Terwujud

Cara Membuat dan Menentukan Nama Channel di Youtube



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Membuat channel di yuoutube itu mudah sebenarnya, namun kalau tujuannya kedepan untuk menjadikan channel itu mudah diingat, menjadi brand yang terkenal dan mampu bersaing dengan channel-channel lainnya, maka perlu analisis yang optimal dalam membuat nama channel youtube. Nah, pada artikel ini saya mau sharing tentang bagaimana sih cara menentukan nama channel youtube. Sebenarnya untuk membuat nama channel youtube caranya sangat lah mudah, akan tetapi tujuan utama kita adalah bagaimana caranya agar channel kita tersebut teroptimalisasi dengan baik dan benar baik dari sisi SEO nya maupun dari kemudahan viewer menemukan dan mengingatnya. Jadi, sebelum saya membuat channel yaitu channel IL TV, terlebih dahulu saya sudah membuat sketsa beberapa nama dengan akurasi terperinci sehingga channel IL TV siap meluncur, bagaimana cara saya menentukan channel youtube, simak terus artikelnya !

Males baca tulisan, tonton aja videonnya !

Sebelum kawan-kawan menentukan nama dari channel youtube, sebaiknya perhatikan 5 poin penting berikut ini:
1. Tinjau dari sisi akurasi tingkat persaingan
2. Tinjau dari sisi Brand Channel itu sendiri
3. Tinjau dari sisi kemudahan untuk mengingatnya
4. Tinjau dari sisi kepemilikan channel
5. Tinjau dari sisi relevansi Channel dengan Konten video

Sebelum masuk pada tahap penentuan nama channel youtube kawan-kawan, mari kita bahas satu-persatu 5 poin penting yang saya sebutkan tadi.

1. Pertama, menganalisis tingkat persaingan channel. Sebagimana yang kita ketahui bahwasanya banyak sekali channel-channel yang telah menduduki peringkat atas, nah jika kawan-kawan ingin channel kawan-kawan tersebut tidak terhindden atau jauh sekali mendapat perhatian mesin pencari ketika keyword channel kawan-kawan diketik, maka sebaiknya hindari nama channel dengan tingkat persaingan yang tinggi.

Ketika saya membuat channel IL TV, saya mencoba mengetikkan nama channel ini di kolom pencarian search engine google dan juga kolom pencarian youtube itu sendiri. Setelah saya tinjau, maka tingkat persaingan nama channel IL TV tidak begitu tinggi, sehingga saya memutuskan untuk memilih channel ini. Jadi, pada poin pertama, saya memilih akurasi persaingan IL TV dalam kawasan tingkat persaingan sedang.

Akan tetapi, bagi kawan-kawan yang sudah punya nama channel dengan akurasi persaingan yang tinggi, maka kawan-kawan bisa menentukan apakah kawan-kawan siap bersaing atau sebaliknya dengan mencari nama channel baru yang persaingan nya masih bisa dijangkau.

2. kedua, menganalisis brand dari nama channel itu sendiri. Kedepannya, saya berkeinginan supaya channel IL TV ini punya brand tersendiri yang akan diingat para subscribe dan viewer. Sama seperti channel dengan brand yang sudah terkenal seperti deddy corbuzier, ria ricis, sule channel, jess no limit dan yang lainnya. Ketika viewer mau ke channel mereka, biasanya para viewer terlebih dahulu mengetikkan nama channel nya ketimbang keyword dari konten yang dibuat, dan yang lebih keren lagi, nama channel mereka sudah terekam di sisitem penelusuran mesin pencari. Jadi, saya merekomendasikan kepada kawan-kawan untuk menganalisis channel kawan-kawan dengan visi dan misi agar channel kawan-kawan akan menjadi brand yang selalu di ingat para subscriber dan viewer kawan-kawan nantinya.

3. ketiga, Buatlah channel yang mudah dan gampang di ingat. Bayangkan jika kawan-kawan jumpa nama channel seperti “dibutax24gaming, djapurkategramchannel atau ibrahimlubischanneltv dan lain sebagainya”, walaupun tidak menjadi pengaruh dengan jumlah subscriber dan rating viewew, tentu channel tersebut susah sekali mengingatnya, gimana, setujukan kawan-kawan !. Nah, atas dasar itulah saya memutuskan untuk menyingkat Ibrahim Lubis TV menjadi IL TV, selain singkat tentunya kata IL TV sangat mudah sekali untuk diingat dibanding dengan Ibrahim Lubis TV. Selain kurang keren, Ibrahim Lubis TV juga masuk dalam tingkat persaingan yang tinggi, sehingga bisa saja channel saya terpengaruh dan tidak bisa bersaingan dengan channel yang lainnya yang terlebih dahulu dibuat.

4. keempat, usahakan untuk membuat channel yang tidak ada channel yang sama selain channel kawan-kawan. Walaupun hal ini sangat sulit mengingat banyak sekali aneka ragam channel di seluruh dunia saat ini, sebaiknya kawan-kawan mengupayakan bahwa pemilik channel tersebut hanya satu channel. Akan tetapi, jika itu mustahil, maka upayakan bahwa channel yang kawan-kawan buat hanya memiliki jumlah yang sedikit dengan channel yang sama. Seperti IL TV, jumlah channel yang sama dengan channel saya tidak terlalu banyak, sehingga channel IL TV mampu bersaing dan bisa saja menduduki peringkat pertama ketika keyword “IL TV” di tulis.

5 . kelima, upayakan nama channel kawan-kawan menggambarkan isi konten video nya, tujuannya agar viewer lebih mudah mengingat dan menentukan bahwa channel kawan-kawan membahas tema tertentu saja.

Contohnya seperti channel bg tutorial, setelah dibuka memang benar isi konten video beliau tentang berbagai tutorial dan yang berkaitan dengan itu. Pastinya subscriber dan viewer beliau memasukkan channel tersebut ke draft tutorial sehingga kapan saja mereka ingin belajar tentang tutorial, maka mereka akan terlebih dahulu ke channel bg tutorial (akurasi nya diperkirakan 70%). Namun, nama channel dan isi konten tidak selamanya harus sesuai dan relevan, misalnya channel den jc, channel ini focus membahas tentang trik dan tips seputar youtube.

Jadi, pada poin ke lima ini tergantung pada kawan-kawan saja. Pada poin ke lima ini, saya tidak terlalu ambil pusing, sebab channel IL TV sama sekali tidak relevan dengan kontennya, di mana konten pada channel ini lebih banyak dan focus membahas tentang tutorial youtube, tips seputar youtube dan optimalisasi konten video youtube. Walaupun demikian, bisa saja nantinya saya akan membahas konten yang sedikit berbeda namun tetap menyesuaikan relevansinya dengan jumlah persentase video sebelumnya.

Oke kawan-kawan, demikian saja pembahasan tentang bagaimana Cara Menentukan Nama Channel Youtube. Pembahasan pada artikel dan video di atas sudah saya lewati dan tidak ada salahnya jika saya sharing kepada kawan-kawan, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih, assalamualaikum wr wb.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved