Terwujud

Mengenal Broker Saham Di Indonesia ?



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Broker,Saham
Apa itu broker saham ? mungkin jika kalian sering mendengar istilah pialang saham di televisi. terutama saat berita ekonomi yang berkaitan dengan bursah saham . tetapi apa sebenarnya ari dari broker saham ?

Broker saham atau yang juga bisa disebut dengan pialang saham merupakan perusahaan yang menyediakan jasa untuk menghubungkan investor dengan perorangan maupun perusahaan dengan bursa saham. jika perseorangan atau perusahan ingin melakukan transaksi jual beli saham maka harus terlebih dahulu mendaftar dan membuka rekening saham di kantor pialang saham agar mendapatkan ID sebagai investor .

Kantor pialang saham dapat juga disebut dengan istilah kantor broker saham , kantor perantara pedagang efek, kantor anggota bursa yang memiliki ijin sebagai perantara pedagang efek , dan kantor perusahaan efek yang memiliki ijin sebafai perantara pedagang efek. secara formal mengacu pada undang undang pasar modal (UUPM) yaitu undang undang nomer 8 tahun 1995 dan istilah untuk pialang saham yang dipergunakan sebagai perantara pedagang efek. terdapat pada Bab I Pasal 18 yang berbunyi “perantara pedagang efek adalah pihak yang melakukan kegiatan usaha jual beli efek untuk kepentingan sendiri atau pihak lain”.

Kantor pialang saham umunya berpusat dijakarta. karena sebagian diantaranya memiliki kantor cabang di berbagai kota diindonesia . perusahan pialang saham ada beberapa diindonesia, antara lain BNI sekuritas, Bahana sekuritas, Mandiri sekuritas, Danareka sekuritas, Sinarmas sekuritas, Trimegah sekuritas, Indo Premier sekuritas, Credit Suisse securities Indoneisa, DBS Vickers Securities Indonesia dan Macquarie capital securities Indonesia . jadi dapat kita simpulkan Pihak perantara dalam perusahaan sekuritas dipanggil broker .

Sebagai pihak perantara, broker saham tidak menjual atau membeli efek atau saham secara langsung tetapi broker akan hanya memberikan rekomendasi kepada investor perihal saham yang potensial bersamaan dengan waktu transaki yang tepat. broker dibagi ke dalam tiga jenis yaitu full service broker yaitu dengan broker jasa penuh, discount broker yaitu dengan broker jasa sebagian, dan deep discount broker yaitu broker yang hanya memelihara rekening nasabah dan eksekusi jual beli .

Maka memilih broker yang tepat untuk menjadi tempat kita berinvestasi sangatlah penting apalagi kita yang masih awam dengan broker atau pialang saham. Pada umumnya broker atau sekuritas hanya menjadi sebagai perantara transaksi jual beli saham saja dengan adanya aturan pengaman dari pemerintah bila sekarang investor ingin memilih sekuritas maka dapat difokuskan pada pelayanan yang diberikan oleh sekuritas. mencari broker tidak hanya untuk pelayanan membuka rekening di awal ketika akan bertransaksi saham namun memerlukan komunikasi yang intens dengan broker yang melayani transaksi kalian.

Broker juga dikenal sebagai perantara dan sebuah perusahan yang berprofesi sebagai broker haruslah memiliki sertifika perantara pedagang efek dan tercatat oleh bursa efek Indonesia sebagai anggota bursa tersebut . broker anda adalah wakil dari perusahan sekuritas anda karena itu kita perlu sesekali mengecek apakah broker kalian mempunyai sertifikasi WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek ).

Nah jika kalian masih bingung menentukan perusahaan sekuritas yang tepat bisa memilih broker lokal terbaik mandiri sekuritas, dengan pelayanan yang sudah terkenal baik dan terpercaya untuk tempat berinvestasi .


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 9 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Teman2 saya dah bbrp org berinventasi dengan beli saham. Saya roaming aja klo mereka mulai bahas saham hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada Bang Day. Iya sama nih, kalau ada yang mulai ngomongin saham saya juga roaming, apalagi kalau sampai ngebahas isu-isu yang bisa mempengaruhi harga sahamnya juga, weleh. Kadang kalo ikutan nimbrung pengen juga sih ikutan main saham, apalagi kalau lagi ngomongin profit yang bisa didapet. Cuma sayangnya saya masih lumayan repot kalau harus sering pantau harga saham sama cari broker yang bagus. Hmm, biar gak repot apa pakai mandiri sekuritas y?

      Delete
  2. saya kirain broker juga ikut ngaturin kayak manajer investasi, ternyata lebih ke merekomendasikan ya. Wah, sip nih infonya

    ReplyDelete
  3. Ini kisah Gue, tau gak? Gara-gara Menjanda, Gue Gak Bisa Ikut Kibo Robot Programming Challenge :D :D

    https://asroteknologi.net/gara-gara-menjanda-gue-gak-bisa-ikut-kibo-robot-programming-challenge/

    Share semoga tembus sama minat anak SMA dan anak Kuliahan!

    ReplyDelete
  4. Kurang begitu paham dengan masalah saham. Broker saham berarti sama ya dengan pialang saham. Makasih gan infonya.

    ReplyDelete
  5. Broker hanya pemberi saran, dan sepertinya tidak tanggung jawab atas keputusan akhir yang diambil investor

    ReplyDelete
  6. Saya pernah di prospect ini sama broker, lha modalnya lumayan besar mau beli2 saham. Belum ada dana sebesar itu. Kalau investasi di situ harus ada uang nganggur.

    ReplyDelete
  7. Dengan adanya broker ini kita jadi gak perlu khawatir dalam memilih saham yang baik ya, karena broker ini bisa merekomendasikan kita saham yang menguntungkan atau yang tidak, berinvestasi jadi lebih mdah dan nyaman

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved