyDelete
  10. Merawat laptop agar tahan lama memang sangatlah penting,, mengingat harga laptop tidak seperti harga bawang atau harga cabe,, sehingga kalau rusak, biaya yang kita keluarkan pastilah tidak sedikit,, memang lebih baik mencegah terjadinya kerusakan pada laptop dengan cara merawatnya dengan baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sekali mas untuk menjaga leptop sebaik mungkin. kalau gitu mari kita demo minta harga leptop diturunkan sesuai dengan harga bawang, gimana? heeee

      Delete
  11. kalo aku seringnya pakai cooling fan untuk laptop, biar tetep adem meski dipakai lama :D

    ReplyDelete
  12. sy juga pkai avira ,,,
    avira mmg TOP banget ... hehe

    ReplyDelete
  13. Kalau punya saya Kang..penyakitnya sampe sekarang kaga sembuh-sembuh yaitu: Batre Ngedrop..hahhayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu memang bawaan cah. karena kalau kalau bateraynya kuat, nanti gak laku kelem=ngkapan leptopnya. iya kan?

      Delete
  14. kudu ati2 bener jgn sampai sakit dah ni laptop.
    Klo sakit repot, gak bisa ngobatin sendiri..
    Saya sayang2 , klo agak panas, cooling down dulu ....

    Teimaksih tipsnya mas ..

    ReplyDelete
  15. makasih tips merawat laptopnya supaya awet mas,
    punyaku batrennya sudah lowbat

    ReplyDelete
  16. kalau menurut saya mas kebanyak orang tidak memperhatikan laptop untuk di istirahatkan setelah menggunakan dalam waktu tertentu. makanya tips nomor tiga mengenai Efesiensi sleep itu sangat berguna sekali untuk digunakan agar lepi juga bisa istirahat. ini terjadi kalau kita sedang kerja grafis atau lainnya. kalau malas mematikan ya tekan sleep aja, aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalo ngeblog/kerja malam hari, saya pake auto shutdown pada jam tertentu

      Delete
  17. 5 poin diatas memang sering saya lakukan mas, hanya untuk poin 5 saya gak mau yang indo.

    pernah beberapa kali saya coba anti virus made in indonesia (ada 3), kapok saya mas, masak seluruh file di laptop dianggap virus semua. bahkan mau pindah hasil video dari Handycam ke laptop malah virus juga.

    ReplyDelete
  18. kayaknya trik diatas nggak hanya cocok buat laptop tp juga buat komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kang, mungkin bisa dicoba juga untuk komputer

      Delete
  19. Merawat memang penting, karena kerusakan terbesar disebabkan akibat kita tidak bisa merawat dgn baik seperti merawat bini :D

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved