Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Biografi Dewi Sartika: Pahlawan Wanita


Dewi Sartika adalah simbol kebangkitan kesadaran perempuan atas harga dirinya. Ia berjuang agar kaumnya sejajar dengan lawan jenisnya.

Dengan segala keterbatasan dan pagar-pagar bersepuh emas yang bernama etika, mereka mencoba untuk mengembangkan diri dan keyakinannya. Dewi Sartika adalah putri pasangan Patih Bandung, R Rangga Somanegara dan RA. Rajapermas.

Cita-cita putri bangsawan ini adalah mendirikan Sekolah Isteri. Ia sudah mengidam-idamkan sekolah terse but sejak kecil. Kala bocah, kelahiran Cicalengka, 1884, itu gemar bermain sekolah-sekolahan dan ia selalu memilih peran guru. Kendati usulnya sempat ditentang, 16 Januari 1904, seko1ah impiannya bisa terwujud di Pendopo Kabupaten Bandung.

Sekolah itu terus berkembang dan harus di pindah ke Jalan Ciguriang. Jalan ini selanjutnya dikenal orang sebagai jalan Dewi Sartika. Namanya pun berubah jadi Sekolah Kaoetamaan Isteri, dengan cabang tersebar di Tasikmalaya, Sumedang, Cianjur, Ciamis, Kuningan, dan Sukabumi. Ketika .Kaoetamaan Isteri merayakan HUT-nya yang ke-35, Dewi dianugerahi bintang emas Orde van Oranje Nassau.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis