Terwujud

5 Jenis Makanan Yang Baik untuk dikonsumsi saat Berbuka Puasa



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
5 Jenis Makanan Yang Baik untuk dikonsumsi saat Berbuka Puasa ~ Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bulan ramadhan adalah bulan suci dimana setiap umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Makna puasa secara mendalam adalah menahan dari segala yang membatalkan baik dari sisi jasmani maupun rohani.
Berbuka Puasa, Makanan
Terkait dengan makanan, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang jenis makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa dan setelah itu. Dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang tepat, maka hal itu akan baik untuk kesehatan jasmani tubuh. Berikut akan dijelaskan tentang 5 Jenis Makanan Yang Baik untuk dikonsumsi saat Berbuka Puasa.

1. Konsumsi Kurma
Hmm, memang harus diakui jika bulan puasa telah tiba, maka Kurma termasuk jenis makanan yang tidak akan hialng dari hidangan pembuka. Kurma mengandung zat yang kaya akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa dengan kadar kalori rendah, hal ini sangat efektif untuk mengembalikan energi pada sel-sel otak, sel syaraf, sel tulang belakang, sel darah merah dan seluruh tubuh. Selain itu, kandungan garam pada Kurma juga amat bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dalam darah.

Untuk vitamin, kurma juga ndak akan mau kalah. Kandungan vitamin pada kurma terdapat Vitamin A, B12, B2 dan juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, natrium, fosfor dan lainnya. So, jangan lupa makan kurma ya !

2. Minumlah Madu
Wah, madu juga bagus untuk berbuka puasa ya sobat. Memang banyak sekali manfaat madu, beberapa diantaranya adalah mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menyembuhkan hampir semua penyakit. Kandungan karbohidrat (glukosa dan fruktosa) yang langsung cepat diserap tubuh akan berfungsi untuk mengembalikan energi dan stamina untuk tubuh kita.

Manfaat besar mengkonsumsi madu saat berbuka puasa juga akan memberikan vitamin dan mineral untuk tubuh kita, hal itu karena madu mengandung kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, phosphor, sulfur dan mangan. Madu juga dapat melancarkan metabolisme dan mengatasi gangguan pencernaan. Jadi, siapkan madu di rumah ya sobat.

3. Jangan lupakan Buah-Buahan
Buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Buah dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi dehidrasi setelah berpuasa satu hari penuh. Buah-buahan sangat mudah dicerna usus, maka dari itu anjuran ini sangat efektif untuk kita lakukan.

Sedangkan pilihan buah yang bisa anda konsumsi adalah buah yang banyak mengandung serat, mudah dicerna dan mengandung kadar gula (buah manis) seperti pisang, apel, pepaya, melon, anggur dan lain sebagainya.

4. Makanlah Sayur-Sayuran
Saat lambung kita istirahat satu harian, maka ketika hendak berbuka tubuh membutuhkan jenis makanan yang mudah dicerna, hal itu karena ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang. Apabila yang kita konsumsi terdapat makanan yang berat saat berbuka puasa, lambung akan shock dan bekerja lebih berat, tentunya ini tidak baik untuk kesehatan.

Nah, jenis makanan yang mudah dicerna oleh lambung adalah sayur-sayuran. Di dalam sayuran hijau (rekomondasi) banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti serat, mineral, protein, vitamin C, K dan asam folat. Kandungan zat besi pada sayuran juga amat baik sekali untuk meningkatkan tekanan darah bagi penderita anemia, dan ini juga dapat melancarkan proses pencernaan dan pengeluaran racun dalam tubuh.

5. Ikan
Ketika anda selesai shalat maghrib, maka tiba saatnya untuk makan nasi. Nah, pendamping nasi yang tepat selain buah, sayur dan air putih adalah Ikan. Bagaimana pun banyaknya anda makan Ikan, maka efek samping yang timbul amat sedikit, hal itu karena ikan mengandung Protein, berbeda dengan daging yang bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti kolesterol jika dikonsumsi terlalu banyak.

Ikan banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, hal itu karena daging ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, antioksidan, protein hewani, vitamin D dan B2 serta sejumlah mineral. Kandungan pada omega 3 (EPA dan DHA) pada ikan membuat pertumbuhan sel saraf otak dengan baik, melancarkan peredaran darah, menjaga keseahtan jantung, mencegah peradangan, menjaga organ penglihatan dan baik untuk tulang. So, jangan lewatkan mengkonsumsi ikan ya !

^^ Sebenaranya masih ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa dan setelah itu, namun 5 Jenis Makanan Yang Baik untuk dikonsumsi saat Berbuka Puasa di atas adalah makanan yang tidak bisa kita hilangkan jika mau sehat.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 38 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Kang sayamah pak buka. biasanya di awali kolek atau sirup. kalo makannya kurma suka dapat di mesjid. hehehe
    Mudah - mudahan ramadan kali ini mendapatkan malam lailatur qadar kang. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini saya di kasih kurmanya mas, enak tuh kayaknya

      Delete
    2. asik ada yang mau ngasih. sok atuh kang siniin

      Delete
    3. sayadong...selalu berbuka dengan Kurma nabi di kasih sama yang baru pulang umroh, dan ikan berbagai jenisnya selalu tersedia di meja makan.

      Delete
  2. banyak mengkonsumsi buah yang mengandung asupan gizi yang baik akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kita bisa menjalani puasa dengan kondisi sehat bugar ya pak, semangat menjalani puasanya

    ReplyDelete
  3. saya suka konsumsi buah mas, untuk berbuka maupun cemilan biasanya pada bulan puasa sering makan buah-buahan

    ReplyDelete
  4. hihi kalau saya langsung minum es cendol :D gk sehat sih sebenarnya tapi ya gimana enak sih

    ReplyDelete
  5. Kalau saya selalu mendahulukan makan kurma mas soalnya sangat dianjurkan setelah itu baru makan yang lainnya

    ReplyDelete
  6. Yang penting kalau waktu buka puasa tiba, perut jangan langsung dihajar pakai minuman dingin yang segar, denger2 malah ga baik itu mas. Mungkin minuman yang hangat atau pengalaman kadang dengan segelas teh manis hangat sudah cukup mengobati dahaga dan lapar ketika berpuasa satu hari penuh.

    ReplyDelete
  7. Kalau berbuka memang harus diawali dengan yang manis-manis ya. Saya biasanya minum teh manis sama gorengan yang di dapat dari takjil masjid. Untuk makan dengan porsi besarnya setelah shalat terawih...

    ReplyDelete
  8. puasa besok mas, kalau dimakan sekaligu 5 5 nya udah kenyang itu ya

    ReplyDelete
  9. buka puasa biasanya makan kolek pisang

    ReplyDelete
  10. Kalo untuk orang pulau kayak saya...harus ada ikan

    ReplyDelete
  11. jangan makan hasil berbuat jahat aja ya.. hihi

    ReplyDelete
  12. Saya kalo buka biasanya cuma minum teh Manis dulu kang, trs abis sholat mgarib baru maem kolak deh :)
    Selamat menunaikan Ibadah Puasa ya Kang :)

    ReplyDelete
  13. yang belum pernah saya coba yaitu madu mas saat berbuka puasa.
    makasih mas infonya

    ReplyDelete
  14. buka puasa pake kurma bagus tuh, bisa meningkatkan gula darah yang hilang selama puasa

    ReplyDelete
  15. mantep nih... makasih banyak pengingatnya :) jd keingetan nih blum nyetok kurma...

    ReplyDelete
  16. saya yang utama minum air putih sama kurma dulu mas :)

    ReplyDelete
  17. Saya suka minum madu untuk menjaga stamina tubuh mas?

    ReplyDelete
  18. Biasanya pas waktu berbuka ,kalau saya suka minum es kelapa muda dlu Pak, baru dilanjut makan buah kurma :D

    ReplyDelete
  19. Saya nggak suka kurma nggak suka juga ikan tapi masih ada sayuran dan buah-buahan untuk melengkapi menu buka puasa saya nanti hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu kita buka puasa bareng aja mbak? mau gak....saya tunggu di depan gang yaaa

      Delete
  20. kalo aku pas buka puasa lebih sering yg pertama minum es teh manis sama kurma 3 biji. mas, hehehe..
    lebih irit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak ada kurma, jambu juga bagus dra...bisa menghilangkan resiko dehidrasi ringan.

      Delete
  21. yang paling bagus berbuka dengan kurma. selain manis juga baik pada kesehatan

    ReplyDelete
  22. beberapa udah bisa diterapkan....tambah air putih yang banyak juga mas. namun kalau dua hari kemarin puasa selalu mengkonsumsi cincau untuk menurunkan panas dalam dan menghilangkan dahaga sehabis berpuasa.

    ReplyDelete
  23. Kalo pas buka puasa (takjil) sama minuman dingin kaya es kelapa atau sop buah baik gak tuh mas untuk tubuh?

    ReplyDelete
  24. Yg manis-manis, yg seger-seger, dan yg mengandung protein tinggi, ya :D

    ReplyDelete
  25. termasuk makanan kurma tuh yang sering saya cicipi kalau buka puasa :)

    ReplyDelete
  26. ALhamdulillah, semua daftar makanan di atas selalu tersedia setiap saya buka

    ReplyDelete
  27. Pokoknya asal buka bareng yang manis dan cantik, apapun jadi baik deh, hehe

    ReplyDelete
  28. beeeh saya sukanya ikan kang tapi di cocol sambel , gimana tuh ?

    ReplyDelete
  29. ikan bakar, kurma, madu, buah bener bener kesukaan saya tuh,
    pokoknya semua yang manis manis dan gurih entah itu ikan atau ayam
    cocok banget sama saya hehehh..

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. Minum air putih dahulukan kalo saya buka puasa baru makan buah buahan....

    ReplyDelete
  32. Minum air putih dahulukan kalo saya buka puasa baru makan buah buahan....

    ReplyDelete
  33. memang lebih enak makanan yang sederhana saja ya buat berbuka puasa mah salam kenal Ayokuliner.com

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved