Terwujud

Desainer atau Modifikasi Template (Jujur Dong..!)



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Sebenarnya saya tidak ingin membuat artikel ini, akan tetapi entah mengapa saya ingin mencoba memberi saran kepada para blogger untuk bersikap jujur dan adil untuk diri sendiri dan orang lain. Permasalahan ini terkait dengan Desainer atau Modifikasi Template, yuppss inilah dia masalah intinya. 

A. Desainer Template
Desainer template berarti membuat template berdasarkan hasil karya olahan sendiri tanpa ada campur tangan pihak kedua atau ketiga baik dari sisi kode (HTML, CSS, JavaScript), tampilan bahkan Gaya template (Responsive/not responsive).

Desainer template merupakan orang yang mampu menguasai dan membuat hal baru dalam desainnya. Kemudian, desain yang dia buat merupakan hasil olahan dan buah pikir dia sendiri tanpa menjiplak karya orang lain. Para desainer template sangat banyak di Dunia ini, sedangkan untuk di Indonesia sendiri kalau menurut saya setelah mengecek masing-masing template buatan mereka maka dapat disimpulkan yaitu:
  • Agus Ramdhani (www.zoomtemplate.com)
  • Maskolis (www.maskolis.com)
  • Adhy Suryadi (www.kompiajaib.com)
  • Kang Ismet (www.blog.kangismet.net)
Desainer-desainer template yang saya sebutkan di atas merupakan desainer sejati yang memang patut diacungin jempol, sebab mereka benar-benar terbuka baik dari sisi pembuatan, cara pengolahan dan memberikannya secara cuma-cuma tanpa syarat.

Intinya adalah bahwa desainer merupakan orang yang mampu merancang sesuatu menggunakan ide dan karya sendiri dengan kemampuan yang maksimal dibidang desainer yang dia lakukan, maka desainer template adalah mereka-mereka yang mampu membuat template dengan ide/karya sendiri serta mampu dan ahli dibidang template baik dari sisi kode HTML, PHP, Javascript dan lainnya.
Desainer atau Modifikasi
B. Modifikasi Template
Modifikasi merupakan kegiatan yang merubah, mengedit dan menambah hasil desain sebelumnya. modifikasi template adalah merubah bentuk, tampilan bahkan kode pada template tersebut sesuai dengan keinginan yang memodifikasi. 

Berbeda dengan desainer yang wajib tahu tentang kode (HTML, PHP, Javascript dll), gaya, tampilan dan bentuk lainnya dari template, maka tidak dengan orang yang ahli memodifikasi, sebab memodifikasi tidak diwajibkan harus tahu semuanya, cukup yang perlu diketahuinya adalah kode-kode apa saja yang akan dirubah dan dimodif.


Desainer atau Modifikasi Template (Jujur Dong..!)

Yang membuat saya bingung adalah begitu banyaknya blogger-blogger yang mengaku membuat template dengan desain sendiri padahal template tersebut sudah dibuat sebelumnya. Coba anda lihat template Terwujud.com, maka ketika saya hilangkan kredit link dan saya cantumkan nama saya sebagai desainernya, saya yakin dari 100% sekitar 95% percaya kalau saya yang mendesain template tersebut, mengapa?

Hal itu karena tampilan, bentuk bahkan tata letak templatenya bisa saya pastikan 95% berbeda dengan aslinya, namun itu bukan hasil desain/karya saya, saya hanya memodifikasinya saja. Oleh karena itu, saya berharap kesadaran pada blogger untuk jujur dan adil jika ingin memberikan sesuatu, maka berikan sesuatu itu dengan kejujuran.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 18 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. kunjungan perdana ni mas.... salam kenal aja

    ReplyDelete
  2. betul mas, buat apa mengaku sebagai disainer template kalau pada kenyataannya bukan bikinan sendiri :)
    hargai karya orang lain .....

    ReplyDelete
  3. emang ada betul tu mas apa yang di katakan oelha mas masalah kejujuran tu ya lau saya sie mengunakan tampalte buatan orang lain tanpa menghapus link penciptanya karena menghargai karya orang lain itu lebih baik. nice post mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar dan bagus itu mas, kita harus jujur dan apa adanya

      Delete
  4. iya mas, saya juga sudah periksa

    ReplyDelete
  5. Ada yang dikomersilkan, Mas. seolah seperti itu, malah kalau dilihat dalamannya, masih ada informasi asli dari pembuat templatenya. kadangkala seolah buatan dia, merubah creditnya. baiknya menghargai karya orang lain yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah yang sebenarnya tidak mempunyai kepribadian dan nilai-nilai kejujuran dalam dirinya, :D

      Delete
  6. Bikinnya tuh susah.. Aku pribadi masih belom bisa.. Masih bawaan dari blogger, diutak-atik dikit..

    ReplyDelete
  7. betul mas banyak para blogger yg mengaku" untuk mendongkrak blognya

    ReplyDelete
  8. Kalau saya sih tinggal pakai saja, dan sudah dari sananya tidak ada kredit linknya. Kreditnya ada di viewsource nya :D. Kalau dulu sih saya sering kalau pakai template orang, saya ganti pada bagian credit link dan nama pembuatnya. Karena dulu kan masih baru dalam dunia blogging, jadi ya masih suka gitu. Kalau sekarang insyaallah sudah tidak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belum tahu ndak apa-apa mas, masalah kredit link itu ndak jadi persoalan, yang menjadi persoalan besar adalah ngaku-ngaku itu tadi

      Delete
  9. Kalau ngaku-ngaku mending jangan deh, karena dunia internet itu kecil banget bagi kita para pengguna internet yang aktif pasti ketahuan ya Kang. Kalau saya hanya bisa tinggal pakai, Belum bisa buat, itu pun hanya support saja Kang.he,, he,,he,, :D

    Salam

    ReplyDelete
  10. salam kenal masbos...mantap modif templatenya mas...kalo berkenan dishare saya juga berminat... hehehe..

    salam,
    tekno rc blog

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved