Terwujud

Gelisah karena Sering buang Kecil?, Hati-hati dan atasi dirumah dengan 7 cara ini !



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
7 Cara Mengobati masalah sering buang air Kecil di rumah ~ Waspadalah jika sobat sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil, sebab hal itu bisa jadi salah satu tsobat ada yang tidak beres pada kesehatan tubuh sobat. Dalam keadaan normal, kandung kemih manusia dapat menyimpan urin hingga nyaman untuk pergi ke toilet, dari 4 hingga 8 kali per hari.
Obat Buang air kecil
Sering buang air kecil terjadi ketika tubuh Sobat tidak dapat mengontrol aktivitas buang air kecil secara akurat dan karena kandung kemih terlalu aktif, Sobat tidak dapat menahan urin dan perlu buang air kecil lebih sering.

Kandung kemih yang terlalu aktif
Menurut American Urological Association, sekitar 33 juta orang Amerika memiliki kandung kemih yang terlalu aktif dan sebanyak 30 persen pria dan 40 persen wanita di Amerika Serikat hidup dengan gejala kandung kemih yang terlalu aktif.

Ada banyak penyebab dibalik kandung kemih yang terlalu aktif. Beberapa penyebab umum termasuk usia tua, obesitas, kerusakan saraf, kehamilan, menopause, sistitis, diabetes yang tidak terkontrol, kristal agregat yang disebut kerikil di saluran kemih, infeksi saluran kemih, kanker kandung kemih dan penyakit seperti prostatitis, fibrosis prostat dan stenosis uretra.

Terlalu banyak asupan air, konsumsi kafein atau alkohol berlebihan, kecemasan dan obat-obatan yang menyebabkan peningkatan produksi urin dengan cepat atau mengharuskan Sobat membawa banyak cairan juga dapat menyebabkan masalah yang mengganggu hal tersebut.

Karena kandung kemih terlalu aktif, Sobat mungkin mengalami gejala seperti peningkatan dorongan untuk buang air kecil, buang air kecil yang tidak terkendali, nyeri saat buang air kecil , pembekuan darah di urin, nyeri perut bagian bawah, nyeri pada kandung kemih dan nyeri di punggung serta area pinggul.

Sering buang air kecil bukan masalah yang sangat serius, tetapi dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan karena Sobat harus buang air kecil beberapa kali sehari, bahkan di malam hari. Untungnya, Sobat dapat mengobati masalah menjengkelkan ini dengan beberapa pengobatan di rumah yang efektif. Bagaimana dan apa saja cara mengatasinya?, berikut penjelasan 7 Cara Mengobati masalah sering buang air Kecil di rumah, check it out !

1. Latihan kegel (latihan dasar panggul)
Melakukan latihan Kegel secara teratur dapat membantu Sobat mengatasi sering buang air kecil. Latihan kegel, juga dikenal sebagai latihan dasar panggul, terdiri dari kontraksi berulang dan merelaksasi otot-otot dasar panggul untuk membuatnya lebih kuat. Dengan memperkuat otot uretra dan panggul Sobat, latihan ini mendukung kandung kemih .

Sebuah studi 2017 yang diterbitkan dalam Journal of the Brazilian Medical Association menemukan bahwa latihan otot dasar panggul memperbaiki simtomatologi, fungsi otot dasar panggul dan kualitas hidup wanita dengan gejala kandung kemih yang terlalu aktif .

Duduk atau berbaring di tempat yang tenang dan temukan otot-otot Kegel Sobat. Ini adalah otot yang Sobat gunakan untuk menghentikan aliran urin saat buang air kecil. Kontrak otot-otot ini selama 5 detik, saat bernapas normal. Otot perut, punggung, samping dan paha tidak seharusnya kencang saat Sobat melakukan ini.

Relaks selama 5 detik dan ulangi lagi, Ulangi 10 hingga 20 kali per sesi dan Lakukan ini setidaknya 3 kali sehari.

2. Gunakan Cuka sari apel
Ketika datang ke pengobatan rumah untuk sering buang air kecil, cuka sari apel juga efektif untuk mengatasinya. Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu memerangi segala infeksi yang dapat menyebabkan sering buang air kecil . Ini juga mengurangi rasa sakit yang terkait dengan infeksi pada sistem pencernaan. Selain itu, cuka sari apel adalah sumber yang kaya enzim, potasium dan mineral lainnya yang bermanfaat, dan membantu mengembalikan keseimbangan pH alami tubuh.

Tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel mentah tanpa filter dan 1 sendok teh madu mentah ke segelas air hangat. Minum dua kali sehari. Selain itu, Sobat juga dapat menambahkan 1 hingga 2 cangkir cuka sari apel ke air mandi Sobat. Rendam selama 15 hingga 20 menit. Lakukan ini sekali sehari sampai kondisi Sobat membaik.

3. Kompres dengan air Hangat
Untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan kandung kemih yang terlalu aktif, tidak ada yang bisa lebih baik daripada kompres air hangat yang menenangkan . Panas akan membantu meminimalkan tekanan kandung kemih serta mengendurkan otot-otot Sobat, sehingga mengurangi rasa sakit. Caranya:
  • Bungkus botol air panas dengan handuk.
  • Berbaring dan letakkan di atas kandung kemih bawah Sobat.
  • Biarkan di sana selama mungkin.
  • Ulangi sesuai kebutuhan.
  • Sobat juga bisa menggunakan bantal pemanas untuk menghilangkan rasa sakit. 
4. Konsumsi Yoghurt
Menjaga kandung kemih Sobat untuk tetap sehat adalah tindakan pencegahan untuk kandung kemih yang terlalu aktif. Untuk kesehatan kandung kemih, yogurt termasuk dalam pilihan yang sederhana namun sangat efektif. Menjadi makanan probiotik, yogurt dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di saluran kemih dan meningkatkan keseimbangan bakteri yang sehat di usus Sobat. Ini membantu mengobati infeksi saluran kemih dan meningkatkan kesehatan ginjal serta pencernaan pada saat yang sama.

Setiap hari, Sobat harus makan 1 atau 2 mangkuk yogurt untuk hasil terbaik. Ingatlah untuk tidak mengonsumsi yogurt beraroma, karena mengandung pemanis dan zat buatan.

5. Hindari Diet Tertentu
Diet tertentu dapat menjadi pemicu dan membuat kandung kemih Sobat terlalu aktif dan menyebabkan lebih banyak buang air kecil. Dalam skenario seperti itu, yang terbaik adalah menghindari pemicu diet sebanyak mungkin.

Makanan dan minuman yang diketahui berkontribusi terhadap kandung kemih terlalu aktif adalah minuman berkafein; jus dan buah jeruk; soda dan minuman berkarbonasi lainnya; cokelat; makanan pedas; pemanis buatan; susu dan produk susu; dan gula dan makanan tinggi gula.

Meskipun jus cranberry sering direkomendasikan untuk kesehatan kandung kemih, sebenarnya berfungsi sebagai iritasi jika Sobat memiliki kandung kemih terlalu aktif. Jadi, hindari jus ini.
Sobat juga harus membatasi asupan alkohol Sobat, karena minum terlalu banyak alkohol juga dapat menyebabkan sering buang air kecil.

6. Asupan Cairan yang Tepat
Kandung kemih yang terlalu aktif tidak berarti Sobat harus membatasi asupan cairan. Bahkan, Sobat harus mencoba minum cukup cairan untuk menjaga tubuh Sobat terhidrasi, tetapi hindari asupan berlebih dengan biaya berapa pun. Tanyakan kepada dokter Sobat berapa banyak cairan yang Sobat butuhkan setiap hari.

Jika Sobat tidak minum cukup cairan, urin Sobat menjadi pekat dan dapat mengiritasi lapisan kandung kemih Sobat. Ini pada gilirannya akan meningkatkan dorongan untuk buang air kecil. Dehidrasi bahkan dapat memperburuk beberapa kondisi, terutama konstipasi kronis dan intensitas sakit kepala.

Sobat harus menghindari minum terlalu banyak cairan tepat sebelum tidur , karena Sobat mungkin harus mengosongkan kandung kemih lebih sering pada malam hari dan ini hanya akan memengaruhi tidur Sobat.

7. Hindari Sembelit
Tinja yang keras dapat menekan saluran kemih dan menghalangi aliran air kencing, memungkinkan bakteri untuk tumbuh dan meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kandung kemih terlalu aktif.

Oleh karena itu, penting untuk buang air besar secara teratur dan mencegah konstipasi. Untuk mencegah sembelit, sertakan makanan berserat tinggi dalam diet Sobat. Serat membantu melunakkan tinja dengan menarik air ke dalamnya, membuatnya lebih besar dan lebih mudah untuk dilewatkan.

Untuk mendapatkan serat , sertakan sereal dan roti gandum, beras merah, kacang, kacang, dan buah dan sayuran segar dalam diet Sobat.

Tips Tambahan
  • Jika Sobat perlu pipis, lakukan saja. Jika Sobat menahannya maka itu akan meningkatkan risiko infeksi. 
  • Jangan kenakan pakaian ketat, terutama pakaian dalam.
  • Jadwalkan atau latih kebiasaan pergi ke toilet untuk pipis, hal ini akan membuat tubuh Sobat dilatih untuk buang air kecil pada waktu yang sama setiap hari.
  • Jika Sobat kelebihan berat badan, cobalah menurunkan berat badan. Kandung kemih Sobat akan menderita lebih banyak tekanan karena kelebihan berat badan.
  • Berhenti merokok. Tidak hanya mengiritasi kandung kemih, hal itu juga bisa meningkatkan risiko kanker pada kandung kemih.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

1 komentar:

Apa kabar Mas? lama nggak muncul kemana aja nih..? atau saya yang lama nggak dateng kesini...?

ok tutor sangat bagus buat antisipasi jika sewaktu waktu ada serangan Gelisah karna gangguan saluran pembuangan air...

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved