Terwujud

Cara Mudah Membuat Blog Pribadi yang Berkualitas dan Menghasilkan



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
platform

Blog merupakan wadah untuk berbagi informasi seputar apa saja, baik itu informasi yang membahas seputar kehidupan, politik, bisnis, ekonomi, fashion dan lain sebagainya. Untuk membuat blog tidak harus bagi mereka yang paham coding saja, namun siapa saja bisa membuat blog dengan mudah, termasuk kamu. Jadi, jangan ada spekulasi bahwa jika tidak bisa coding berarti tidak bisa membuat blog, itu merupakan pola pikir yang salah.

Untuk membuat blog pribadi walau tanpa mengetahui dan memahami ilmu coding, kamu bisa membuatnya dengan bantuan platform pembuatan blog yang popular digunakan banyak orang yaitu platform seperti wordpress, bahkan dalam hitungan menit, kamu sudah bisa membuatnya.

Di sini saya akan memberikan penjelasan singkat tentang cara untuk membuat blog pribadi yang berkualitas mulai dari pemilihan topik, hosting, domain dan yang lainnya. Selain itu saya juga akan mengarahkan kamu untuk membuat bagaimana cara mengoptimasi blog yang kamu buat agar blog tersebut berkualitas kedepannya.

Sebelum kamu membuat blog pribadi kamu, sebaiknya rencanakan 4 hal yang penting sebelum membuat blog yaitu:
  • Menentukan topik utama sesuai hobi dan minat kamu
  • Memilih platform blog terbaik
  • Memilih layanan hosting terbaik dan berkualitas
  • Menentukan nama domain yang tepat
Tahukah kamu apa manfaat blog bagimu?
Jika blog yang kamu buat dikelola dengan baik dan professional, maka bukan tidak mungkin blog tersebut kedepannya akan memberikan tawa senyum kepadamu dan bisa jadi blog itu juga akan menjadi kamu seorang yang sukses mendapatkan pundi-pundi rupiah. Lalu apa saja manfaat blog itu?

1. Tempat berbagi pengetahuan
Di jaman ini, segala jenis informasi bisa dicari dengan mudah, cukup mengaktifkan koneksi internet, maka kamu sudah bisa berselancar di dunia maya dengan tujuan untuk mengetahui segala jenis informasi yang kamu butuhkan, dan salah satu penyedia informasi tersebut dapat kamu peroleh melalui blog.

2. Pegembangan Potensi diri
Jika kamu seorang yang kreatif, punya potensi dan lain sebagainya, kamu bisa memberi tahu semua orang diseluruh dunia melalui blog. Publikasikan kemampuan kamu melalui blog yang kamu, berikan sedikit tutorial dan metode untuk para pembaca agar mereka tahu potensi kamu.

3. Dunia bisnis secara online
Blog juga bisa dijadikan wadah untuk memulai usaha online. Bagi kamu yang ingin berbisnis di dunia maya, maka tepat sekali menjadikan blog sebagai jembatannya, kamu bisa menggunakan berbagai metode untuk mendapatkan uang melalui blog seperti membuat toko online, menjadi fatner google adsense, bergabung di afilasi program dan lain sebagainya.

Sebenarnya banyak lagi manfaat blog seperti wadah penyedia jasa, untuk meningkatkan trafik website, mendapatkan banyak leads, icon diri dan lain sebagainya.

Jika kamu sudah mengetahui apa saja manfaat blog, maka sudah saatnya kamu membuat blog, jadi tidak perlu basa basi, mari kita mulai langkah awal bagi kamu menjadi seorang blogger sukses dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Menentukan topik utama sesuai hobi dan minat kamu
Membuat topic utama yang akan kamu buat merupakan langkah awal yang penting dalam membuat blog. Dengan membuat topic utama yang jelas, akan memudahkan kamu dalam mengembangkan blog kedepannya. Kamu akan paham dan tahu apa yang akan kamu capai, kamu juga akan mengerti jenis konten apa saja yang akan kamu sajikan. Maka dari itu, pastikan topik yang kamu pilih sesuai dengan hobi dan minat kamu, agar blog kamu kedepannya menjadi blog yang berkualitas.

Banyak sekali topic yang bisa kamu pilih seperti traveling, kuliner, teknologi, gadget, olahraga, seni, music, budaya, fashion, otomotif, kecantikan dan lain sebagainya, jadi topic mana yang akan kamu pilih sesuai minat?

2. Memilih platform blog terbaik
Jika kamu sudah tahu topik yang akan kamu pilih, maka saatnya untuk memilih jenis platform blog terbaik untukmu. Sebagai informasi dasar bahwa platform merupakan media yang akan kamu gunakan untuk mengelola blog kamu mulai dari tahap editing, membuat konten, mempublish sampai optimasi blog.

Sebagaimana yang jelaskan di atas bahwa tidak sulit untuk membuat blog, tidak perlu mengetahui kode-kode rumit untuk membuat blog berkualitas, sebab dengan adanya platform, kamu dengan mudah membuat blog. Platform yang bisa kamu pilih yaitu wordpress dan blogspot. 

Dua platform di atas merupakan platform yang sering digunakan dan mempunyai kelebihan masing-masing, namun bagi kamu yang ingin membuat blog berkualitas dan akan dijadikan sebagai blog untuk bisnis dan professional, maka saya sarankan untuk memilih platform wordpress.

3. Memilih layanan hosting terbaik dan berkualitas
Hosting merupakan tempat untuk menyimpan semua file di website mulai dari konten, gambar, video, audio, teks, tema sampai pengaturan.

Jika kamu menggunakan blogspot, secara otomatis hosting disediakan oleh platform tersebut yang diinangi oleh google, jadi kamu akan mendapatkan hosting gratis, namun jika kamu memilih wordpress.org, maka kamu harus menyewa hosting secara mandiri. Ada berbagai macam hosting yang bisa kamu gunakan mulai dari shared hosting, cloud hosting hingga VPS hosting. 

Untuk jenis hosting yang paling cocok saya rekomendasikan kamu memilih shared hosting sebagai tahap awal, mengapa? Alasannya cukup sederhana karena shared hosting adalah jenis hosting yang paling murah dan paling mudah pengelolaannya.

Untuk membeli hosting juga sangat mudah, kamu cukup menuju situs penyedia layanan hosting pilihan kamu dan pilih paket hostingnya. Untuk mempermudah kamu, saya merekomendasikan situs penyedia layanan hosting yang berkualitas, aman dan terpercaya yaitu Niagahoster. selain terpercaya, aman dan berkualitas, dengan membeli hosting di niagahoster, kamu juga bisa mendapatkan domain gratis, woow, menarik bukan?

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan hosting super cepat dan tingkat keamanan website ekstra jika kamu memilih Niagahoster untuk hosting kamu.

Untuk pilihan paketnya sendiri juga beragam, mulai dari paket bayi (sangat murah), pelajar (murah), personal (terjangkau) dan bisnis (eksekutif). Jadi kamu tinggal pilih aja ya..!

Bagi kamu yang tidak puas dengan layanan dari Niagahoster, maka kamu akan mendapatkan garansi selama 30 hari, garansinya adalah uang kamu akan dikembalikan. Wow,…gile bener kan !

Menentukan nama domain yang tepat
Selain hosting, kamu juga membutuhkan sebuah domain untuk blog kamu. Domain merupakan alamat yang akan digunakan untuk mengakses website kamu, so tentukanlah dengan bijak domain kamu, usahakan domain yang kamu buat itu mudah diigat dan selaras dengan topik blog yang kamu pilih.
Jadi menurut saya, usahakan untuk membuat domain dengan beberapa langkah seperti:
  • Nama domain yang mudah dieja
  • Nama domain yang singkat
  • Menghindari angka dan tanda hubung
  • Nama domain yang mudah diigat
  • Nama domain yang selaras dengan topik
Jika nama domain sudah dapat gambarannya, maka sekarang saatnya untuk mencoba ketersediaannya. Kamu bisa cek ketersediaan domain yang akan kamu buat melalui situs penyedia domain seperti Cek Domain Niagahoster.

So, jika 4 langkah ini sudah kamu lakukan, maka saatnya kamu tinggal menginstal platform yang sudah kamu pilih, jika wordpress, maka kamu bisa mencari panduannya di internet, panduannya juga cukup mudah kok, ngak pake ribet dan ngak butuh waktu yang lama.

Selain Menentukan topik utama sesuai hobi dan minat kamu, Memilih platform blog terbaik, Memilih layanan hosting terbaik dan berkualitas dan Menentukan nama domain yang tepat, kamu juga harus serius mengelola blog kamu tersebut, tanpa pengelolaan dan manajemen yang professional, apapun yang kamu inginkan untuk blog kamu tidak akan tercapai, so ingat, kesuksesan tidak ada yang instan. Terima kasih !.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

1 komentar:

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Kalau sy yang paling simpel ya blogspot daripada wordpress #itsme

    Menyenangkan punya blog, walau sampai saat ini belum menghasilkan uang, hanya bahagia, obat stres.

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved