Terwujud

Lingsir Wengi Lagu Pemanggil Hantu (Benarkah?), Masih seram sampai saat ini



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Lagu Lingsir Wengi mencuat ketika disandingkan dengan sebuah kepercayaan yang berbau mistis, bayangkan saja lagu yang begitu bagus ini menjadi seram ketika dilibatkan sebagai lagu pemanggil Kuntilanak. Konon katanya bagi mereka yang berani menyanyikan lagu ini, dan saat sampai pada bait:

Lagu versi bahasa asli (Jawa)
Lagu versi bahasa Indonesia
Lingsir wengi sliramu tumeking sirno…
Ojo tangi nggonmu guling…
Awas jo ngetoro…
Aku lagi bang wingo wingo…
Jin setan kang tak utusi…
Dadyo sebarang…
Wojo lelayu sebet…
Menjelang malam, dirimu akan lenyap…
Jangan bangun dari tempat tidurmu…
Awas jangan menampakkan diri…
Aku sedang dalam kemarahan besar…
Jin dan setan yang kuperintah…
Menjadi perantara…
Untuk mencabut nyawamu…

Mereka yang telah sampai pada bait diatas dan tetap mendendangkannya, maka akan muncul sosok makhluk yang seram dan menakutkan yang dipercaya berbentuk KUNTILANAK. Hal ini disebabkan ada beberapa orang yang mempublikasikan pengakuannya dengan pengalaman pribadi bahwa mereka telah bertemu langsung dengan sosok yang menyeramkan tersebut. Baca juga Artikel yang sama yaitu Rahasia di Balik Lagu Lingsir Wengi

Namun, benarkah lagu Lingsir Wengi Lagu Pemanggil Hantu ini benar-benar nyata dan benarkah sosok Kuntilanak akan hadir ketika lagu ini dinyanyikan? perlu penulusuran yang mendalam terkait dengan hal itu.
Lingsir Wengi

Dari beberapa acuan dan sumber, maka fakta menunjukkan bahwa lagu ini merupakan lagu yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga, salah satu tokoh Islam terkenal dengan sebutan WALISONGO. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Walisongo (Sembilan Wali) merupakan ulama besar yang mengajarkan kebaikan dan memperkenalkan agama Islam di tanah jawa. Salah satu metode yang digunakan sunan Kalijaga untuk menyebarkan Agama Islam adalah dengan metode Musik dalam sebuah perwayangan.

Pewayangan merupakan pementasan dan tradisi hiburan yang menjadi kegemaran masyarakat setempat ketika itu, maka dari itulah Sunan Kalijaga menggunakan metode tersebut untuk menarik perhatian mereka dengan merubah gaya dan jalan cerita dengan peralihan cerita keagamaan.

Dapat disimpulkan bahwa lagu Lingsir Wengi bukanlah lagu Pemanggil Hantu yang sering kita dengar saat ini, sebab lagu ini merupakan lagu renungan sebuah kehidupan. Lagu ini diciptakan bertujuan untuk memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang sabar dan tabah dalam menghadapi berbagai cobaan. Lagu ini juga bermakna sebagai sentuhan doa untuk menolak bencana yang ditujukan kepada Allah swt sebagai pelindung dan penolong umat manusia seluruh alam.

Jika dilihat dari fakta nyata ini, masihkah kita berasumsi jika lagu Lingsir Wengi sebagai pemanggil Kuntilanak? tentu tidak. Memang jika didengar secara langsung, ada sedikit sentuhan mistisnya, akan tetapi sentuhan itu bukan berarti menjadikan lagu yang bagus ini menjadi lagu Pemanggil Hantu.

Perlu saya tekankan sekali lagi bahwa lagu Lingsir Wengi bukanlah lagu Pemanggil Hantu, Jika anda masih penasaran silahkan Download Lagu Lingsir Wengi.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 37 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. kepercayaan seperti ini memang harus segera diluruskan ya mas, kasihan generasi penerus kalau sampai mendapatkan informasi yang tidak benar :)

    ReplyDelete
  2. sering kali salah mengartikan sesuatu karena kekurang tahuan kita ya pak. makasih penjelasannya tentang lagu lingsir wengi ini..

    ReplyDelete
  3. Banyak yang menyalah artikan lagu ini yah mas.. terimkasih mas sharing nya.

    ReplyDelete
  4. org2 banyak yg mempercayai bahwa lagu lingsir wengi bisa mendatangkan kuntilanak atau gondoruwo, tapi sebenarnya gak benar itu ya mas.... tapi saya jadi takut kalau malam2 dengar lagu itu hehee :D

    ReplyDelete
  5. wah,, jadi mistis,, merinding jadinya

    ReplyDelete
  6. selamat Pagi Mas...saya belum pernah mendengar lingsir wengi Mas. hm Artikelnya membuat saya merinding Pagi Pagi Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pagi kan ndak seram mas, yang seram itu malam hari :D

      Delete
  7. Itu gambarnya bikin serem mas ... :D

    ReplyDelete
  8. kalo lingsir wengi dedi kempot baru pemanggil kesenengan,yang versi ini liriknya kayak aneh gitu ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. heehee begitulah mas, tapi ni baitnya bagus lho

      Delete
  9. Saya pernah coba setel lagu itu di malam hari tepatnya jam 12:00, dan tidak terjadi apa-apa tuh. Lingsir wengi ini sebenarnya menceritakan tentang cinta. Cuma karna liriknya di ganti dan mitos-mitos yg menyebar, mungkin itu yg membuat mereka takut untuk mendengarkannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar tu mas, memang lagu itu bukan pemanggil hantu :D

      Delete
  10. Saya pernah mendengar kisah lagu ini. Namun masih belum mengerti mengapa bumbu bumbu atau cerita lain menjadi penambahnya? Sama seperti lagu Genjer Genjer yang identik dengan lagu pembantaian Jendral kita oleh Partai Komunis Indonesia. Analoginya sama seperti lagu anak anak di dunia yang liriknya sebenarnya amat mengerikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin gender-gender menjadi favorit saat itu mas, dan sama dengan lagu ini, ketika ada yang seram maka lagu ini sering dinyanyikan

      Delete
  11. Lagu atau kidung ini sepertinya lagi tenar nih, padahal yang dtang bukan hantu loh kalau mendendangkan leingsiran wengi ini, kenapa musti pada takut, sedangakn di warung pela-pela banyak setan bermuka manusia ko yang berkeliaran. he,, he,,,he,,,

    Salam

    ReplyDelete
  12. wah kalau masalah ini sih saya kurang tau, tapi mungkin karena iramanya yang seperti itu jadi dianggapnya ya bisa memanggil kayak gitu...

    ReplyDelete
  13. Baru tahu ada lagu ini Pak Ibrahim, biasa yang saya tahu lagu ilir-ilir. Kalau lingsir wengi tahunya miliknya waljinah atau siapa itu yang liriknya "lingsir wengi, sepi durung biso nendro...dst", tks sharingnya Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. heeheee seram ya, tapi lagu ini tidak lagu mistis ya!

      Delete
  14. banyak orang harus baca artikel ini nih biar nggak salah mengartikan :D

    ReplyDelete
  15. Oh jadi lingsir wengi bukan lagu pemanggil hantu.. tapi kalau buat nakut nakutin temen lagu linsir wengi paling berhasil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. heehee, jangan dong mas, nanti bisa sakit jantung dia

      Delete
  16. Banyak yg mempercayai bahwa lagu lingsir wengi bisa mendatangkan kuntilanak ya mas. Betul sekali mas, harus segera diluruskan. Sekarang itu malah sering dinyanyikan penyayi dangdut hehehe

    ReplyDelete
  17. emang orang-orang pada suka mengait-ngaitkan ya pak.. lagu renungan aja bisa jadi mistis dibuatnya.. hmm

    ReplyDelete
  18. coba di test atau dipraktekin dulu mas, siapa tahu kalau pas dinyanyikan ditengah malam jumat memang bisa memanggil hantu. Nanti bisa buat materi blog..Nah judulnya, "Sumpah. Lagu Lingsir Wengi Manjur untuk Memanggil Hantu, Berikut Ceritanya." :) :0

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved