Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Kelebihan dan Kekurangan Iklan Responsive dan Tidak Responsive


Kelebihan dan Kekurangan Iklan Responsive dan Tidak Responsive merupakan pertanyaan dari teman blogger kita yang mampir di kolom komentar blog Terwujud.com pada artikel Cara Membuat Unit Iklan Adsense Responsive dengan Mudah, dan pertanyaan tersebut adalah:
Kelebihan dari unit iklan responsive dan iklan yg gk responsive ap ya mas ?? Maklum mas masih bru. . . .
Sebenarnya tujuan adanya iklan responsive adalah untuk menyesuaikan bentuk dan tampilannya jika dibuka pada perangkat yang ukurannya berbeda-beda, sedangkan untuk aktifitas klik atau hal-hal yang lain tidak begitu berpengaruh. (Baca juga Cara Aman Mengganti Template Blog)

Responsive dan Non Responsive

Nah, untuk menjawab pertanyaan mas Endi Alimsyah di atas, secara rinci akan dibahas pada artikel ini, dan berikut penjelasan tentang Kelebihan dan Kekurangan Iklan Responsive dan Tidak Responsive.


Kelebihan dan Kekurangan Iklan Responsive

A. Kelebihan

1. Respon terhadap Ukuran
Kelebihan dari iklan responsive yang pertama adalah respon otomatis. Ketika anda membuka blog/website dengan laptop atau ponsel dengan ukuran yang berbeda, maka tampilan iklan juga akan menyesuaikan bentuk tampilannya.
Contoh: anda membuka blog dengan menggunakan Ponsel yang ukurannya 320 pixel, maka secara otomatis iklan akan berubah bentuk menjadi kotak atau ukuran lain yang sesuai dengan ukuran ponselnya.
2. Tidak perlu membuat banyak Iklan
Jika blog anda responsive, maka anda tidak perlu repot-repot membuat banyak iklan dengan ukuran yang berbeda-beda, sebab secara otomatis iklan akan menyesuaikan diri ketika iklan dibuka melalui perangkat yang berbeda ukurannya. (Silahkan membaca: Cara Membuat Unit Iklan Adsense Responsive dengan Mudah)

3. Berbeda bentuk dan tampilan
Nah, ini dia kelebihan yang ketiga. Suguhan iklan resposive akan berbeda-beda jika dilihat dari perangkat yang berbeda ukurannya. Tampilan iklan yang menyesuaikan diri juga mempengaruhi bentuk dan tampilannya, baik itu bentuk kotak, horizontal, vertikal atau yang lainnya.
Contoh: Buka blog/website anda pada perangkat yang berbeda ukurannya, setidaknya gunakan 2 perangkat seperti laptop dan ponsel, setelah itu perhatikan bentuk dan tampilan iklan, anda akan melihat iklan berubah bentuk dan tampilannya.

B. Kekurangan

1. Iklan tampil dengan ukuran yang berubah-ubah
Jika anda menggunakan iklan responsive, maka jangan berharap jika keinginan iklan yang anda tetapkan akan tetap sama tampilannya jika dilihat dari perangkat yang berbeda. Jadi, jika anda menginginkan iklan kotak dengan ukuran 300x250 saja, maka anda tidak bisa menggunakan iklan responsive

2. Bisa bahaya jika ditempatkan pada template non responsive
Jangan menempatkan iklan responsive pada blog/website yang templatenya bukan responsive sebab itu tidak ada gunanya, dan khusus untuk Adsense telah diatur bahwa tidak dianjurkan untuk menempatkan iklan responsive pada blog yang bukan responsive.

3. Khusus untuk template responsive
Kekurangan yang tidak perlu dikhawatirkan ditandai dengan template sebuah blog. Iklan responsive tidak akan bekerja jika ditempatkan pada blog/website yang menggunakan template non responsive, dan jika anda memasangnya, maka secara otomatis iklan akan tampil sesuai dengan ukuran width dan height blog dan akan tetap sama bentuk dan tampilannya walaupun dibuka dengan perangkat yang berbeda-beda. (Sudahkan anda membaca Ukuran Iklan Adsense Responsive yang Banyak Mengundang Klik)


Kelebihan dan Kekurangan Iklan Tidak Responsive

A. Kelebihan

1. Ukuran bisa ditentukan
Anda bisa mengatur ukuran dan bentuk iklan sesuai yang anda inginkan seperti bentuk kotak, panjang, lebar, tinggi dan yang lainnya.

2. Iklan tidak berubah
Anda tidak perlu khawatir jika iklan yang anda buat akan berubah bentuk jika dilihat pada perangkat yang berbeda-beda, sebab bentuk iklan yang anda buat tidak akan berubah bentuknya walaupun dibuka dengan ukuran yang tidak sama.

B. Kekurangan

1. Banyak ditinggalkan
Maksud banyak ditinggalkan disini bukan berarti format iklan non responsive tidak berlaku, akan tetapi iklan responsive sudah banyak menggantikan posisi iklan non responsive dikarenakan banyaknya template responsive yang digunakan pengguna blog dan website saat ini.

^^Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan, sebab Kelebihan dan Kekurangan Iklan Responsive dan Tidak Responsive hanya terletak pada ukuran yang berbeda-beda jika dilihat dari perangkat yang tidak sama, sedangkan untuk yang lain sepertinya tidak ada pengaruh yang signifikan. Jika ada tambahan yang lain, mohon menjelaskannya pada kolom komentar.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 komentar

wahhh harus di perhatikan dengan serius ini :)

Balas

kalau saya lebih suka iklan standart aja.. gak ribet.. kalo kurang pas ya tinggal ganti ukuranya :)

Balas

memang tergantung orangnya mas, kalau saya sih lebih kepada memuaskan pengunjung saja mas :D

Balas

Terimakasih penjelasannya mas.

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis