Terwujud

Selain bermanfaat, Ternyata Buah Pisang Ngak Cocok Untuk Sarapan Pagi, Lho kok Bisa ?



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Hai sobat apa kabar ni, sehat semua kan !. Oya, baru saja saya ketemu tulisan dari situs kesehatan yang menyatakan bahwa ternyata Buah Pisang itu ngak cocok buat sarapan, Whaaaat .. saya terkejut dong, sebab selama ini saya beranggapan bahwa pisang itu bisa jadi pengganti sarapan nasi, dan ini saya amalkan untuk anak saya jika dia tidak mau sarapan pagi dengan nasi.

Buah Pisang, pisang, buah

Tapi guys, sebelum mengetahui apa sih yang menyebabkan Buah Pisang ngak cocok untuk sarapan pagi, sebaiknya sobat tau dulu apa sih manfaat pisang untuk kesehatan kita, nah daripada menunggu lama, ini dia manfaat pisang, check it out !

Enaknya makan pisang dan Manfaatnya untuk kesehatan
Oya guys, pakar kesehatan menyebut pisang sebagai salah satu buah yang amat baik untuk kesehatan tubuh, jika sobat terwujud.com rajin mengkonsumsi pisang setiap hari, maka sobat akan mendapat berbagai manfaat dan dampak positif untuk sobat, apa saja ya dampaknya?

1. Berat badan akan terjaga
Ooo, ternyata buah Pisang termasuk sebagai buah yang tinggi kandungan nutrisi yang menyehatkan. Selain itu, serat, kalium dan magnesium dalam pisang yang sangat dibutuhkan tubuh sangat mampu dan berfungsi untuk mengontrol keseimbangan tubuh sehingga berat badan tubuh tetap terjaga bahkan, pisang bisa menurunkan berat badan kamu guys jika kamu masuk dalam kategori Genduuuut wkwkwkwkw…

2. Pencernaan bermasalah, beri pisang aja !
Kandungan serat pada buah pisang sangatlah tinggi, maka dengan rutin mengonsumsinya bisa membuat laju pencernaan berjalan dengan lancar. Kita pun tidak akan mudah mengalami masalah sembelit atau gangguan pencernaan lainnya.
Coba Baca yang ini !
3. Ternyata Pisang Bisa Mencegah Kram Otot
Pada kandungan kalium dan magnesium yang jumlahnya cukup tinggi di dalam pisang ternyata bisa membuat keseimbangan elektrolit di dalam tubuh untuk selalu terjaga. Selain itu, kandungan kalium dan magnesium pada pisang juga sangat bermanfaat untuk menurunnya risiko terkena kram otot.

4. Sobat Anemia?, Pisang bisa mencengahnya
Oya sobat, para Pakar kesehatan menyebutkan jika pisang merupakan salah satu buah yang bisa membantu untuk mencegah anemia. Bahkan, bagi pengidap masalah anemia yang susah hilang, sangat disarankan untuk mengonsumsinya demi meredakannya. Mengapa pisang bisa mencegah anemia?, ternyata dalam kandungan pisang terdapat zat besi yang cukup tinggi dimana akan berfungsi dalam beberapa hal salah satunya dapat mencegah anemia.

5. Wow, Pisang juga dapat Memperbaiki Kesehatan Mental
Sobat percaya ngak kalau pisang bisa memperbaiki mental yang sakit, lho kok bisa?, jelas bisalah, kan pisang itu mempunyai kandungan triptofan yang tinggi. Nah, kandungan ini bisa merangsang produksi hormon serotonin yang bisa mencegah stres, meningkatkan suasana hati, dan menurunkan risiko terkena gangguan kesehatan mental layaknya depresi. Sobat lagi stress, coba deh makan pisang !
6. Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan kalium yang tinggi di dalam buah pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini berarti, rutin mengonsumsinya mampu mencegah datangnya hipertensi.

Pisang Ngak Cocok Untuk Sarapan Pagi, Ternyata ini Penyebabnya
Harus diakui jika pisang sering dijadikan menu sarapan pagi oleh sebagian orang, selain praktis dan enak ternyata banyak yang berasumsi jika pisang dapat mengenyangkan sehingga pisang bisa menggantikan posisi nasi. Namun, ada pendapat para pakar kesehatan jika pisang tidak dianjurkan untuk dijadikan menu sarapan pagi, mengapa demikian?

Pengaruh Makan Pisang untuk Sarapan pagi
Sebagaimana yang diungkapkan oleh Pakar kesehatan dr. Daryl Gioffre berpendapat untuk tidak mengkonsumsi pisang saat sarapan pagi. Ternyata mengonsumsi pisang saat sarapan pagi tidak dianjurkan karena adanya kandungan kalium dan vitamin B6 yang bisa memberikan dampak kurang baik jika dikonsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan gula dan asam mirip seperti kandungan buah mangga.
"Tidak dianjurkan makan pisang saat sarapan pagi karena pisang mengandung kalium, vitamin B6, gula dan asam” yang tidak baik dimakan saat perut kosong”.
“Kandungan gula di dalam pisang mencapai 25 persen. Sifat dari buah ini juga cenderung asam. Jika dikonsumsi saat perut dalam kondisi kosong, dikhawatirkan akan menyebabkan sensasi tidak nyaman pada lambung. Selain itu, buah ini juga cenderung sangat mudah dicerna oleh perut. Awalnya memang bisa memberikan sensasi kenyang, namun kemudian rasa lapar akan lebih cepat muncul dan kita pun akan lebih mudah tertarik ngemil makanan yang tidak sehat,” terang dr. Gioffre

Ini dia waktu yang tepat makan buah Pisang?
Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa Dr. Gioffre tidak menyarankan makan pisang untuk sarapan, dan beliau juga berpendapat bahwa pisang juga tidak baik untuk dimakan ternyata setelah makan. Jadi kalau begitu, kapan sih waktu makan buah pisang yang tepat?,

Nah jangan khawatir bagi sobat penikmat pisang, kamu bisa makan pisang di antara waktu makan, selain itu buah Pisang juga bisa dikonsumsi dengan makanan yang bisa menetralkan sifat asamnya.
"Disarankan makan pisang diantara waktu makan dan waktu malam. Jika harus makan pisang, bisa juga ditemani oleh jenis makanan yang menetralkan asamnya."
Selain itu ada juga pendapat dari Pakar kesehatan yang menyarankan untuk makan pisang di waktu malam saja. Tidak hanya bisa membantu perut terisi, mengonsumsi pisang di malam hari bisa mendukung kualitas tidur. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalamnya yang bisa membuat produksi hormon melatonin meningkat. Hormon ini bisa membantu kita mendapatkan rasa kantuk sekaligus tidur dengan nyenyak.
Perlu diingat !
Oya sobat, artikel ini ditulis sebagai wawasan semata, tidak dijadikan dalil atau hujjah/sumber utama. Konten ini hanya menampilkan pendapat beberapa pakar kesehatan yang berpendapat bahwa buah pisang tidak disarankan untuk dikonsumsi sebagai sarapan pagi.
Namun, jika ada pendapat lain tentang hal ini yang bersebrangan atau tidak sependapat, maka hal itu adalah sesuatu yang lumrah, oleh karena itu, sobat bisa mendukung ide dari konten ini atau tidak sama sekali. Semoga bermanfaat ya !
---------------------
Sumber:
1. Mulroy, Zahra. 2019. Eating a Banana for Breakfast is a Bad Idea, Doctor Reveals – and What to Eat Instead. mirror.co.uk/lifestyle/health/eating-banana-breakfast-bad-idea-1991198111. (Diakses pada 11 September 2019).


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 14 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Untung saya gak biasa makan pisang, pada saat perut kosong

    ReplyDelete
  2. Kalau syaa ngerasanay si Pisang ini jika diapaki sarapan lebih kasih effect kembung, pingin kentut gitu, hehehe
    Saya dulu pas ngantor sarapan di mobil gitu kan cari yg praktis beli pisang dan susu kemasan di minimarket di jalan, samapai kantor perut kaya isi angin, kadang kaya mual. Tapi ya gitu kadang diulangi beberapa kali, karena bingung mau sarapan apa. Nasi terlalu berat juga.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti ada juga bagusnya mbak hani, sebab angin akan keluar walaupun dari bawah wkwkwkw

      Delete
  3. saya gakbegitu suka pisang,kalosemangkaboleh

    ReplyDelete
  4. menolong banget bagi orang yang punya mag

    ReplyDelete
  5. Baru tau ternyata gaboleh makan pisang lagibperut kosong yaa.. hmmm.. harus lebih hati2 berarti ya kak pas mau makan..

    ReplyDelete
  6. Yang jelas makan pisang memberi efek kenyang juga

    ReplyDelete
  7. Pantas mental mamang rada kokoh, meski baru kena buly oleh blogger milenia tapi tetap nyantey kaya di pantey, rupanya karena mamang memang hobi banget makan pisang... si penjaga mental menjadi kuat.... hadeuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mang lembu kumaha damang, rada isengan deui yeuh saya kalulinan blog...

      Delete
  8. well Ibrahim this is very useful and informative post and i am so grateful you shared this with us
    we whole family are banana lovers and in season we hardly miss a day to skip them
    my eldest son lives separate due to studies so he often eat bananas in milk shake and i don't know what research says about having like this

    i am going to ask him to visit and read your wonderful sharing
    blessings to you !

    ReplyDelete
  9. Pisang memang banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk percernaan. Saya malah baru denger klo pisang bermanfaat buat sarapan pagi juga mas. Itu untuk segala jenis pisang atau hanya pisang2 tertentu saja mas ? ...

    ReplyDelete
  10. I love bananas and eat one every day, usually in the evenings. I also find that they aid digestion.
    This is a really interesting and informative post.
    Thank you so much for sharing!😊😊

    Have a great weekend!

    ReplyDelete
  11. Banana oh banana.... Keren gan keren :)

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved