Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Pengertian HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Securre


HTTP sangat identik dengan HTTPS, akan tetapi mempunyai perbedaan signifikan. Kalau sebelumnya saya telah membahas tentang Pengertian HTTP atau Hypertext Transfer Protocol, maka kali ini saya akan mengutarakan bagaimana kita dapat mengenal identitas HTTPS.

Terwujud.com-HTTPS

A. Pengertian HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Securre)
HTTPS merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris dan asal katanya terdiri dari Hypertext Transfer Protocol Securre dan disingkat menjadi HTTPS. HTTPS dapat diartikan sebagai bentuk protokol valid dan aman. Hal ini disebabkan perintah dan data melalui protokol HTTPS ini telah dilindungi dengan sistem Encryp melalui berbagai format, sehingga ini akan menyulitkan bagi orang-orang yang mau membajak isi dari dokumen yang dikirim dengan menggunakan media HTTPS.

Dapat dipahami juga bahwa HTTPS merupakan gabungan dari HTTP dengan SSL/TSL protokol. Seluruh komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dan dianalisa dengan tujuan untuk keamanan ketika terjadi transaksi data melalui internet.

B. Fungsi dan Tujuan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Securre)
Fungsi khusus HTTPS adalah untuk menjaga keamanan data dari hacker yang berniat membajak sebuah dokumen sacara ilegal. Sedangkan tujuan HTTPS adalah untuk mengantisipasi terjadinya error program sebuah data dan kerusakan Server akibat kegagalan koneksi yang disebabkan perusakan yang dibuat oleh pakar hacker yang tidak bertanggung jawab.

C. Manfaat dan Kegunaan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Securre)
Cara kerja Hacker untuk membajak sebuah file dokumen biasanya menggunakan tool WireShak, ketika tool ini terkoneksi ke internet, maka protokol HTTP akan mudah untuk dijebol pertahanan keamananya. Berbeda dengan sistem HTTPS, tool yang digunakan tidak akan mampu menembus keamanan dari sebuah dokumen dengan menggunakan protokol HTTPS.

D. Contoh Perusahan Internet yang menggunakan HTTPS
Anda bisa lihat sebuah perusahaan yang bergerak dibidang internet kebanyakan dari mereka membuat sebuah protokol dengan sistem keamanan yang cukup canggih, salah satunya dengan menggunakan HTTPS. Perusahaan-perusahaan itu adalah https://facebook.com, https://twitter.com, Domain dengan menggunakan HTTPS sebagai protokolnya dan lain sebagainya.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis