Terwujud

APa itu ipv6 ? Dan Mengapa Sangat Penting ?



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
ipv6
IPv6 (Internet Protocol version 6) adalah versi terbaru dari protokol internet. IPv6 sebuah protokol Internet ( komunikasi ) yang menyediakan sistem identifikasi dan lokasi untuk komputer di jaringan dan merutekan lalu lintas di Internet. IPv6 (Internet Protocol version 6) hadir untuk menangani masalah kelelahan alamat IPv4. IPv6 dikembangkan oleh Internet Engineering Task Forcedan bermaksud untuk menggantikan Ipv4.

Paket IPv6 ( (Internet Protocol version 6) memiliki dua bagian, yaitu : header dan payload.Header terdiri dari bagian tetap dengan fungsionalitas minimal yang diperlukan untuk semua paket dan dapat diikuti oleh ekstensi opsional untuk mengimplementasikan fitur-fitur khusus.Sedangkan Payload adalah sebuah struktur kode yang khusus yang berguna untuk mengirimkan kode data yang kita gunakan yang di dalamnya berisi bug ( url host ).

Header tetap menempati 40 Oktet pertama (320 bit) dari paket IPv6 yang berisi alamat tujuan ,sumber , opsi klasifikasi lalu lintas, hop - hop, dan jenis ekstensi opsional atau payload yang mengikuti header. Bidang next header ini memberi tahu penerima cara menafsirkan data yang mengikuti tajuk. Jika paket berisi opsi bidang ini bermuatkan jenis opsi dari opsi berikutnya. Bidang next header dari opsi terakhir, menunjuk ke protokol lapisan atas yang dibawa dalam muatan paket.
Tanpa opsi khusus, Payload harus kurang dari 64 kb. Dengan opsi jumbo payload (dalam header ekstensi hop hop Options), payload harus kurang dari 4 GB.Berbeda dengan IPv4, router tidak pernah memecah sebuah paket. Host diharapkan agar menggunakan path MTU discovery untuk membuat paket mereka cukup kecil untuk mencapai tujuan tanpa harus terfragmentasi.

IPv6 (Internet Protocol version 6) memberikan manfaat teknis lainnya selain ruang pengalamatan yang lebih besar. Secara khusus memungkinkan metode alokasi alamat hirarkis yang memfasilitasi agregasi rute di Internet dan dengan demikian membatasi perluasan tabel routing. Penggunaan pengalamatan multicast diperluas dan disederhanakan, dan memberikan optimisasi tambahan untuk pengiriman layanan. Aspek keamanan ,mobilitas perangkat, dan konfigurasi telah dipertimbangkan dalam desain protokol.

Alamat IPv6 direpresentasikan sebagai delapan grup, dipisahkan oleh titik dua, dari empat digit heksadesimal. Representasi penuh dapat disederhanakan dengan beberapa metode notasi : Contohnya : 2001: 0db8: 0000: 0000: 0000: 8a2e: 0370: 7334 menjadi 2001: db8 :: 8a2e: 370: 7334.
Selain IPv6 menawarkan lebih banyak alamat, IPv6 juga mengimplementasikan fitur yang tidak ada di IPv4 (Internet Protocol version 4) . Ini menyederhanakan aspek-aspek konfigurasi alamat, jumlah jaringan, dan pengumuman router ketika mengubah penyedia konektivitas jaringan. Ini juga menyederhanakan pemprosesan paket dalam router dengan menempatkan tanggung jawab untuk fragmentasi paket ke titik akhir. Ukuran Subnet IPv6 distandarisasi dengan memperbaiki ukuran porsi pengidentifikasi host alamat menjadi 64 bit.

IPv4 (Internet Protocol version 4) dengan Jumlah alamat menggunakan 32 bit sehingga jumlah alamat unik yang didukung terbatas 4.294.967.296 atau di atas 4 miliar alamat IP saja. Beda dengan IPv6 (Internet Protocol version 6) sudah menggunakan 128 bit untuk mendukung 3.4 x 10^38 alamat IP yang unik.Sehingga sudah banyak negara yang sudah mulai menerapkan dan menggunakan IPv6.
Jika sudah tahu apa itu IPv6 maka, sebagai informasi tambahan bahwa penyedia layanan VPS Indonesia paling murah DomaiNesia sudah menggunakan IPv6 (Internet Protocol version 6) sehingga semua hosting sudah support Ipv6.Salah satu manfaat hosting yang sudah support Ipv6 yaitu kita bisa mengakses website dari jaringan yang hanya menggunakan Ipv6.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 2 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. untuk melakukan perubahan daripada ipv4 ke ipv6, ia mengambil masa berapa lama?

    ReplyDelete
  2. Jaman kuliah dulu bejibaku sama kaya ginian, ampe nguing2 di kepala, lha sekarang kok udah lupa semua hahaha

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved