Terwujud

Tahukah anda jika Komputer ini berusia 2000 Tahun



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Ternyata komputer sudah ada sejak zaman purba atau sudah mencapai 2000 tahun dari sekarang, waw !. komputer ini bernama Antikythera yang ditemukan pada tahun 1901. Antikythera merupakan komputer yang ditemukan pada sebuah bangkai kapal yang tenggelam. Sampai saat ini, Antikythera masih menjadi komputer tertua dalam sejarah sains dan ilmu pengetahuan teknologi. (Baca juga: Pengertian dan Fungsi Power Supply )
computer antikythera
Ketika komputer Antikythera ditemukan, keberadaannya tidak begitu menjadi hal yang mengejutkan, mengapa? hal itu karena tidak ada yang mengerti cara kerja dan kegunaanya. Dikabarkan bahwa, komputer ini diciptakan pada tahun 100 SM, dan sebagaimana yang dijelaskan melalui berita sejarah dari liputan6.com, hampir 2000 tahun umur komputer tersebut, akan tetapi tidak ada yang tahu fungsi dan kegunaanya.

Akhirnya terungkap juga
Menggunakan proses tomografi sinar X yang dilakukan pada komputer ini (tahun 2006), maka terungkaplah jika komputer tersebut berfungsi sebagai alat mekanis yang terdiri dari susunan gigi gerigi dengan tingkat kerumitan yang luar biasa. (Lihat juga: Mobil~Pengertian, Sejarah, Inovasi, Keamanan, Industri dan Bagian Mobil )

Adapun fungsi komputer Antikythera adalah untuk memperkirakan peristiwa-peristiwa angkasa termasuk menghitung gerhana. Dengan studi lanjut yaitu dengan membuat tiruan komputer Antikythera, maka selama 30 hari, akhirnya terbentuklah komputer Antikythera tiruan yang bertujuan untuk mengetahui fungsinya secara spesifik.

Fungsi Mekanis Komputer Antikythera
Ketika proses tiruan Antikythera dibuat, maka dapat diketahui apa saja unsur yang ada pada komputer ini, hal itu terdiri dari:
  • 4 ruang gigi
  • Gigi-gigi mekanis melengkapi satu gerakan setelah 47 gerakan
  • Bagian belakang, melakukan putaran 5-19
^^Dari kombinasi melalui mekanisme unsur komputer tersebut, dapat disimpulkan jika komputer ini berfungsi sebagai alat penghitung kelender tanggal gerhana. (luar biasa)


Nurjannah
Biodata Penulis
Nama: Siti Nurjannah (Mahasiswi UIN-SU)
Motto: Hidup adalah Perjuangan mencari Ridha Allah swt.

Ucapan Terima Kasih
Sebagai Admin Terwujud.com, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena telah rela dan ikhlas menyumbangkan hasil karyanya. Mudah-mudahan karya tersebut memberi manfaat dan pembelajaran khususnya tentang Sejarah. Salam Hormat, Ibrahim Lubis.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 24 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Waah, ternyata pada tahun 1901 udah ada komputer namun masih berbentuk seperti itu .. kereen mas ..
    cara penggunaannya kayak yang susah, beda dengan jaman sekarang, tinggal ketik di keybord .. gampang ..
    Sukses buat penulisnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, saya aja baru tahu ni setelah mbak Siti mengirimkan artikelnya ke sini :D

      Delete
  2. waw 2000 tahun. brarti manusia sudah sangat pintar ya dari zaman dulu. jgn2 kisah atlantis itu bner juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mas, perlu banyak belajar lagi kita ya :D

      Delete
  3. Saya yakin peradabapan manusia terdahulu lebih canggih dan akurat, sayangya kita saja yg belum menggali lebih dalam tentang teknologi yg ada di alam semesta ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah sejarah ya kang, kalau kita mau menggalinya lagi, tentu akan ada sejarah-sejarah baru yang luar biasa :D

      Delete
  4. Gile ini mirip di pelem-pelem gitu. Orang jaman dulu sudah bisa memperkirakan kapan gerhana pakai komputer ini. Mantap juga yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pintar, memang harus kita akui orang zaman dulu ya mas :D

      Delete
  5. hebat banget ya. zaman dulu bisa menciptakan teknologi komputer seperti itu. mantep

    ReplyDelete
  6. 2000 tahun, wah berapa keturunan itu pak hehe. saya kira ini bisa di filmkan pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga aja ada yang berniat mem-filmkan-nya ya mas :D

      Delete
  7. waduh buset dah, sampai sekarang masih bisa digunakan ga ya mas ?

    ReplyDelete
  8. Luar biasa, ternyata komputer ini berfungsi untuk urusan astronomi, pak Ibrahim...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pak, yang saya bingung, tu cara menciptakan ide nya gimana mereka ya heehee

      Delete
  9. Komputer jadul tapi canggihnya melebihi jaman sekarang/ OMG!

    ReplyDelete
  10. wah itu ternyata komputer ya..?
    kirain jam. hehe..

    ReplyDelete
  11. bukannya sebelum ada komputer itu mesin ketik dulu ya mas,,hhh

    ReplyDelete
  12. awalnya ngga yakin, tapi setelah baca tuntas baru mengerti jika komputer tersebut memang benar telah berusia 2000 tahun..luar biasa banget ya

    ReplyDelete
  13. Sayangnya jaman dulu ngak ada internet ya...
    Kalo ada mungkin udah dipeke pesbukan he..

    ReplyDelete
  14. dulunya saya sempat berpikir kalau enigma (mesin sandi jerman pada perang dunia II) yang menjadi ide awal untuk membuat sebuah komputer, ternyata setelah saya berselancar...ide komputer itu cukup unik, dia merupakanb gabungan dari televisi, mesin ketik, dan alat pengirim sandi morse yang di enkripsi dan disambungkan via satelit. akhirnya jadilah komputer, termasuk sistem kerja Antikythera ini kali ya mas?

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved