Terwujud

Pengertian Ekstensi Domain (com, co.id, net, org, web, dll)



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Ketika seseorang ingin membuat sebuah blog/website maka hal tersebut tidak akan terlepas dari Domain dan Hosting, untuk mengetahui secara rinci mengenai domain dan hosting silahkan baca Pengertian Domain dan Fungsinya serta Pengertian Hosting. Secara umum Hosting dapat dipahami sebagai sebuah Rumah atau tempat penyimpanan, sedangkan domain adalah alamat rumah atau alamat peyimpanan tersebut.

Nah,..Jika hosting adalah Rumah (tempat peyimpanan) dan Domain alamatnya (penyimpanan), maka Pengertian Ekstensi Domain (com, co.id, net, org, web, dll) adalah Identitas/klasifikasi Rumah tersebut apakah itu sebuah lembaga, organisasi, sekolah, pemerintahan atau yang lainnya.

Mengetahui dan mengenal secara rinci mengenai ekstensi Domain tentu akan mempermudah kita untuk mengklasifikasi dan menyesuaikan tema blog/website yang akan anda buat, walaupun tidak ada ketentuan yang mengharuskannya, namun setidaknya ekstensi domain yang kita pilih akan menjadi gambaran besar mengenai spesfikasi blog/website yang dikelola. Berikut akan saya jelaskan secara detail tentang:

Pengertian Ekstensi Domain (com, co.id, net, org, web, dll)
com-co.id-net-org-web


A. Ekstensi Domain yang Umum digunakan (Best Seller)

1. COM
Singkatan dari Commersial yang artinya Komersil. Ekstensi domain ini diperuntukkan bisnis secara umum baik pada blog/website perusahaan atau pribadi.

2. NET
Singkatan dari Network/Networking dan artinya Jaringan. Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan, perusahaan komputer, IT dan layanan-layanan internet sejenisnya. Akan tetapi umumnya penggunaan domain ini juga biasa digunakan untuk apa saja seperti domain dot com, hal itu karena tidak ada persyaratan khusus saat pendaftarannya.

3. ORG
Org merupakan Singkatan dari Organization (organisasi). Ekstensi ini sangat tepat dan ditujukan untuk blog/website Organisasi, lembaga tertentu atau perkumpulan-perkumpulan. Domain ini juga tidak memiliki syarat khusus untuk mendapatkannya.

4. BIZ
Biz merupakan Singkatan dari Business (bisnis, usaha). Walaupun BIZ bisa digunakan untuk jenis blog/website apa saja, namun, Ekstensi ini sering dan lebih tepat digunakan untuk usaha/bisnis, lembaga usaha, toko online dan lainnya yang terkait. Ekstensi domain ini sebenarnya hampir sama tujuannya dengan .com dan .net yang bisa dijadikan alternatif jika domain tersebut sudah ada yang punya.

5. INFO
Info merupakan singkatan dari Information atau Informasi. Domain jenis ini bisa digunakan untuk blog/website apa saja termasuk blog pribadi. Akan tetapi ekstensi domain Info lebih tepat dipakai pada blog/website yang bersifat informasi seperti Kesehatan, Lalu lintas, Sejarah dan yang lain. Menggunakan domain ini tidak memiliki persyaratan khusus untuk mendapatkannya.

6. TV
Kemungkinan berarti Television. Domain ini ditujukan untuk digunakan pada blog/website yang berisi Entertainment seperti Televisi, Radio, Majalah dan yang lain.

7. Name
Mempunyai arti Nama, Domain ini ditujukan untuk identitas personal atau keluarga. Domain ini sangat tepat digunakan bagi pemilik blog/website yang ingin mengenang nama/identitas keluarga atau pribadinya sendiri.


B. Ekstensi Domain yang Khusus penggunaannya

1. EDU
Singkatan dari Education yang berarti Pendidikan, ditujukan untuk blog/website jenis lembaga Pendidikan.

2. GOV
Singkatan dari Goverment artinya pemerintahan, ditujukan untuk blog/website jenis lembaga dan instansi Pemerintahan.

3. MIL
Singkatan dari Military artinya militer, ditujukan untuk blog/website jenis badan kemiliteran.

4. INT
Singkatan dari International artinya internasional, ditujukan untuk blog/website jenis yang bersifat organisasi/kelompok internasional.

5. SCH
Singkatan dari Scholl artinya Pendidikan, ditujukan untuk blog/website jenis yang bersifat Lembaga pendidikan seperti tingkat SMA, SMP dan SD. Baca juga artikel tentang Pengertian Ekstensi Domain Untuk Indonesia.

^^Demikian informasi tentang Pengertian Ekstensi Domain (com, co.id, net, org, web, dll), sebenarnya masih banyak lagi ekstensi domain-domain, namun mengetahui apa saya jelaskan di atas sudah menjadi tambahan wawasan kita tentang pengertian dan arah tujuan domain yang hendak kita pilih.


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 24 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Nemu disini lagi artikelnya ^_^
    Makasih min, ngomong-ngomong page one terus blognya..

    ReplyDelete
  2. Mantaap gan infonya, di tunggu artikel yang bermanfaat lainnya :)
    Izin share aja
    http://obatalami21.com/obat-penyakit-glaukoma/

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. baru ngerti aq arti dari singkatan2 itu dan penjelasannya. Konyolnya lagi baru tau kalo .com itu singkatan dari commersial. yg gak enak itu yg singkatan ,co.id!..yg sering diucapkan 'koit' yg dl kalangan jawa artinya mati. knapa gak cukup.id saja ya...lbh enak ato .idn

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Pengin beli domain lagi namun sudah ga ada domain com, mau pakai ekstensi yang lain atau pilih nama domain dengan kata yang lain kok masih bingung nih bos, karena pada umumnya masyarakat kita lebih mengenal domain com. Seperti halnya wikipedia.org, banyak yang mencari dengan kata kunci wikipediaorg.com

    ReplyDelete
  9. masuk akal gan ,, thanks ya infonya



    http://artikel-yusuf.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Artikel yang menarik, tapi khusus no.6, apa yakin "dot tv" itu Television? coba di cek lagi ^_^

    ReplyDelete
  11. kenapa .online ga ada min...... saya cari kelebihan dan kekurangan dari domain dengan akhiran .online

    ReplyDelete
  12. Tambahin lagi domain .onion min

    ReplyDelete
  13. Makasih bro bisa nambai catatan ane

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. .web nya g ada gan? https://webhostnesia.com/

    ReplyDelete
  16. kalo .onoin itu apa min ??? hehehe

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved