Terwujud

Apa itu Jerawat, Penyebab jerawat, Tipe Jerawat dan Siapa yang kena jerawat? akan dijelaskan disini !



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
cara-menghilangkan-jerawat
Tahukah kamu apa itu Jerawat ?
Jerawat adalah kondisi kulit yang berkembang di dalam pori-pori di sekitar folikel rambut dan kelenjar yang memproduksi minyak. (1) Istilah ini sering disebut sebagai jerawat, komedo hitam dan komedo putih.

Menurut pengertian lain sebagaimana yang dikutip dari situs klikdokter.com diterangkan bahwa Jerawat (Ance) merupakan gangguan kulit yang berhubungan dengan produksi minyak atau sebum yang berlebih. Dengan kelebihan minyak tersebut, maka akan menyebabkan peradangan dan penyumbatan pada pori-pori kulit, akibatnya akan memunculkan tanda munculnya benjolan kecil di atas kulit, dan terkadang benjolan kecil tersebut berisi nanah.

Tidak jauh berbeda, situs Alodokter.com menerangkan bahwa Jerawat adalah masalah pada kulit yang datang ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Dikatakan juga bahwa kondisi tersebut akan mengakibatkan munculnya bintik-bintik di area tubuh seperti leher, dada, wajah dan punggung.

COBA BACA JUGA:
Bagaimana Jerawat Bisa Datang ?
Jerawat bukanlah tamu yang tidak diundang, kehadiran jerawat bisa disebakan oleh faktor internal dan eksternal. Mungkin sebagian orang tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari bisa menyebabkan jerawat muncul, maka dari itu dengan mengetahui apa saja Penyebab Jerawat muncul bisa menjadi acuan kamu untuk terbebas dari jerawat. Untuk menghidari munculnya jerawat yang dapat menggangu kamu, maka hindari beberapa kebiasaan berikut ini:

1. Saat datang bulan/menstruasi pada wanita
Pada umumnya, salah satu penyebab jerawat muncul ketika wanita memasuki masa menstruasi. Hal ini terjadi disebabkan adanya perubahan hormon yang tidak stabil dan membuat perubahan pada kulit. Saat menjelang menstruasi, hormon estrogen dan progesteron yang mengalami kenaikan jumlah hormon pada tubuh wanita akan meningkatkan produksi sebum pada kulit. Perlu diketahui bahwa sebum merupakan substansi minyak bertekstur kental yang menjadi pelumas alami bagi kulit. Jadi, apabila sebum yang muncul pada kulit bercampur dengan kulit mati dan bakteri, maka hal itu akan menyumbat pori-pori dan akhirnya menjadi jerawat pada kulit. Perlu dicatat bahwa tidak semua wanita mengalami hal ini, abayak juga sebagian wanita yang bebas dari munculnya jerawat saat mereka sedang menstruasi.

2. Penggunaan make-up yang berlebihan
Umumnya, untuk kaum hawa make-up bisa dikatakan sesuatu yang wajib dilakukan, hal tersebut bertujuan agar wajah semakin cantik dan indah dipandang. Selain itu, bermake-up juga terkadang menjadi tuntutan pekerjaan. Namun, tidak selamanya wajah kamu harus dioles dengan make-up, sebab ada dampak negatif yang bisa menyebabkan wajah bermasalah seperti munculnya jerawat.

Selain memperhatikan bahan make-up yang kamu gunakan, kamu juga harus memperhatikan jumlah dan waktu dalam bermake-up. Sebagaimama dilansir dari liputan6.com, menjelaskan bahwa Ahli kulit, dr Idi Martins memperingati wanita untuk tidak menggunakan makeup secara berlebihan. Penggunaan make-up dianjurkan untuk dilakukan secara sederhana, karena jika berlebihan, maka hal itu dapat membahayakan kulit yang berasal dari kuman dan racun.

Bagi kamu yang mempunyai jerawat, maka sebelum memakai make-up, sebaiknya gunakan obat jerawat, kemudian bersihkan make-up bila hendak tidur. Untuk kulit yang berjerawat sebaiknya memilih jenis make-up dengan label bebas minyak dan tidak menyebabkan komedo atau bisa juga menggunakan jenis make-up yang bisa membantu menyembunyikan jerawat.

3. Terlalu sering memencet jerawat
Sebagian orang berkeinginan untuk menghilangkan jerawat dengan cara memencetnya, namun tanpa ia sadari, justru apa yang dilakukannya dapat menimbulkan masalah baru pada kulit. Saat jerawat ditekan atau dipencet, maka sumbatan pada pori-pori kulit akan masuk lebih dalam dan ini akan membuat proses penyembuhan lebih lama serta akan meninggalkan bekas jerawat. Daripada memencet jerawat, lebih baik kamu menggunakan obat khusus jerawat.

“hindari menyentuh apalagi memencet jerawat dengan tangan yang kotor, sebab minyak dan kotoran dari tangan akan menyumbat pori-pori dan membuat jerawat semakin banyak. Memencet jerawat bisa berbahaya, namun jika terpaksa harus dipencet, maka untuk memencet jerawat harus dilakukan dengan hati-hati. sangat tidak disarankan untuk memencet jerawat dengan jari, hal itu akan merusak kulit sekitar jerawat dan dapat memperburuk kondisinya. sebaiknya, sterilkan sebuah jarum dengan menggunakan alkohol atau air panas kemudian pencet jerawat dengan sungguh-sungguh pada bagian depan yang berwarna putih, di bagian atas jerawat sampai nanahnya keluar. “

4. Terkontaminasi saat berada di luar
Kegiatan rutin, pekerjaan atau aktivitas lainnya tentu mengharuskan kamu keluar rumah. Seperti yang kita ketahui bahwa area diluar rumah akan banyak menimbulkan masalah seperti udara, sinar matahari, debu dan lain sebagainya. Salah satu pemicu munculnya jerawat akibat debu-debu yang menempel pada wajah. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan masker atau alat apa saja yang bisa melindungi wajah kamu dari debu, sinar matahari atau sesuatu yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

5. Banyak konsumsi makanan manis dan olahan
Memang tidak bisa dipastikan jenis makanan apa saja yang menyebabkan munculnya jerawat, akan tetapi sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan manis dan olahan seperti pasta, roti putih, keripik kentang, biskuit, keik dan makanan dari produk susu. Konsumsi jenis makanan ini secukupnya saja dan tidak berlebihan, jika tidak maka hal itu akan berpengaruh terhadap munculnya jerawat.

6. Penggunaan ponsel
Smartphone/ponsel tidak bisa dihindarkan di era digital ini, sebab smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki semua orang sebagai alat komunikasi dalam berbagai hal. Namun, sebaiknya kamu teliti untuk membersihkan layar pada ponsel. Ponsel yang baru selesai digunakan menelepon akan terkena minyak atau keringat, apalagi jika tekanan pada pipi dan bisa saja memicu jerawat pecah. Kotoran berserta bakteri pada ponsel yang tidak dibersihkan akan menempel pada wajah dan menjadi faktor pemicu munculnya jerawat. Sebaiknya gunakan ear phone saat kamu hendak menelepon.

7. Tidak sabar/malas mengobati jerawat
Banyak orang yang mau menyembuhkan jerawat dengan cepat sehingga cara instan tak jarang dilakukan. Namun, bukannya sembuh, malah jerawat semakin banyak bermunculan. Oleh karena itu, jangan malas mengobati jerawat. Proses penyembuhan jerawat tidak sebentar, setidaknya membutuhkan beberapa minggu. Kamu harus tahu bahwa jerawat tidak akan hilang hanya dalam satu hari. Apabila obat jerawat yang kamu gunakan belum mampu mengatasi masalah kulit kamu yang berjerawat, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan penangan lebih lanjut.
“banyak lagi yang menyebabkan munculnya jerawat seperti:
Tidak membersihkan wajah secara teratur
Pola makan yang tidak seimbang
Alergi pada kosmetik tertentu
Masalah pada kesehatan
Produksi minyak yang berlebihan
Ketidakseimbangan hormon
Terlalu Stres berlebihan
Perubahan iklim atau cuaca
Siapakah yang bisa kena jerawat?
Umumnya jerawat bisa dialami oleh siapa saja, akan tetapi sebagian besar kasus jerawat terjadi dan muncul pada masa-masa puber yaitu pada remaja berusia sekitar 10-13 tahun. Jerawat pada remaja juga akan hilang dengan sendirinya pada awal usia 20 tahun, akan tetapi pada sebagian kasus, masih ada juga yang mengalami masalah jerawat hingga usianya mencapai 30 tahun lebih, terutama pada wanita.

Selain itu, jerawat juga bisa datang karena faktor pemicunya seperti wajah yang terkena debu, kulit berminyak secara berlebihan dan menyebabkan debu serta bakteri menempel pada wajah, alergi kosmetik dan lain sebagainya. Jadi, orang bisa saja mengalami wajah berjerawat jika penyebab muncul nya jerawat ada padanya.

3 tipe jerawat, kamu yang mana?
Menurut dokter ahli kulit dan wajah, setidaknya ada 3 Tipe Jerawat yaitu:
1. Jerawat Ringan
Biasanya ada di wajah, punggung atau dada.Sebagian besar remaja mengalami jera wat tipe ini. Jerawat ringan dapat diobati dengan obat jerawat yang dibelidari apotik atau toko obat."

2. Jerawat sedang
Jumlahnya sekitar 20 hingga 60 buah,berukuran kecildan sedang. Biasanya tumbuh di wajah,punggung, dan dada. Jerawat sedang ini perlu bantuan perawatan dari dokter."

3. Jerawat Berat
Jenis ini sangat jarang dan harus diobati dokter atau spesialis.

Semoga artikel yang menjelaskan tentang pengertian jerawat, penyebab munculnya jerawat serta siapa saja yang bisa terkena jerawat dapat membantu kamu untuk lebih berhati-hati, waspada dan selalu menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit khususnya area wajah agar tidak mendapat masalah jerawat pada wajah.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 12 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Ternyata dari ponsel juga bisa bikin jerawatan ya kak.. pantes kalau hp kotor suka ada jerawat di pipi

    ReplyDelete
  2. Kalo gw lupa bersihin muka habis pulang kantor, nanti jerawatan.

    ReplyDelete
  3. thank you for greatly informative article Ibrahim

    this is really useful stuff to know about
    thanks again

    ReplyDelete
  4. yang pasti kami tak suka jerawat hehehe

    ReplyDelete
  5. Nice article. Saya baru tau smartphone bisa menjadi penyebab jerawat. Kalau terapi alami ya sering2 sauna & berwudhu

    ReplyDelete
  6. Benar hak sih kalau jerawat itu karna rindu juga bisa jerawatan, misal nya buat yg lagi pacaran rindu sama pacar nya, apa itu hanya mitos saja...

    ReplyDelete
  7. Banyak juga ternyata penyebab jerawat.. Taunya stress dan bersih klo cuci muka

    ReplyDelete
  8. This is really interesting and useful information, as acne is a really troublesome problem for many people...many thanks for sharing.😊😊

    ReplyDelete
  9. Saya kalau menjelang Menstruasi pasti jerawatan....nyebelin banget, hehehe

    ReplyDelete
  10. Oh, ya...jerawat saya kayanya termasuk yang ringan.

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved