Terwujud

5 Cara Makan yang baik untuk menjaga Kesehatan Ginjal



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
5 Cara Makan yang baik untuk menjaga Kesehatan Ginjal~Seluruh organ tubuh manusia memiliki fungsinya masing-masing yang bekerja untuk selalu menjaga keseimbangan tubuh. Salah satu organ vital pada tubuh yang harus anda jaga adalah Ginjal. Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai penyaring darah dari zat sisa berupa urin yang ada di dalam tubuh kita.
Ginjal
Namun, acap kali ginjal tidak terlalu diperhatikan kesehatannya, hal itu terlihat dari sebagian orang yang malas mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per-hari. Tentu anda tidak mau ginjal anda bocor dan mengalami gagal ginjal bukan?, maka dari itu ikuti tips berikut ini sebagaimana yang dilansir dari indiatimes.com dalam 5 Cara Makan yang baik untuk menjaga Kesehatan Ginjal.

1. Minum Air putih yang banyak
Nah, jika mau ginjal anda sehat selalu, maka jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas/hari. Air merupakan bahan primer yang sangat membantu untuk membuat zat sisa dalam tubuh, khususnya sodium (garam), urea dan berbagai racun. Jika urin anda berwarna kuning, maka dapat dipastikan anda kurang minum dan hal inilah yang membuat ginjal terlalu bekerja keras, dan apabila itu sering terjadi, bisa jadi ginjal anda akan rusak jika terus dibiarkan.

2. Perhatikan tekanan darah dan gula darah
Pada penderita diabetes sangat signifikan memiliki potensi merusak ginjalnya, hal itu karena terlalu banyak kadar gula dalam darah. Hal itu juga sama dengan mereke yang menderita hipertensi yang disebabkan tekanan darah yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak terlalu banyak makan daging dan makanan yang berlemak.

3. Jaga pola Makan yang sehat
Perbanyak makan sayur dan buah, hal itu akan mencegah timbulnya berbagai penyakit. Makanlah makanan yang bersih, fresh dan hindari makanan yang rendah akan nutrisi seperti snack kemasan yang terlalu banyak mengandung garam tidak sehat.

4. Makan probiotik setiap hari
Probiotik bisa ditemukan dari yogurt, ini merupakan sumber utama probiotik yang mudah didapatkan. Bakteri baik ini bisa menguatkan ginjal dan membantu proses penyaringan zat yang bersisa.

5. Kurangi konsumsi makanan berfosfor
Fosfor yang terlalu berlebihan di dalam tubuh bisa membuat ginjal kesulitan dalam menyaring darah, bahkan ginjal akan berisiko mengalami pengerasan karena mineral ini. Hindari konsumsi minuman soft drink, berkarbonasi dan makanan berpengawet semacam sosis dan berbagai jenisnya.

^^Selain 5 Cara Makan yang baik untuk menjaga Kesehatan Ginjal diatas, untuk melakukan cara lain juga bisa dilakukan dengan rajin berolahraga dan gaya hidup yang sehat, selain itu selalu anda untuk memperhatikan kesehatan ginjal anda dengan mengetahui apa saja gejala ginjal yang tidak sehat.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 17 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. sangat bermanfaat sekali mbak dengan begini kita akan lebih tahu bagaimana caranya agar kita dapat menjaga kesehatan ginjal kita dan terhindar dari penyakit ginjal .. teruma memperbanyak minum air putih ..

    ReplyDelete
  2. jangan lupa makan yang teratur ya mas biar tetap sehat

    ReplyDelete
  3. kalau saya makan gak pernah ketinggalan air putih mas, pasti habis minim 600ml,jadi penting juga untuk menjaga kesehatan ya

    ReplyDelete
  4. wah ke 5 5nya saya terjang semua...hidup kurang teratur...tp harus siap2 mengubah pola hidup nih biar lbh sehat. betewe contoh makanan ber fosfornya kurang banyak...jarang2 saya denger istilah itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang perlu ya mas untuk menjaga kesehatan itu :D

      Delete
  5. ginjalorgan yang sangat vital, memang harus dijaga dengan pola makan yang sehat, makasih mas, jadi lebih selektif untuk mengkonsumsi makan sehat, supaya ginjal juga sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas, saya juga sangat setuju

      Delete
  6. perlu sekali mas, ginjal sangat beresiko terutama bagi anda yang sering duduk lama, itu kata bu dokter saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kacau juga ni bagi blogger ya mas heehee

      Delete
  7. Klo saya sich minum air putih yg banyak mas...yg sudah terbukti khasiatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, yang sering duduk lama harus di imbangi dengan banyak minum air

      Delete
    2. oh ya mas, tapi banyak minum air-nya jangan pada waktu ngos-ngosan, itu berbahaya bagi kesehatan

      Delete
  8. Oh yogurt ternyata baik buat ginjal tapi aku ngak suka coz rasa nya asam2 ngak jelas hahaha

    ReplyDelete
  9. Pola makan juga ternyata sangat berpengaruh kepada kesehatan Ginjal ya Pak ? ..
    kalau untuk stok minum air putih sih saya sudah biasa hehehe.. kalau yg termasuk makanan yg berfoshor itu yg bagaimana ya pak ? ...

    ReplyDelete
  10. Kalau saya untuk travelling sering menerapkan hal-hal seperti ini mas, yang terpenting banyak minum air putih dan perhatikan gizi untuktubuh kit aja yang akal kita konsumi. Termasih atas artikelnya mas. Karena untuk kesehatan ginjal sangat penting sekali untuk tubuh kita.

    ReplyDelete
  11. waah ternyata makan yogurt tiap hari itu perlu ya :D harus mulai stok yogurt di lemari es lol

    ReplyDelete
  12. Sadar betul bahwasannya ginjal merupakan organ tubuh yang sangat vital, tapi sayangnya kebiasaan merokok belum juga bisa hilang dan ditambah susah bgt minum air putih yang cukup banyak perharinya hiks..

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved