Terwujud
KomTer,Komik Online

9 Makanan Enak yang Ampuh Melawan Stres dan Menenangkan Pikiran



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Hmm, biasa ya akibat dari gaya hidup yang sibuk, banyak orang mengalami stres. Sudah diketahui fakta bahwa terlalu banyak stres dapat menyebabkan efek buruk pada tubuh, suasana hati, dan perilaku Anda. Bahkan, stres dapat menyebabkan masalah fisik jangka pendek dan jangka panjang, seperti gangguan memori, gangguan kemampuan belajar, tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, osteoporosis dan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi buruk.

Cara terbaik untuk melawan stres adalah mengidentifikasi penyebabnya dan mencoba menyelesaikannya. Menjaga pendekatan yang positif dan meningkatkan pola makan sehat teratur serta menjaga gaya hidup sehat juga akan membantu mengelola stres.

Makanan

Dengan demikian, olahraga teratur, pijat dan yoga dapat membantu mengurangi tingkat stres. Selain itu, ternyata dari jenis makanan ada juga yang dapat membantu melawan stres. Beberapa bahkan makanan bahkan dapat memberikan bantuan cepat yang memberikan efek menenangkan secara langsung. Apa saja 9 Makanan Enak yang ampuh Melawan Stres, cekidot !

1. Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi untuk membantu meningkatkan kekebalan dan juga antioksidan, yang melawan radikal bebas. Stres cenderung meningkatkan beban radikal bebas pada tubuh. Jeruk juga memiliki sejumlah besar vtiamin A dan B serta berbagai mineral yang sehat.

Untuk menikmati manfaat dari nutrisi yang ada dalam jeruk, cukup minum segelas jus jeruk segar setiap hari. Anda juga bisa menjadikan jeruk sebagai makanan penutup atau teman pada makanan lainnya.
Ingat: Bagi penderita asam lambung tidak dianjurkan makan jeruk lebih dari 3-4 sekali makan.
2. Teh Hijau
Siapa yang tidak kenal dengan teh hijau, yupss ! Teh hijau merupakan dedaunan yang mengandung antioksidan kuat , seperti polifenol, flavonoid, dan katekin. Semua antioksidan ini memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh yang dapat sangat membantu untuk menciptakan suasana hati yang positif. Selain itu teh hijau juga mengandung asam amino yang disebut theanine yang dapat membuat relaksasi dan meningkatkan kekuatan kosentrasi dan pikiran.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang minum setidaknya lima cangkir teh hijau per hari, maka mereka akan menikmati kesehatan dan suasana hati yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari.

Ketika Anda sedang tertekan, luangkan waktu untuk menikmati secangkir teh hijau. Namun, lima cangkir per hari mungkin tidak cocok untuk beberapa orang. Jadi, Anda mungkin ingin minum dua hingga tiga cangkir teh hijau setiap hari.
Ingat: Dampak positif teh hijau akan lebih besar pada orang yang tidak minum alkohol atau merokok.
3. Bayam
Sayuran hijau gelap seperti bayam mempunyai kandungan yang kaya akan vitamin A, B, dan C. Bayam juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, kalium, magnesium dan fosfor yang membantu mengurangi hormon stres dalam tubuh serta menstabilkan suasana hati.
Baca juga:
4. Susu
Satu gelas susu skim dapat membuat tubuh mendapat antioksidan baik bersama dengan vitamin A dan D, kalsium dan protein. Semua nutrisi ini akan membantu tenang dan membantu melawan radikal bebas yang dilepaskan di dalam tubuh saat Anda merasa stres.

Sarapan penghilang stres terbaik adalah semangkuk sereal gandum dengan susu rendah lemak. Juga, minum segelas susu hangat sebelum tidur juga lebih baik. Bagi Anda yang tidak suka susu, Anda bisa mengonsumsi produk susu, seperti keju cottage dan yogurt.

5. Almond
Banyak jenis kacang terutama almond, mengandung banyak vitamin B dan E, magnesium, seng, selenium, dan minyak sehat yang memberikan manfaat sebagai penghilang stres. Selain itu, Almond juga dapat membantu ketegangan yang terus menyebar. Anda bisa memakan almond mentah atau dipanggang sebagai camilan sehat. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan almond dalam makanan pencuci mulut dan makanan yang dipanggang.

6. Beras Merah
Beras merah mengandung banyak vitamin B, yang sangat penting untuk menjaga sel, jaringan dan organ. Beras merah bekerja sebagai stabilisator suasana hati secara alami dan juga membantu dalam reaksi biokimia yang terlibat dalam fungsi otak, sel darah merah yang sehat, kekebalan dan fungsi jantung. Ketika tubuh mendapat vitamin B dalam jumlah yang cukup, Anda akan lebih mampu melawan stres dan banyak gangguan mood yang terkait dengan itu.
Ingat: Apabila Anda sedang merasa kesal atau murung, coba makanlah produk beras merah dan Anda akan segera merasa lebih baik
7. Blueberry
Blueberry mengandung banyak antioksidan yang membantu mengurangi tingkat stres. Blueberry juga mengandung vitamin C dan E bersama dengan mineral seperti magnesium dan mangan, yang membantu mengurangi stres. Makan blueberry secara teratur juga dapat membantu mengatasi depresi, insomnia dan gangguan suasana hati lainnya yang dapat dipicu oleh atau berkontribusi terhadap stres. Anda juga bisa menjadikan blueberry sebagai camilan buah atau menambahkannya ke salad buah.

8. Ikan Salmon
Salmon mengandung banyak asam lemak omega-3 dengan efek anti-inflamasi yang kuat. Asam lemak Omega-3 dapat meningkatkan zat kimia pada otak seperti serotonin yang membantu menjaga perasaan agar tetap tenang dan bahagia serta dapat mengatur hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Pada saat yang sama, asam lemak omega-3 juga membantu fungsi otak lebih efisien.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 atau 3 porsi Ikan salmon per minggu. Selain ikan salmon, Anda juga bisa mengonsumsi ikan berminyak lainnya seperti tuna, dan sarden. Jika perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 setiap hari setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

9. Alpukat
Alpukat banyak mengandung zat mineral, protein, dan vitamin C dan E. Alpukat juga kaya akan serat, kalium dan lemak sehat. Semua nutrisi ini membantu mengatur hormon stres dengan menjaga saraf dan sel-sel otak tetap sehat.

Makan alpukat setiap hari dapat secara signifikan menurunkan tingkat tekanan darah Anda dan mengurangi tingkat hormon stres Anda. Anda bisa makan alpukat polos, menjadikannya sebagai jus atau menambahkannya ke salad buah atau smoothie favorit Anda.

9 Makanan Enak yang ampuh Melawan Stres di atas tidak memberikan efek samping karena masih alami tanpa ada campuran kimia. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk merutinkan jenis makanan di atas sebagai menu makanan anda. namun, pada orang-orang tertentu tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi 9 makanan di atas dalam jumlah yang berlebih, hal itu bisa saja mengakibatkan dan menimbulkan penyakit seperti mengkonsumsi jeruk yang berlebih bisa membangkitkan asam lambung bagi yang sudah pernah mengalaminya. Semoga bermanfaat !


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved