Terwujud

Alasan Mengapa Laporan Akuntansi Bisnis Sangatlah Penting



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Laporan Akuntansi Bisnis
Pemilik bisnis kecil memiliki banyak hal yang harus dihadapi dan salah satu yang sulit adalah mengelola laporan keuangan. Salah satu tips akuntansi bagi Anda pemilik bisnis kecil agar bisa bertahan dan berkembang adalah jangan pernah lupa untuk membuat laporan keuangan.

Manfaat catatan keuangan buat toko online atau bisnis kecil lainnya terlalu berharga untuk dilewatkan. Berikut adalah alasan mengapa catatan keuangan itu sangat penting dalam sebuah bisnis.

Jenis Laporan Keuangan Apa Yang Harus Anda Buat?

Ada empat jenis laporan keuangan yang tidak boleh dilupakan oleh usaha kecil, apa sajakah itu?

1. Invoice
Invoice adalah transaksi keuangan masuk atau keluar antara bisnis kecil Anda dan pihak ketiga. Tanpa invoice untuk semua transaksi, maka Anda tidak mungkin bisa membuat laporan keuangan yang akurat. Jadi, selalu pastikan Anda memiliki laporan keuangan yang mencatat setiap transaksi yang Anda lakukan atas nama bisnis Anda.

2. Laporan Pendapatan
Faktur memungkinkan Anda membuat laporan pendapatan. Laporan pendapatan memungkinkan Anda untuk melihat dengan tepat di mana uang dibelanjakan dan diperoleh.

3. Neraca
Neraca adalah representasi dari nilai bisnis Anda pada satu waktu. Neraca memperhitungkan aset keuangan (seperti pendapatan dan investasi), kewajiban (termasuk pinjaman dan pengeluaran), modal dan ekuitas pemegang saham untuk memberikan laporan akurat tentang berapa banyak uang yang dimiliki dan berhutang bisnis Anda.

4. Laporan Arus Kas
Apa itu laporan arus kas? Laporan arus kas adalah dokumen yang menggunakan data yang dibuat dari laporan keuangan sebelumnya. Laporan ini hadir untuk menunjukkan kemajuan keuangan bisnis selama periode waktu tertentu.

 Alasan Mengapa Laporan Akuntansi Bisnis Sangatlah Penting
Laporan keuangan memiliki berbagai kegunaan bagi pemilik usaha kecil, seperti :

1. Memelihara Catatan Keuangan
Laporan adalah bukti kesehatan keuangan perusahaan Anda saat ini dan masa lalu. Intinya, laporan keuangan adalah data yang direkam. Menyimpan catatan keuangan dapat sangat menghemat waktu dan pekerjaan Anda.

2. Membuat Keputusan Manajemen
 Dengan membuat laporan yang akurat dan terkini tentang situasi keuangan bisnis, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang arah yang Anda inginkan untuk diambil oleh bisnis Anda. Dengan melihat laporan pendapatan, saldo, dan arus kas, Anda dapat menganalisis data keuangan dan membuat perubahan yang sesuai.

Misalnya, Anda mungkin memperhatikan pola pengeluaran berlebihan, bulan-bulan ketika pendapatan turun, atau penurunan penjualan produk tertentu yang lambat. Perubahan ini mungkin tidak terlihat jelas. Namun dengan adanya laporan keuangan, maka Anda bisa tahu cara untuk mengetahui perubahan yang ada pada bisnis Anda sebelum menjadi masalah.

3. Peluang Investasi yang Menarik
Dalam dunia investasi, "uang tunai adalah raja". Beberapa investor mungkin tertarik pada apakah bisnis Anda baru, inovatif atau unik, dan bersedia mengambil risiko, tetapi sebagian besar menginginkan bukti empiris bahwa investor akan mendapatkan uang mereka kembali.

Laporan keuangan memungkinkan Anda untuk menunjukkan kesuksesan bisnis Anda dengan cara yang dihargai oleh investor. Laporan keuangan juga memungkinkan Anda untuk memperkirakan keuntungan di masa depan, yang dapat membantu menarik investor.

Ya, laporan keuangan sangat berarti buat toko online dan pebisnis UKM lainnya. Jadi, untuk Anda yang bingung mengelola laporan keuangan Anda, unduh saja aplikasi Buku Kas. Aplikasinya gratis dan mudah sekali untuk digunakan.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved