Terwujud

Kelebihan Dan Kekurangan Generator Set Diesel



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Ada beberapa manfaat menggunakan generator listrik / diesel. Salah satu keuntungan utamanya adalah dari sisi penghematan. Ya, generator listrik (genset) termasuk perangkat mesin ekonomis. Artinya dengan menggunakan genset dapat menghemat biaya listrik. Namun bagaimanapun sangat penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan sebelum berpikir untuk membeli sebuah genset untuk digunakan di rumah.
Generator Set Diesel
Genset banyak sekali variannya, ada yang menggunakan bahan bakar bensin maupun solar. Genset dengan bahan bakar solar (mesin diesel) jauh lebih disukai daripada genset jenis lain. Genset jenis diesel ini banyak digunakan karena telah terbukti dapat diandalkan untuk perangkat elektronik rumahan seperti lemari es, televisi, dan perangkat elektronik lainnya. Bahkan untuk peralatan medis sekalipun. Namun perlu untuk melihat kelebihan dan kekurangan ketika memutuskan untuk membeli genset diesel, agar lebih tahu spesifikasinya dan tidak akan berbuah penyesalan di kemudian hari.

Keuntungan
1. Salah satu keuntungan yang paling penting adalah efisiensi bahan bakar. Genset bermesin diesel menggunakan bahan bakar jauh lebih sedikit daripada genset jenis lain. Ada beberapa genset diesel yang hanya menggunakan setengah dari jumlah bahan bakar, dibanding genset yang menggunakan bahan bakar bensin, meskipun mempunyai kapasitas yang sama. Maka genset bermesin diesel adalah pilihan yang tepat untuk digunakan di rumah karena mampu memasok listrik non stop dengan biaya yang relatif lebih hemat dibanding genset mesin bensin.

2. Selain lebih hemat bahan bakar, menggunakan genset bermesin diesel juga jauh lebih menguntungkan dari sisi maintainance. Selain perangkat-perangkatnya yang bisa dibilang lebih tahan lama jika dibanding genset jenis lain, dari segi perawatannya pun relatif lebih mudah. Nah, terbukti kan kalau genset mesin diesel lebih hemat biaya.

3. Mesin diesel sendiri jauh lebih tahan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Mesinnya pun bisa beroperasi sesering mungkin, karena ada jenis mesin diesel yang mempunyai pendingin udara tersendiri.
4. Selama mesin diesel dirawat dengan baik juga dikontrol secara berkala, maka genset jenis ini bisa lebih tahan lama dibanding jenis genset lainnya.

Kekurangan
1. Genset diesel terdiri dari bagian-bagian besar dan berat yang mengakibatkan biaya perbaikan komponen yang lebih tinggi jika terjadi kerusakan.

2. Mesin genset diesel tidak sebersih mesin genset jenis lain dalam hal proses pembakaran.

3. Suara yang dihasilkan genset diesel sewaktu beroperasi agak bising dibanding genset jenis lain dikarenakan proses pembakaran berbeda antara mesin diesel dengan mesin bensin.

Meskipun memiliki kelemahan-kelemahan, beberapa orang meyakini bahwa genset diesel adalah pilihan yang tepat dalam menghemat pengeluaran. Tidak peduli meski harus sedikit bersusah payah ketika akan menghidupkan genset diesel, namun hal tersebut sebanding dengan penghematan yang didapat. Dan jika dinilai secara garis besar, genset diesel masih jauh lebih efektif daripada generator lain dan itulah sebabnya genset diesel lebih populer dan digunakan oleh banyak kalangan.


Mandala Dewantara
Biodata Penulis
Nama: Mandala Dewantara
Website: www.carigenset.com
Google Plus: +AhmadMandalaDewantara
Motto: Bersama Belajar Berbagi

Ucapan Terima Kasih
Sebagai Admin Terwujud.com, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena telah rela dan ikhlas menyumbangkan hasil karyanya. Mudah-mudahan karya tersebut memberi manfaat dan pembelajaran khususnya tentang Mesin. Salam Hormat, Ibrahim Lubis.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

1 komentar:

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Iya kang bener klo generator diesel klo sedang operasi suka bising apalagi kalo mesinnya jarang di rawat

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved