Terwujud
KomTer,Komik Online
 UsiTech

10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Anda Mengalami Diare


Diare atau kalau dikampung saya sering disebut Mencret merupakan kondisi yang tidak nyaman dan tidak menyenangkan yang terjadi pada hampir semua orang. Masalah gastrointestinal ini menyebabkan buang air besar menjadi encer, berair dan sering berlangsung. Kebanyakan orang yang terserang diare akan sembuh dengan sendirinya dan berlangsung dalam waktu yang singkat, akan tetapi apabila gejalanya berlangsung dalam waktu yang lama, maka akan mengakibatkan keadaan semakin memburuk.
Diare
Aktivitas sehari-hari ditambah dengan cara hidup akan mengkodisikan tubuh berperan dalam menanggapi berbagai penyakit seperti diare. Jika tubuh sehat, maka ketika pencernaan terserang diare dapat dipastikan proses penyembuhannya akan cepat dan mudah, namun sebaliknya, jika tubuh dalam keadaan tidak fit, bisa dipastikan penyembuhannya akan lambat dan memerlukan waktu yang cukup lama. Banyak kendala yang dihadapi terkait dengan hal itu, beberapa diantaranya seperti cara pengobatan, stres, pola makan dan lain sebagainya.

Ketika anda sedang mengalami diare, maka hal yang perlu anda perhatikan adalah menghindari beberapa jenis makanan tertentu, sebab jika hal ini tidak dihindari, bisa jadi sakit diare anda akan semakin parah dan tidak kunjung sembuh. Apa saja sih daftar makanan yang harus dihindari bagi penderita diare, berikut ulasannya dalam 10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Anda Mengalami Diare, check it out !

1. Susu
Laktosa dalam susu dan produk susu lunak lainnya, seperti keju cottage, keju krim, es krim dan krim asam, adalah sesuatu yang tidak bisa dicerna oleh usus saat Anda menderita diare. Bila Anda mengkonsumsi terlalu banyak laktosa, maka hal tersebut akan masuk ke usus dan membuat kondisi diare anda semakin parah.

2. Cabai
Makanan lain yang bisa memperparah diare adalah cabai. Senyawa capsaicin pada cabai diketahui memicu diare. Hal ini akan mengganggu lapisan perut selama pencernaan, yang berakibat pada diare dan juga akan memproduksi banyak gas, menyebabkan kembung dan sensasi terbakar pada perut.

Sebuah studi 2007 yang dipublikasikan di Neurogastroenterology & Motility menemukan bahwa bagi penderita diare yang mengkonsumsi cabai akan merasakan rasa sakit yang lebih pada perut dan rasa terbakar yang bisa mengakibatkan iritasi pada usus dibandingkan dengan orang yang sehat tanpa menderita diare.

3. Kopi
Bagi anda pecandu kopi sebaiknya jangan mengkonsumsinya dulu sebelum sakit diare anda sembuh total. Bagi penderita diare tidak dianjurkan minum kopi dikarenakan kandungan dalam kopi berupa kafein dapat membuat tinja menjadi encer atau longgar. Selain itu, efek diuretic pada kopi dapat memperburuk dehidrasi akibat diare.

Tidak saja kopi, segala jenis minuman yang mengandung kafein seperti soda juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ketika anda sakit diare sampai sakit diare anda benar-benar sembuh.

Sebagai pengganti minuman anda sekaligus sebagai obat alami untuk kesembuhan sakit diare anda, silahkan minum teh herbal bebas kafein, air jahe atau peppermint yang berfungsi menenangkan usus anda.

4. Alkohol
Alkohol adalah zat yang mengandung banyak penyakit. Alkohol yang bersifat racun akan merusak lapisan perut juga merusak metabolisme hati. Seseorang yang mengkonsumsi alkohol apalagi dengan keadaan sakit diare akan memperburuk pencernaan dan bisa membahayakan kondisi tubuh. Selain itu, alkohol juga bisa menghambat proses penyembuhan sakit diare.

5. Kacang polong
Daftar makanan selanjutnya yang harus dihindari penderita diare adalah Kacang Polong dan sejenis dengan itu seperti kacang kedelai dan kacang lima. Bertambah buruknya sakit diare anda karena mengkonsumsi kacang polong ini disebabkan proses perpindahan dari usus kecil ke usus besar.

Ketika anda sedang diare, proses pencernaan tidak stabil sehingga mengakibatkan kacang polong tidak tercerna dengan sempurna yang mengakibatkan sakit diare semakin parah dan perut menjadi kembung. Selain itu, kacang polong mempunyai kandungan yang tinggi kadar lektin yang bisa meningkatkan peradangan pada usus.

Bagi anda yang tidak menderita diare, sebaiknya konsumsi kacang polong dengan serat yang halus atau dikunyah dengan halus agar mudah dicerna, sementara bagi pendertia diare sebaiknya tidak mengkonsumsinya sampai sakit diare anda sembuh total.

6. Pengganti Gula/Pemanis buatan
Jenis lainnya yang tidak dianjurkan bagi penderita diare adalah pengganti gula atau pemanis buatan. Pengganti gula ini biasanya ditemukan pada makanan dan minuman yang menggunakan pemanis buatan seperti permen karet, permen dan lain sebagainya.

Pemanis buatan lebih lambat diproses dan diserap dibandingkan dengan gula asli, pemanis buatan cenderung mencapai usus besar tanpa diserap yang menyebabkan timbulnya penyakit diare sekaligus bakteri dalam perut akan memakan gula yang menghasilkan lebih banyak gas.

Bagi anda penderita diare sebaiknya lebih waspada dan teliti ketika membeli makanan atau minuman, hindari jenis makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan sampai sakit diare anda sembuh.

7. Kacang-kacangan
Pada poin ke 5 telah dibahas mengenai kacang polong, tidak berbeda dengan jenis kacang-kacangan yang membuat gejala diare akan semakin buruk jika dikonsumsi. Kacang sulit dicerna dan bisa memberikan iritasi pada lapisan usus yang bisa memperparah diare, menyebabkan sakit perut dan membuat perut kembung.

Maka dari itu, bagi penderita diare, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis kacang-kacangan walaupun mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit.

8. Daging Merah
Daging merah merupakan sumber nutrisi yang baik, sangat dibutuhkan waktu untuk mencernanya. Asupan pada daging merah juga meningkatkan kadar protein C-reaktif dan feritin, keduanya bersifat bahan kimia yang bisa memunculkan peradangan, dan Peradangan pada saluran pencernaan ini bisa memperburuk sakit diare Anda.

Selain itu, mengkonsumsi daging merah dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, kanker dan lain sebagainya. Bagi anda penderita diare, stop dulu mengkonsumsi daging merah sampai diare anda sembuh.

9. Buah Jeruk
Kandungan zat pada jeruk jika dikonsumsi akan membuat proses pencernaan longgar. Bagi penderita susah buang kotoran (BAB), maka hal ini sangat baik, akan tetapi bagi penderita diare tentu akan membuat sakitnya semakin memburuk.

10. Sayuran tertentu
Bagi anda penderita diare, sebaiknya tidak mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, kembang kol, kol, dan asinan kubis. Sayuran tersebut mengandung kadar karbohidrat kompleks yang sulit dicerna serta seratnya yang tidak larut sehingga dapat memperburuk diare.

Tips mempercepat pemulihan Sakit diare anda
Bagi anda yang menderita sakit diare dan ingin sakit tersebut cepat sembuh, maka sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi makanan yang disebutkan di atas. Selain itu, untuk mempercepat proses penyembuhan diare, anda bisa mengkonsumsi jenis makanan yang bisa menyembuhkan diare.

Jenis makanan yang bisa mempercepat pemulihan diare diantaranya kentang, nasi putih, Pisang, Sereal, Saus apel, Apel, Roti, jelly, Yoghurt, Kentang rebus dan lainnya. Ketika anda makan, sebaiknya tidak makan dalam jumlah yang banyak. Anda bisa makan dalam jumlah sedikit tapi melakukannya secara rutin, hal ini bertujuan untuk meminimalkan diare anda.

Satu lagi yang paling utama yaitu banyak minum air putih agar terhindar dari resiko dehidrasi. Semoga bermanfaat, terima kasih !.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

tapi aku suka bnget sama cabai :(

Balas

mitos gak sih kalo diare kita minum kopi pahit tanpa gula kita sembuh,
pengalaman ane kalo emang bener sembuh...
ada kajian klinisnya gak om?

Balas

ane juga suka banget sama cabai. kalo gak meler gak asik

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis