Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Banyak Blog atau Satu Blog | Mana yang Terbaik sih?


Blogger tentu tidak akan lepas dengan sebuah blog, terkadang hanya satu blog yang dikelola, bahkan sampai-sampai ratusan blog juga dikelola. Namun, yang menjadi titik persoalannya adalah apakah blog yang dikelola menjadi blog yang telah berhasil, sukses dan berpenghasilan tinggi.

Tentu menjadi pilihan yang sulit dan tantangan yang tinggi ketika anda memutuskan untuk mempunyai banyak blog, sebab cara pengelolaannya akan terkait dengan waktu, tenaga, cara, strategi yang sangat berbeda dengan mengelola satu, dua atau tiga blog saja.

Akan tetapi, tidak sedikit para blogger yang memutuskan untuk membuat banyak blog, tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan penghasilan dan kesuksesan. Selain itu, para webmaster SEO juga banyak kita ketahui mengelola banyak blog, mereka melakukan hal itu semata-mata untuk mendongkrak trafik beberapa blog, dan ini sering kita kenal dengan blog Dummy.
Blog atau Satu Blog
Pilihan Anda: Banyak Blog
Satu-satunya problem yang akan kita hadapi jika mempunyai banyak blog adalah dari sisi pengelolaannya, dan tentu problem tersebut harus diselesaikan dengan baik, permasalahan itu terkait dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

1. Siapkah Waktu dan tenaga anda untuk mengelola banyak blog?
2. Bisakah artikel blog-blog yang anda kelola berkualitas?
3. Untuk apa anda punya banyak blog??
4. Bagaimana cara anda agar blog-blog yang anda kelola memberikan hasil yang maksimal?
5. Langkah apa yang harus anda lakukan dalam mengelola blog anda yang banyak?

Pilihan Anda: Satu-tiga Blog
Nah, ada juga yang terfokus untuk mengelola satu, dua dan maksimal tiga blog saja. Hal itu bertujuan untuk memudahkan pengelolanya agar lebih maksimal baik dari sisi waktu, tenaga, dan strateginya.

Mempunyai blog yang tidak banyak tentu akan lebih efektif dalam mengelolanya, sebab kita tidak akan repot-repot untuk mengurusinya.

Akan tetapi kekurangan blog yang sedikit adalah jika blog yang anda kelola tersebut belum berhasil, belum sukses dan bahkan belum berpenghasilan tinggi karena kalah bersaingan, karena artikel yang belum begitu banyak, COPAS dan lain sebagainya.

Walaupun demikian, mengelola blog yang sedikit bahkan hanya punya satu blog saja akan lebih memudahkan kita untuk fokus dan kosentrasi, dan hal itu tentu akan melahirkan berbagai ide untuk menentukan berbagai judul yang akan anda publikasikan.

Lalu, mana sih pilihan Saya?
Terkait dengan pertanyaan di atas, maka saya akan simpulkan beberapa hal yang bisa anda jadikan acuan, sehingga anda nantinya bisa memutuskan mana pilihan anda, apakah Banyak Blog atau Satu Blog.

A. Banyak Blog
  • Butuh waktu, tenaga, ide, strategi yang sanagt meksimal
  • Tantangan lebih berat dibanding dengan sedikit blog
  • Ide dan tema blog beragam yang harus ditentukan
  • Waktu share, update dan lain sebagainya membutuhkan waktu yang maksimal
  • Lebih cepat terkenal
  • Bisa dijadikan sebagai pendukung blog utama (blog dummy)
  • Penghasilan bisa banyak karena banyak blog (jika dikelola dengan benar)
B. Satu Blog
  • Lebih fokus
  • Mudah mengelola
  • Waktu luang
  • Tenaga tidak begitu diporsir
  • Ide maksimal
  • Penghasilan relatif rendah (jika blog belum terkenal dan trafik sedikit)
  • Tema tidak banyak
  • Artikel wajib banyak dan beragam
Sebenarnya banyak lagi kekurangan dan kelebihan mempunyai satu blog atau banyak blog, akan tetapi semua itu tergantung pada keputusan anda.

Lalu bagaimana dengan Saya (Admin Terwujud.com)?
Sebenranya keinginan untuk mempunyai banyak blog adalah hal yang saya idam-idamkan, akan tetapi ketika itu saya lakukan, setidaknya ada -+ 40 an blog yang saya kelola, ternyata yang bisa saya urus dengan baik hanya 6 saja, sedangkan sisanya saya tidak tahu apakah masih aktif atau tidak, bahkan password untuk membukanya pun saya lupa heeheee

Maka dari itu, saya mengambil keputusan jika blog yang saya urusin dengan baik hanya 6 blog, dan kemungkinan untuk mengurusi 6 blog tersebut sepertinya saya masih mampu dengan kategori yang berbeda-beda yaitu:

1. Kategori Umum
2. Kategori Niche Blog
3. Kategori Bahasa asing
4. Kategori Serba 7
5. kategori Bisnis
6. Kategori Jasa Layanan

Dari ke 6 blog yang masih aktif ini, ternyata tantangan yang amat berat adalah Update artikelnya, sebab kategorinya tidak sama dan tidak satu tema. Walaupun demikian, rata-rata jumlah artikelnya sudah mencapai 700-3000 artikel, dan semoga terus akan berlanjut.

Demikianlah informasi tentang Banyak Blog atau Satu Blog | Mana yang Terbaik sih?, semoga paparan yang saya sampaikan ini bisa anda pahami, dan mohon maaf jika bentuk tulisan dan penyampaian yang saya paparkan tidak berkenan di hati anda. terima kasih!

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

kalau mampu sih berapapun blog yang dibuat nggak masalah mas, begitu juga sebaliknya :)

Balas

hiya ya...bener juga yang di share diatas tentang satu atau banyak blog....satu ajah ngurusinnya repot, ini malah ada 6 blog...hadeuh...pusing deh ih.

siapa hayo?!

Balas

Pilihan saya B. Satu Blog,
belum mampu kalo banyak blog mah....
^_^

Balas

Saya setuju dengan pemikiran Mas Ibrahim. Intinya sih harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing blogger ya. Kalau saya sih, maksimal tiga blog aja deh.
Bisa dimarahin suami kalau di depan komputer terus :)
Membalas kunjungan nih.

Balas

kalo saya sih untuk saat ini mending fokusin dulu aja satu blog berhubung kesibukan nya banyak

Balas

kebetulan saya sedang memikirkan ini. dulu saya punya banyak blog, tapi yang saya rasakan itu tidak efisien. sekarang setelah saya kehilangan semua blog karena lupa pasword akunnya, saya membuat satu blog yang dimaksimalkan. alhasil penjualan lebih banyak dibanding sewaktu saya punya banyak blog, kerja jadi lebih enteng dan menyenangkan bisa berinteraksi dengan pembaca hanya dalam satu blog.

Balas

luar biasa mas udah bisa mengelola 6 blog saya baru satu aja masih ketetran hehe, bisa saya contoh ini... saya pengennya cuma 1 sampai 3 blog tapi terwat dan banyak pengunjungnya.

Balas

Blog ku uda 2 Bang, tapi fokusnya masih satu. Yang gratisan pulak. Wkwkwk.. Beda niche sih.. :P

Balas

kalau saya sih lebih suka bikin blog sedikit, jadi nya bisa lebih efektif dan efisien, kalau banyak blog bagi saya agak pusing, karena harus ekstra kerja keras bikin artikel dan mempromosikan blog kesana kemari :)

Balas

yang jadi masalah ketika banyak blog itu ya pas update artikel,,di tambah harus menguasai niche yang berbeda,,,

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis