Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

5 Cara Makan yang baik untuk menjaga Kesehatan Ginjal


5 Cara Makan yang baik untuk menjaga Kesehatan Ginjal~Seluruh organ tubuh manusia memiliki fungsinya masing-masing yang bekerja untuk selalu menjaga keseimbangan tubuh. Salah satu organ vital pada tubuh yang harus anda jaga adalah Ginjal. Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai penyaring darah dari zat sisa berupa urin yang ada di dalam tubuh kita.
Ginjal
Namun, acap kali ginjal tidak terlalu diperhatikan kesehatannya, hal itu terlihat dari sebagian orang yang malas mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per-hari. Tentu anda tidak mau ginjal anda bocor dan mengalami gagal ginjal bukan?, maka dari itu ikuti tips berikut ini sebagaimana yang dilansir dari indiatimes.com dalam 5 Cara Makan yang baik untuk menjaga Kesehatan Ginjal.

1. Minum Air putih yang banyak
Nah, jika mau ginjal anda sehat selalu, maka jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas/hari. Air merupakan bahan primer yang sangat membantu untuk membuat zat sisa dalam tubuh, khususnya sodium (garam), urea dan berbagai racun. Jika urin anda berwarna kuning, maka dapat dipastikan anda kurang minum dan hal inilah yang membuat ginjal terlalu bekerja keras, dan apabila itu sering terjadi, bisa jadi ginjal anda akan rusak jika terus dibiarkan.

2. Perhatikan tekanan darah dan gula darah
Pada penderita diabetes sangat signifikan memiliki potensi merusak ginjalnya, hal itu karena terlalu banyak kadar gula dalam darah. Hal itu juga sama dengan mereke yang menderita hipertensi yang disebabkan tekanan darah yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak terlalu banyak makan daging dan makanan yang berlemak.

3. Jaga pola Makan yang sehat
Perbanyak makan sayur dan buah, hal itu akan mencegah timbulnya berbagai penyakit. Makanlah makanan yang bersih, fresh dan hindari makanan yang rendah akan nutrisi seperti snack kemasan yang terlalu banyak mengandung garam tidak sehat.

4. Makan probiotik setiap hari
Probiotik bisa ditemukan dari yogurt, ini merupakan sumber utama probiotik yang mudah didapatkan. Bakteri baik ini bisa menguatkan ginjal dan membantu proses penyaringan zat yang bersisa.

5. Kurangi konsumsi makanan berfosfor
Fosfor yang terlalu berlebihan di dalam tubuh bisa membuat ginjal kesulitan dalam menyaring darah, bahkan ginjal akan berisiko mengalami pengerasan karena mineral ini. Hindari konsumsi minuman soft drink, berkarbonasi dan makanan berpengawet semacam sosis dan berbagai jenisnya.

^^Selain 5 Cara Makan yang baik untuk menjaga Kesehatan Ginjal diatas, untuk melakukan cara lain juga bisa dilakukan dengan rajin berolahraga dan gaya hidup yang sehat, selain itu selalu anda untuk memperhatikan kesehatan ginjal anda dengan mengetahui apa saja gejala ginjal yang tidak sehat.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

sangat bermanfaat sekali mbak dengan begini kita akan lebih tahu bagaimana caranya agar kita dapat menjaga kesehatan ginjal kita dan terhindar dari penyakit ginjal .. teruma memperbanyak minum air putih ..

Balas

jangan lupa makan yang teratur ya mas biar tetap sehat

Balas

kalau saya makan gak pernah ketinggalan air putih mas, pasti habis minim 600ml,jadi penting juga untuk menjaga kesehatan ya

Balas

Dengan menjaga kesehatan ginjal berarti telah mengurangi resiko kelainan pada ginjal, pak Ibrahim...

Balas

wah ke 5 5nya saya terjang semua...hidup kurang teratur...tp harus siap2 mengubah pola hidup nih biar lbh sehat. betewe contoh makanan ber fosfornya kurang banyak...jarang2 saya denger istilah itu.

Balas

memang perlu ya mas untuk menjaga kesehatan itu :D

Balas

ginjalorgan yang sangat vital, memang harus dijaga dengan pola makan yang sehat, makasih mas, jadi lebih selektif untuk mengkonsumsi makan sehat, supaya ginjal juga sehat

Balas

benar sekali mas, saya juga sangat setuju

Balas

perlu sekali mas, ginjal sangat beresiko terutama bagi anda yang sering duduk lama, itu kata bu dokter saya

Balas

wah, kacau juga ni bagi blogger ya mas heehee

Balas

Klo saya sich minum air putih yg banyak mas...yg sudah terbukti khasiatnya...

Balas

Oh yogurt ternyata baik buat ginjal tapi aku ngak suka coz rasa nya asam2 ngak jelas hahaha

Balas

betul, yang sering duduk lama harus di imbangi dengan banyak minum air

Balas

oh ya mas, tapi banyak minum air-nya jangan pada waktu ngos-ngosan, itu berbahaya bagi kesehatan

Balas

Pola makan juga ternyata sangat berpengaruh kepada kesehatan Ginjal ya Pak ? ..
kalau untuk stok minum air putih sih saya sudah biasa hehehe.. kalau yg termasuk makanan yg berfoshor itu yg bagaimana ya pak ? ...

Balas

Kalau saya untuk travelling sering menerapkan hal-hal seperti ini mas, yang terpenting banyak minum air putih dan perhatikan gizi untuktubuh kit aja yang akal kita konsumi. Termasih atas artikelnya mas. Karena untuk kesehatan ginjal sangat penting sekali untuk tubuh kita.

Balas

waah ternyata makan yogurt tiap hari itu perlu ya :D harus mulai stok yogurt di lemari es lol

Balas

Sadar betul bahwasannya ginjal merupakan organ tubuh yang sangat vital, tapi sayangnya kebiasaan merokok belum juga bisa hilang dan ditambah susah bgt minum air putih yang cukup banyak perharinya hiks..

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis