Terwujud

Cara Membuat Limit Waktu Ujian Online di Google Form dengan Mudah



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Artikel ini membahas tentang Cara Membuat Limit Waktu Ujian Online di Google Form dengan Mudah. Untuk membuat stopwatch pada ujian online di google form sangatlah mudah, pertama-tama silahkan sobat menuju browser, kemudian tulis drive.google.com, pada langkah selanjutnya, silahkan login, apabila sobat belum sign in ke akun googlenya. jika sudah login, maka otomatis akan langsung mengarah ke dasbor google drive nya.

Setelah itu, pastikan sobat sudah menyiapkan soal ujian onlinenya di Google drive dengan mode google formulir.

Langkah selanjutnya, dibagian "drive saya", pada versi akses cepat, silahkan klik kanan pada soal ujiannya, kemudian pilih "buka dengan google formulir" atau bisa klik 2 kali, maka akan otomatis terbuka.

Kemudian, silahkan menuju titik tiga di pojok kanan atas, setelah itu scroll ke bawah dan pilih tulisan add on. kemudian cari Quilgo atau silahkan ke menu pencarian dan ketikkan Quilgo.

Setelah itu, klik plugin Quilgo nya, kemudian klik instal. setelah itu, Klik lanjutkan. Akan muncul tampilan untuk pemilihan akun, silahkan pilih akunnya dan klik izinkan. Kemudian, klik berikutnya, setelah itu klik selesai.

Langkah berikutnya, silahkan tanda silang pada plugin nya, kemudian klik menu add on nya, kemudian klik tulisan "timify.me-timer for google forms". Setelah itu, pilih configure. Pada tampilan ini, sobat diharuskan memasukkan quilgo tokennya terlebih dahulu agar bisa terkoneksi ke google form nya. Untuk proses koneksinya, silahkan menuju situs Quilgo, caranya silahkan klik tulisan Quilgo nya, kemudian, silahkan daftar menggunakan akun google yang terkait dengan google form sobat. setelah itu, silahkan pilih sign in with google, kemudian pilih akunnya, setelah itu silahkan klik tulisan i accept Quigo terms & Conditions

Langkah selanjutnya, isikan data yang diminta seperti nama depan, nama belakang, Setelah selesai, maka sobat akan mendapatkan kode tokenya. Silahkan salin kode tokennya, kemudian, silahkan menuju ke Google form, klik Add on, klik connect dan paste kode token yang sudah disalin tadi. setelah itu, klik enabel Quilgo for this form. Jika sudah enable berarti google form sudah terhubung dengan timify.me. Selanjutnya buat countdown timer google form di timify.me.

Untuk caranya, silahkan masuk kembali ke website timify.me kemudian ada dua pilihan:

  • Create Tests : menu ini akan membuat countdown timer per email, jadi jika menggunakan menu create test ini maka kita harus masukin email siswa satu per satu.
  • Public form Link :Menu ini akan membuat countdown timer ke semua yang mengakses link tersebut. jadi ini yang saya sarankan karena lebih praktis.

Silahkan klik Public form link, kemudian pilih Choose tests, setelah itu klik Create test, pada tulisan add respondents, kamu bisa mengetikkan, nama, email atau keduanya, ini sifatnya bebas, jadi terserah mau diisi apa, hal ini bertujuan sebagai pancingan saja. kemudian Pada time duration isikan batasan waktu yang ingin sobat tentukan misalnya 25 menit.

Setelah itu, beri ceklis pada "Auto-close form when time over". ini bertujuan ketika waktu habis maka halaman ujian online akan otomatis tertutup dan otomatis submit atau terkirim. Selanjutnya, silahkan klik "Create". Selanjutnya beri ceklis pada email kemudian klik next, lalu tutup dengan mengklik tanda X diatas.

Untuk mempersingkat link dari situs Quilgo, silahkan masuk ke situs bitly.com, kemudian paste kan di kolom shorten your link, setelah itu klik shorten, kemudian klik copy. Silahkan paste ke browser untuk mencobanya.

Jika sobat masih bingung dengan tutorial melalui artikel ini, maka silahkan tonton caranya melalui video yang sudah saya buat sebelumnya di bawah ini !




Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

1 komentar:

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved