Terwujud

Tujuan Program Pendidikan Nilai-Nilai Kehidupan



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Program Pendidikan Nilai-nilai kehidupan dimaksudkan untuk menyediakan prinsip-prinsip dan alat untuk pengembangan seluruh pribadi, mengakui bahwa individu adalah terdiri dari fisik, intelektual, emosional, dan dimensi spiritual. Tujuan Program Pendidikan Nilai-nilai kehidupan diantaranya :
  • Untuk membantu individu memikirkan dan merefleksikan nilai-nilai yang berbeda dan mereka mampu mengungkapkan menghubungkan dengan diri mereka sendiri, orang lain, masyarakat, dan dunia pada umumnya.
  • Untuk memperdalam pemahaman, motivasi, dan tanggung jawab berkaitan dengan pribadi dan sosial.
  • Untuk menginspirasi individu memilih sendiri pribadi, sosial, moral, dan nilai-nilai spiritual.
  • Untuk mendorong pendidik dan pengasuh dalam memberikan filsafat hidup, sehingga bisa memfasilitasi anak didik secara keseluruhan baik pertumbuhan dan pengembangan. Sehingga mereka dapat mengintegrasikan diri ke masyarakat dengan hormat, penuh kepercayaan diri, dan memiliki tujuan.
Program Pendidikan Nilai-nilai kehidupan adalah cara konseptualisasi pendidikan yang mempromosikan perkembangan belajar berdasarkan nilai-nilai komunitas dan tempat-tempat pencarian makna dan tujuan di pusat pendidikan. LVEP menekankan nilai dan integritas dari setiap orang yang terlibat dalam penyediaan pendidikan, baik di rumah, sekolah dan masyarakat. LVEP percaya bahwa tujuan pendidikan adalah kegiatan yang dirancang untuk membantu umat manusia berkembang secara menyeluruh. Prinsip-prinsip inti Program Pendidikan Nilai-nilai kehidupan didasarkan pada hal-hal berikut:

Di lingkungan belajar dan mengajar:
a. Ketika nilai-nilai positif dan pencarian makna serta tujuan ditempatkan di jantung pembelajaran dan pengajaran, maka pendidikan itu sendiri telah dihargai.

b. Peningkatan nilai-nilai pembelajaran berbasis masyarakat, di mana nilai yang disampaikan melalui pengajaran berkualitas, maka akan tercipta harmoni di masyarakat.

c. Dalam membuat nilai-nilai yang berbasis lingkungan belajar, pendidik tidak hanya memerlukan kesesuaian kualitas, mereka juga perlu dihargai, dipelihara dan dirawat di dalam komunitas belajar.

d. Dalam nilai-nilai pembelajaran berbasis masyarakat, mengembangkan hubungan yang positif dalam segala asfek

Pada nilai-nilai ajaran:
a. Pengembangan nilai-nilai pembelajaran berbasis lingkungan merupakan bagian integral dari nilai-nilai pendidikan.

b. Pendidikan nilai-nilai tidak hanya subjek pada kurikulum, filsafat pendidikan dan praktek juga mengilhami dan mengembangkan nilai-nilai positif di dalam kelas.

c. Penanaman Nilai afektif akan pikiran mereka sendiri, perasaan, sikap, perilaku dan sensitifitas terhadap orang lain.

d. Dalam pengintegralan nilai-nilai kehidupan pendidik mengembangkan persepsi yang jelas dan akurat baik sikap, perilaku dan emosional sebagai bantuan untuk penanaman nilai-nilai kehidupan

e. Wacana pendidikan, berpikir, merasa menghargai, baik analitis dan

membangun sebuah dialog tentang nilai-nilai dalam konteks nilai-nilai pembelajaran berbasis komunitas yang memudahkan interpersonal, pertukaran lintas-budaya tentang pentingnya menanamkan nilai-nilai pendidikan.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved