Terwujud

Ketahui!, Cara Virus Corona Menular, Dampak Negatif dan Positif Virus Corona serta Pencegahannya



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
virus corona
Saat ini dunia tengah dihebohkan dengan adaya virus corona. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa virus corona merupakan jenis virus dengan tingkat penyebaran signifikan sehingga WHO menyatakan bahwa virus ini termasuk virus paling berbahaya diantara virus-virus lainnya.

Negara Tiongkok tepatnya di kota Wuhan merupakan sumber pencetus datangnya virus ini, entah berasal dari mana dan bagaimana virus ini datang, namun pastinya virus ini telah membuat resah banyak orang untuk seluruh dunia.
“Menurut Otoritas setempat sebagaimana yang dilansir dari laman sumut.idntimes.com dinyatakan bahwa virus corona berasal dari hewan liar yang diperdagangkan di pasar ikan di Wuhan, tiongkok. Orang pertama yang terserang virus corona ini merupakan para penjual yang ada di sana, namun tetap saja tidak diketahui secara pasti asal virus corona ini datang.”

Bagaimana Virus corona Menyebar?
Selain penyembuhan dan pencegahan, Sangat penting sekali untuk mengetahui bagaimana virus corona ini menyebar dan menular, hal tersebut adalah langkah tepat untuk mencegah sekaligus menghindarkan diri kita agar tubuh tidak tertular. Setidaknya ada 5 cara virus corona ini menyebar yaitu:

1. Transmisi dari cairan
Sistem virus corona bisa menyebar dan menular ke orang lain adalah melalui transmisi dari cairan. Kamu harus tahu bahwa air dapat membawa virus dari pasien ke orang lain yang berada dalam jarak sekitar satu meter, sedangkan air yang dimaksud biasanya berupa cairan tubuh yang keluar saat berbicara, batuk, dan bersin.

2. Transmisi dari udara
Selain melaui cairan, virus corona juga dapat menyebar dalam jarak jauh melalui udara. Dan yang lebih gawatnya bahwa penyebaran virus corona melalui udara ini sama dengan penularan virus flu, SARS, variola, dan norovirus yang menular dari satu orang ke orang lain sehingga untuk gejala awal sulit bagi kita mengetahui apakah virus tersebut corona, flu, SARS, variola atau norovirus.

3. Transmisi kontak
virus corona juga dapat menyebar dan menular dengan kontak langsung melaui kulit atau selaput lendir (seperti mata, lidah, luka terbuka, dan lain-lain). Selain itu, Transmisi juga bisa berlangsung melalui darah yang masuk ke tubuh.

4. Transmisi dari hewan
virus corona bisa juga menular melalui orang yang mengolah, menjual, dan mendistribusikan hewan liar yang membawa virus corona yang dapat tertular melalui kontak tersebut.

5. Kontak dekat dengan pasien
Bagi keluarga, orang yang tinggal satu rumah, petugas medis, atau bahkan orang yang sempat berada dekat dengan pasien dapat tertular virus corona bahkan tingkat penularan sangat signifikan.

Ketahui !, Masa-Masa Inkubasi
Menurut para ahli dinyatakan bahwa masa inkubasi Virus corona paling pendek berlangsung 2-3 hari, sedangkan paling lama bisa mencapai 10-12 hari. Akan tetapi, disebabkan sistem Virus corona berbeda dengan penyakit lainnya, maka para ahli sepakat mengatakan bahwa masa inkubasi bisa mencapai 14 hari, wah luar biasa ya lamanya.

Masa inkubasi selama 14 hari ini adalah tentang waktu yang dibutuhkan Virus corona untuk menjangkit dan menampakkan gejala awal, dan sangat perlu diketahui jika masa tersebut, virus corona masih bisa menular ke orang lain sehingga susah sekali untuk mendeteksinya.

Gejala kamu terjangkit Virus corona
Kamu perlu tahu bahwa Gejala utama dari virus corona adalah demam yang disertai dengan batuk kering, tubuh lemas, sulit bernapas dan diare. Setelah berlangsung selama satu minggu, sebagian besar pasien akan mengalami sesak napas.

Bagaimana mencegah virus corona?
Sampai saat ini (16 Maret 2020) belum ditemukan vaksin atau obat yang bisa membunuh virus corona, sehingga tingkat penyebaran terus meluas dan tingkat kematian akibat virus corona ini juga terus bertambah.

Maka dari itu, sebelum kamu tertular, sebaiknya kamu mengambil langkah tepat untuk mencegah virus corona ini. Untuk mencegahnya, maka kamu bisa melakukan beberapa hal yaitu:

1. Cucilah tangan dengan benar
Dalam agama Islam, konsep mencuci tangan sudah diajarkan dari jaman Nabi Muhammad SAW, maka dari itu bagi yang beragama Islam tentu mencuci tangan sudah menjadi rutinitas setiap hari. Setidaknya 5 kali sehari kita mencuci tangan ketika hendak melaksanakan shalat di saat mengambil wudhu.

Mencuci tangan dengan benar adalah cara sederhana tapi manjur dan efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Cucilah tangan kamu dengan air yang mengalir dengan pembersih tangan atau sabun dalam waktu 20 detik atau lebih. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih seperti punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih atau mesin pengering.

Bagi kamu pekerja komuter yang selalu berada dalam transportasi umum, tentu sulit menemukan air dan sabun, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan Hand sanitizer sebagai gantinya untuk mencuci tangan kamu.
“Kamu bisa mencuci tangan secara teratur setelah dan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah dan batuk bersin. Bagi ibu menyusui juga sangat dianjurkan untuk mencuci tangan sebelum menyusui atau memerah ASI. Dalam Islam konsep ini telah ada seperti Whudu dan Thaharah”.

2. Menggunakan masker
Dalam Islam juga diajarkan untuk menutup aurat terutama untuk kalangan wanita, selain menutup aurat, Para perempuan juga dianjurkan untuk bercadar agar lebih mudah untuk mengenalinya (dalam arti bahwa perempuan tersebut perempuan baik-baik). Nah, ternyata konsep dalam Islam ini sangat efektif untuk mencegah virus corona.

Menggunakan masker baik itu masker bedah (masker sekali pakai) atau masker N95 (masker yang dirancang untuk dapat menyaring partikel virus) sangat tepat untuk mencegah kamu dari penularan dan jangkitan virus corona.

Penggunaan masker ini juga sangat disarankan bagi mereka yang positif terjangkit virus corona, hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi kontak fisik kepada mereka yang belum tertular seperti bersin, batuk dan yang lainnya.

3. Menjaga daya tahan tubuh
Cara ketiga agar tidak tersentuh virus corona adalah dengan menjaga imun dan daya tahan tubuh. Intinya kamu itu harus sehat dan kuat baik fisik dan non fisik. Untuk menjaga daya tahan tubuh secara fisik, maka kamu bisa menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan, makanan protein dan hindari makanan berbahan kimia serta bahan yang mengandung banyak lemak.

Untuk metabolisme tubuh, kamu bisa melakukannya dengan rajin olahraga secara teratur serta hindari stress untuk mencegah datanganya penyakit tertentu yang bisa membuat fisik kamu terkena dampaknya.

4. Hindari berpergian ke Negara yang Terjangkit
Kamu suka jalan-jalan ke Negara lain, sebaiknya untuk saat ini hindari dahulu, hal itu bisa memicu kamu tertular virus corona yang bisa menular melalui kontak fisik. Bukan saja di tiongkok, infeksi virus corona ini juga telah menyebar di berbagai Negara seperti jepang, korea selatan, hongkong, Taiwan, india, amerika serikat, eropa dan Negara-begara lain. Maka dari itu, urungkan dulu niatmu untuk liburan, hal tersebut adalah cara efektif mencegah penularan virus corona yang dapat menyerang kamu kapan saja dan kapanpun dia mau.

5. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan coronavirus
Coronavirus jenis baru diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut. Bagi kamu yang ingin mengkonsumsi daging atau ikan, maka pastikan terlebih dahulu ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak sampai benar-benar matang. Hindari juga untuk mengkonsumsi daging yang tidak segar atau busuk.
“Konsep Islam tentang makanan dan minuman ternyata sangat efektif menghidarkan diri dari penyerangan virus corona seperti konsep thaharah dan halal dan haramnya hewan-hewan tertentu, dan kalelawar adalah hewan yang haram dimakan dalam Islam”.

Dampak Negatif dan Positif virus corona
Dampak negatif virus ini adalah sistem penyebaran yang terus bertambah dan meningkat sehingga akan membuat banyak orang dengan mudah tertular. Yang lebih berbahaya lagi adalah dampak bagi penderita virus corona ini, selain susah bernafas dan sesak, mereka yang positif terjangkit virus corona akan rentan mengalami kematian yang diakibatkan saluran pernapasan sempit bahkan sama sekali tidak bisa bernafas.
“Ternyata film yang selama ini kita lihat telah menjadi kenyataan, film genre horor seperti zombie sudah menjadi kenyataan, bedanya orang yang terjangkit virus corona ini tidak bangkit kembali setelah mengalami kematian, namun sistem penyebaran film zombie dengan virus corona tidak berbeda, serem ya…!”.

Selain berdampak negatif, virus corona juga mempunyai dampak positif yang dilihat dari kacamata agama dan sosial. Saat ini seluruh dunia tengah sibuk dan bekerja sama untuk menemukan vaksin virus corona. Dunia menyatakan 1 musuh yang harus dibasmi yaitu Virus corona. Hadirnya virus mematikan ini membuat beberapa Negara yang sebelumnya bersitengang menjadi lunak dan bahkan bekerja sama untuk saling membantu dalam hal menemukan vaksin virus corona.

Selain itu, virus corona ini juga banyak membuat orang tobat dan lebih mendekatkan diri Kepada sang Pencipta, sampai-sampai ada yang berasumsi bahwa ketika virus corona tidak terhindarkan lagi, maka dia harus siap untuk menghadap sang Pencipta dalam keadaan suci dan bersih dari segala macam dosa.

Waspadalah..!
Bila kamu sedang atau lagi mengalami gejala flu, seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam 2 minggu terakhir kamu baru saja bepergian ke Tiongkok atau negara-negara lain yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Ingat ya, mencegah itu lebih baik daripada mengobati, apalagi kalau obatnya belum ditemukan seperti Virus corona ini. Semoga kita khususnya di Indonesia segera bersih dari Virus corona ini.

Ayo berdoa dan aminkan….


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 18 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Nah ini bermanfaat nih mas dan sedang hangat2nya. Dan tulisan diatas bisa jadi panduan pemahaman nih tentang Virus Corona yang memang harus kita hindari tapi tidak berlebih juga.😊😊 Thanks ulasannya mas.

    ReplyDelete
  2. Di Malaysia pun makin meningkat Covid 19 ni. Sekolah tengah cuti.

    ReplyDelete
  3. Dampak negatifnya, sekolah juga terpaksa ditutup. Walaupun gurunya tetap harus masuk.
    Pembelajaran jarak jauh bisa sih. Jalan juga. Tetapi untuk anak sd, atau tk, saat mengerjakan tugas dari guru saya rasa tertap perlu pendampingan orang tua.
    Makin bahaya kalau anak kecil dibiarkan bawa gadget tanpa pendampingan kan

    ReplyDelete
  4. Very important information here, Ibrahim...many thanks for sharing this.
    I agree with your comparison with zombie movies...it is scary!
    There are so many different conspiracy theories going around: is it some kind of biological warfare? Is it God's message to us to stop eating animals? Is it to make us stop and assess what we are doing to the earth? Etc. Etc.
    I guess it's unlikely we will ever know of it's true origins.
    But, hopefully, it will bring us all together as one human race...to work together to fight what could well be the greatest challenge we have ever encountered.

    ReplyDelete
  5. tetap jaga kesehatan aja mas... biarin corona, semoga kita dijauhkan..

    ReplyDelete
  6. sehat selalu untuk kita semua, saling menjaga yaaa :D

    ReplyDelete
  7. Eh, yang menyebar melalui udara bener gak tuh? Setahu saya sih nyebarnya melalui droplet dan bisa nempel di benda mati sampe beberapa lama gitu. Mohon infonya

    ReplyDelete
  8. Virus corona emg nakutin bgt ya. Penyebarannya cepet bgt, alhmdulillah udh mulai mengurangi keluar rumah meski kerja blm dr rumah.. Huhuhu :(

    ReplyDelete
  9. awalnya biasa aja... makin kesini panik juga akhirnya

    ReplyDelete
  10. Mengerikan, ya 😕!.
    Mana sekarang menurut WHO ada virus corona type baru ..., virusnya langsung mematikan karena mengarah ke jantung.

    ReplyDelete
  11. Makin gaswat, sekolah libur dan kita diminta di rumah aja. Suka tidak suka akan berdampak pada ekonomi

    ReplyDelete
  12. thanks 4 sharing... mudah-mudahan kita semua dilindungi daripada virus merbahaya ini aminnn

    ReplyDelete
  13. Terimakasih informasinya mas...
    Semoga saja kita dijauhkan dari virus corona, dan didekatkan dengan si dia...
    amiinn...

    ReplyDelete
  14. Semoga virus corona segera hilang ya, biar bisa aktivitas seperti biasa lagi..aamiin..

    Makasih infonya, Mas. Bermanfaat.

    ReplyDelete
  15. Jaga kebersihan, jaga kesehatan, dan jaga pergaulan. Mungkin itu ya jika diringkas cara-cara mengurangi penularan Corona secara signifikan.

    ReplyDelete
  16. Serem bgt corona ini.Semoga badai ini cepat berlalu. kasian yang nyari penghidupan, kasian anak2 sekolah dan semua orang sih
    semoga sehat selalu yaa kita semua

    ReplyDelete
  17. Penyebaran melalui transmisi udara ..., itu yang paling menakutkan.

    Kita sudah jaga jarak dengannorang lain, tapi bisa saja tertular virus yang tersebar lewat udara.
    Menakutkan!.

    Jadi serba salah, akan beraktivitas diluaran rumah untuk suatu keperluan jadi paranoid sendiri.

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved