Terwujud

Demam Tifoid: Gejala, Penyebab, Diagnosis & pengobatan Yang harus kamu ketahui



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Demam tifoid jarang terjadi di negara-negara industri. Namun, tetap menjadi ancaman kesehatan yang serius di negara berkembang, terutama untuk anak-anak.
 tifoid
Demam tifoid menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi atau melalui kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi.
Tanda dan gejala biasanya termasuk demam tinggi, sakit kepala, sakit perut, dan sembelit atau diare
Kebanyakan penderita demam tifoid merasa lebih baik dalam beberapa hari setelah memulai pengobatan antibiotik, meskipun sejumlah kecil dari mereka mungkin meninggal karena komplikasi. Vaksin terhadap demam tifoid tersedia, tetapi mereka hanya sebagian efektif. Vaksin biasanya disediakan bagi mereka yang mungkin terkena penyakit atau bepergian ke daerah di mana demam tifoid sering terjadi.

A. Gejala Tifoid
Tanda dan gejala cenderung berkembang secara bertahap - sering muncul satu hingga tiga minggu setelah terpapar penyakit.

Penyakit awal
Begitu tanda dan gejala muncul, kemungkinan Anda akan mengalami:
  • Demam yang mulai rendah dan meningkat setiap hari, mungkin mencapai setinggi 104,9 F (40,5 C)
  • Sakit kepala
  • Kelemahan dan kelelahan
  • Nyeri otot
  • Berkeringat
  • Batuk kering
  • Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan
  • Sakit perut
  • Diare atau sembelit
  • Ruam
  • Perut yang sangat bengkak
  • Penyakit nanti
Jika Anda tidak menerima perawatan, Anda dapat:
  • Menjadi mengigau
  • Berbaring tidak bergerak dan lelah dengan mata setengah tertutup, yang dikenal sebagai keadaan tifoid 
  • Selain itu, komplikasi yang mengancam jiwa sering berkembang saat ini.
  • Pada beberapa orang, tanda dan gejala dapat kembali hingga dua minggu setelah demam mereda.
B. Kapan harus ke dokter
Segera periksa ke dokter jika Anda mencurigai Anda menderita demam tifoid. Jika Anda berasal dari Amerika Serikat dan jatuh sakit saat bepergian di negara asing, hubungi Konsulat AS untuk daftar dokter. Lebih baik lagi, cari tahu terlebih dahulu tentang perawatan medis di area yang akan Anda kunjungi, dan bawa daftar nama, alamat dan nomor telepon dokter yang direkomendasikan.

Jika Anda mengembangkan tanda dan gejala setelah Anda pulang ke rumah, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter yang berfokus pada penyakit menular. Seorang spesialis mungkin dapat mengenali dan mengobati penyakit Anda lebih cepat daripada dokter yang tidak akrab dengan bidang-bidang ini.

C. Penyebab Tifoid
Demam tifoid disebabkan oleh bakteri jahat yang disebut Salmonella typhi. Meskipun mereka terkait, Salmonella typhi dan bakteri yang bertanggung jawab untuk salmonellosis, infeksi usus serius lainnya, tidak sama.

Bakteri yang menyebabkan demam tifoid menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi dan kadang-kadang melalui kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi. Di negara berkembang, di mana demam tifoid didirikan (endemik), sebagian besar kasus disebabkan oleh air minum yang tercemar dan sanitasi yang buruk. Mayoritas orang di negara industri mengambil bakteri tifus saat bepergian dan menyebarkannya ke orang lain melalui rute fecal-oral.

Ini berarti Salmonella typhi dilewatkan dalam tinja dan kadang-kadang di urin orang yang terinfeksi. Anda dapat tertular infeksi jika Anda makan makanan yang ditangani oleh seseorang dengan demam tifoid yang belum dicuci dengan hati-hati setelah menggunakan toilet. Anda juga bisa terinfeksi oleh air minum yang terkontaminasi dengan bakteri.

Bahkan setelah pengobatan dengan antibiotik, sejumlah kecil orang yang sembuh dari demam tifoid terus menyimpan bakteri di saluran usus atau empedu, sering selama bertahun-tahun. Orang-orang ini, yang disebut pembawa kronis, mengeluarkan bakteri dalam kotoran mereka dan mampu menginfeksi orang lain, meskipun mereka tidak lagi memiliki tanda atau gejala penyakit itu sendiri.

D. Faktor risiko Tifoid
Demam tifoid tetap menjadi ancaman serius di seluruh dunia - terutama di negara berkembang - mempengaruhi sekitar 26 juta orang atau lebih setiap tahun. Penyakit ini terbentuk (endemik) di India, Asia Tenggara, Afrika, Amerika Selatan dan banyak daerah lainnya. Di seluruh dunia, anak-anak berisiko besar terkena penyakit ini, meskipun mereka umumnya memiliki gejala yang lebih ringan daripada orang dewasa.
  • Jika Anda tinggal di negara tempat yang demam tifoid jarang terjadi, maka sangat berisiko tinggi jika Anda: 
  • Bekerja di atau bepergian ke daerah di mana demam tifoid didirikan (endemik)
  • Bekerja sebagai ahli mikrobiologi klinis yang menangani bakteri Salmonella typhi
  • Memiliki kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi atau baru-baru ini terinfeksi demam tifoid
  • Minum air yang terkontaminasi oleh kotoran yang mengandung Salmonella typhi 
E. Komplikasi Demam Tifoid
Pendarahan usus atau lubang
Komplikasi paling serius dari demam tifoid - pendarahan usus atau lubang (perforasi) di usus - dapat berkembang pada minggu ketiga penyakit. Usus berlubang terjadi ketika usus kecil atau usus besar Anda mengembangkan lubang, menyebabkan isi usus bocor ke dalam rongga perut dan memicu tanda dan gejala seperti sakit perut yang parah, mual, muntah dan infeksi aliran darah (sepsis). Komplikasi yang mengancam jiwa ini membutuhkan perawatan medis segera.
  • Komplikasi lain yang mungkin termasuk:
  • Peradangan otot jantung (miokarditis)
  • Radang selaput jantung dan katup (endokarditis)
  • Pneumonia
  • Peradangan pankreas (pankreatitis)
  • Infeksi ginjal atau kandung kemih
  • Infeksi dan radang selaput dan cairan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang (meningitis)
  • Masalah kejiwaan, seperti delirium, halusinasi, dan psikosis paranoid
Dengan pengobatan yang cepat, hampir semua orang di negara-negara industri pulih dari demam tifoid. Tanpa pengobatan, beberapa orang mungkin tidak bertahan dari komplikasi penyakit.

F. Pencegahan Demam Tifoid
Di banyak negara berkembang, tujuan kesehatan masyarakat yang dapat membantu mencegah dan mengendalikan demam tifoid adalah air minum yang aman, sanitasi yang baik dan perawatan medis yang memadai yang mungkin sulit untuk dicapai. Oleh karena itu, beberapa ahli percaya bahwa memvaksinasi populasi berisiko tinggi adalah cara terbaik untuk mengendalikan demam tifoid.
Vaksin dianjurkan jika Anda tinggal di atau Anda bepergian ke daerah-daerah di mana risiko terkena demam tifoid tinggi. 
G. Vaksin
Dua vaksin tersedia.
Satu disuntikkan dalam dosis tunggal setidaknya satu minggu sebelum perjalanan.
Satu diberikan secara oral dalam empat kapsul, dengan satu kapsul harus diambil setiap hari.

Baik vaksin 100 persen efektif, dan keduanya memerlukan imunisasi ulang, karena efektivitas vaksin berkurang dari waktu ke waktu.

Karena vaksin tidak akan memberikan perlindungan lengkap, ikuti panduan ini saat bepergian ke area berisiko tinggi:
  • Cuci tanganmu. Sering mencuci tangan di air sabun yang panas adalah cara terbaik untuk mengendalikan infeksi. Cuci sebelum makan atau menyiapkan makanan dan setelah menggunakan toilet. Bawalah pembersih tangan berbahan dasar alkohol untuk saat-saat ketika air tidak tersedia.
  • Hindari minum air yang tidak diolah. Air minum yang terkontaminasi adalah masalah khusus di daerah di mana demam tifoid adalah endemik. Untuk alasan itu, minumlah hanya air kemasan atau minuman kaleng berkaleng atau botolan, anggur dan bir. Air botol bersoda lebih aman dari air botol yang tidak terkarbonasi.
  • Minta minuman tanpa es. Gunakan air kemasan untuk menyikat gigi, dan cobalah untuk tidak menelan air di kamar mandi.
  • Hindari buah dan sayuran mentah. Karena hasil mentah mungkin telah dicuci dalam air yang tidak aman, hindari buah-buahan dan sayuran yang tidak bisa Anda kupas, terutama selada. Untuk benar-benar aman, Anda mungkin ingin menghindari makanan mentah sepenuhnya.
  • Pilih makanan panas. Hindari makanan yang disimpan atau disajikan pada suhu kamar. Mengukus makanan panas adalah yang terbaik. Dan meskipun tidak ada jaminan bahwa makanan yang disajikan di restoran terbaik aman, sebaiknya hindari makanan dari pedagang kaki lima - kemungkinan besar akan terkontaminasi. 
H. Cegah agar tidak menginfeksi orang lain
Jika Anda pulih dari demam tifoid, langkah-langkah ini dapat membantu menjaga orang lain tetap aman:
  • Minumlah antibiotik Anda. Ikuti instruksi dokter Anda untuk mengambil antibiotik Anda, dan pastikan untuk menyelesaikan seluruh resep.
  • Cuci tanganmu sering. Ini adalah hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain. Gunakan air sabun hangat dan scrub secara menyeluruh selama minimal 30 detik, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.
  • Hindari penanganan makanan. Hindari menyiapkan makanan untuk orang lain sampai dokter mengatakan Anda tidak lagi menular. Jika Anda bekerja di industri jasa makanan atau fasilitas perawatan kesehatan, Anda tidak akan diizinkan untuk kembali bekerja sampai tes menunjukkan bahwa Anda tidak lagi membuang bakteri tifus.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

1 komentar:

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved