Terwujud

Pengertian Ekstensi Domain di Indonesia (co.id, mil.id, sch.id, dll)



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Sebelumnya saya telah menjelaskan tentang Pengertian Ekstensi Domain (com, co.id, net, org, web, dll), artikel tersebut memaparkan secara rinci mengenai pengertian Domain secara umum, sedangkan pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara khusus mengenai Ekstensi Domain khusus untuk Indonesia saja.

Perbedaannya hanya pada label Id-nya saja, sedangkan yang penggunaan domain seperti co, net, my, go dan yang lain sama-sama memiliki tujuan dan penempatan yang sama. Artinya jika domain dot com untuk umum, maka domain co.id dikhususkan untuk negara Indonesia saja.

Mengenal secara rinci tentang ekstensi Domain, tentu akan mempermudah kita untuk mengklasifikasi dan menyesuaikan tema blog/website yang akan dibuat, walaupun tidak ada ketentuan yang mengharuskannya, namun setidaknya ekstensi domain yang kita pilih akan menjadi gambaran besar mengenai spesfikasi blog/website yang dikelola. Berikut penjelasan tentang:

Pengertian Ekstensi Domain Untuk Indonesia (co.id, mil.id, sch.id, dll)
co.id, mil.id, sch.id,

1. CO.ID
Singkatan dari Company Indonesia yang artinya perusahaan Indonesia. Domain ini ditujukan untuk jenis website/blog perusahaan, nama produk maupun merek yang memiliki identitas Indonesia. Untuk mendapatkan domain ini, anda harus memiliki syarat tertentu seperti KTP, Ijin Usaha, SIUP/TDP, NPWP dan Akta Notaris.

2. OR.ID
Singkatan dari Organization Indonesia yang berarti organisasi Indonesia. Domain ini diperuntukkan untuk website/blog organisasi di Indonesia seperti Ormas, Parpol, LSM dan yang lain. Mendapatkan Domain ini juga harus memiliki syarat tertentu seperti KTP, Akta notaris dan SK Internal Organisasi.

3. AC.ID
Ac.id merupakan singkatan dari Academy Indonesia atau akademi Indonesia. Domaian ini ditujukan untuk Lembaga pendidikan (akademi) di Indonesia dikhususkan untuk perguruan tinggi, Universitas dan Sekolah tinggi. Harus mempunyai syarat tertentu untuk mendapatkan domain ini seperti KTP, SK Depdiknas Pendirian Lembaga dan SK Pengangkatan Rektor/Pimpinan.

4. SCH.ID
Sch.Id merupakan singkatan dari School Indonesia atau sekolah indonesia. Domain ini dikhususkan untuk jenis Website/blog bersifat lembaga pendidikan seperti SD, SMP dan SMA/SLTA. Mendapatkan domain ini harus memiliki syarat yaitu KTP dan Surat Permohonan dari Kepala Sekolah.

5. GO.ID
Go.Id adalah Goverment in Indonesia atau pemerintah indonesia, Domain ini jelas untuk lembaga pemerintahan seperti lembaga kementrian, Provinsi, Pemerintah kota, kabupaten dan lembaga negara lainnya. Syarat untuk memiliki domain ini adalah KTP, Surat permohonan di tanda tangani oleh Sekjen/Sekmen/Sekut untuk Pemerintah Pusat.

6. MIL.ID
Mil.id sebenarnya sama dengan domain MIL, hanya saja perbedaannya terlihat dari Id-nya yaitu Militer Indonesia seperti untuk TNI, TNI AU, TNI AD dan militer lainnya.

7. MY.ID
My.id adalah domain yang diresmikan dengan status yang sama dengan domain NAME. Perbedaannya hanya terletak pada wilayah di negera Indonesia.

Bagi sobat yang ingin membuat domain namun belum paham 100% tentang domain, maka sobat bisa membaca Panduan Dasar Domain untuk Pemula

Dengan membaca panduan tadi, saya berharap sobat paham dan siap membuat dan memilih domain mana yang sobat inginkan, apakah ekstensi domain di indonesia atau domain secara umum

^^Demikianlah artikel tentang Pengertian Ekstensi Domain di Indonesia, baca juga Cara Membuat Blog dalam Waktu 5 Menit. Semoga bermanfaat dan Terima kasih!.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 16 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. co.id itu kependekan dari company indonesia toh, saya baru tahu mas

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat gan numpang copas ya

    ReplyDelete
  3. Saya senang sekali menemukan postingan anda dan bisa ikut memberi komentar menurut saya sangat berharga sekali bisa membaca tulisan anda, dan pada kesempatan ini akan saya manfaatkan untuk sumber referensi saya
    Terima kasih banyak telah berbagi, saya berharap anda terus semangat menulis topik selanjutnya http://www.1stoutbound.com |
    http://outboundmalangpaketoutboundsurabaya.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. klo ekstensi domain .web.id apakah ?

    ReplyDelete
  7. senang sekali dapat menemukan sekaligus membaca artikel anda. Ini sangat membantu. pada kesempatan kali ini, akan saya buat untuk sumber referensi saya. Selalu semangat untuk share karya anda. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.
    http://www.malangoutbound.com

    ReplyDelete
  8. Trimakasih gan infonya ,saya jadi tahu domain untuk dipasang pada hosting yang tepat.

    ReplyDelete
  9. Kalau domain .ID saja apa ya? bagus gak buat personal blog?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus mas, tapi kala untuk personal, saran saya pakai dot com aja, karena domain ini sudah amat populer atau dot net juga bisa.

      Delete
  10. Saya baru tau kalau CO.ID itu Company Indonesia. Makasih insight-nya bang gan. Semoga sehat, senang, dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  11. domain diatas termasuk ke TLD atau subdomain atau apa ya mas ? Kalau .id merupakan induk domain, apakah sch.id, or.id, dll merupakan subdomain dari .id ? Atau berdiri sendiri ? Mohon dijawab mas

    ReplyDelete
  12. wow keren, semoga yang buat blog dapat pahala dunia dan akhirat

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved