Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Resiko Mengganti Domain Blog


Resiko Mengganti Domain Blog ini saya tulis berdasarkan pengalaman yang saat ini saya rasakan, mengapa saya katakan jika mengganti domain atau mengalihkan domain seperti blogspot.com menjadi www.anekamakalah.com mempunyai resiko tinggi yang bisa saja menurunkan trafik secara drastis. Baca juga Keinginan Mengganti Domain (Mohon Bantuan Saran ya!

Bayangkan saja blog yang saya kelola tentang Aneka Ragam Makalah yang rata-rata pengunjungnya 4000 UV dan 15000 page view perhari menajdi 1000 UV dan 4000 Page view perhari. Drastis bukan?, awalnya saya bingung dan timbul berbagai asumsi pribadi seperti:
  • Hari Libur karena blog Aneka Ragam Makalah niche blog Referensi
  • Backlink Hilang dan mulai dari Nol
  • Karena Peralihan Domain
Domain-Blog

Dari 3 Asumsi di atas yang paling tepat bagi saya adalah dikarenakan pergantian Domain dan dengan pergantian tersebut, Google dan mesin pencari lainnya harus melakukan perayapan ulang blog atau website. Jika alasan dikaitkan dengan masa libur karena blog tersebut merupakan niche referensi yang banyak dikunjungi Pelajar, maka kemungkinannya hanya 65%, sebab sebelum mengganti domain, tingkat penurunannya hanya 10-25% saja. Baca yang lain di Realita Penyebab Blog Turun Drastis

Selain itu, kehilangan backlink juga menjadi faktor selanjutnya mengapa trafik blog turun karena adanya perubahan atau pergantian domain, sebab backlink yang sudah lama dibangun tentu mengarah pada URL lama dan tidak bisa dialihkan ke URL baru walaupun jika diklik ada peralihan secara otomatis.

Namun, bagi saya tentu Resiko Mengganti Domain Blog tersebut sudah saya pikirkan sebelumnya, memulai dari Nol adalah konsekuensi kita untuk menerima dan sabar jika trafik mengalami penurunan secara drastis. Maka dari itu, sebelum anda berkeinginan untuk merubah domain blog anda, pikirkanlah terlebih dahulu secara mendalam, jangan sampai timbul penyesalan. Terima Kasih.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

Saya juga mengalami hal sama, pak. Kehilangan PR, backlink dan penurunan visitor unik... Sudah 2 bulan masih belum bangkit. Mungkin karena saya sering gonta ganti template meskipun rajin update...

Balas

saya juga berniat ganti domain gan, jadi itu yah resikonya. salam kenal http://altovart.blogspot.com

Balas

iya mas, salam kenal juga

Balas

Saya juga pernah terpikir mencustom domain salah satu blogspot saya namun urung saya lakukan pertimbangannya harus mulai dari awal lagi karena seperti membuat blog baru dan domain sendiri lebih baik digunakan untuk money blogging.

Balas

Betul sekali mas, terima kasih atas komentarnya

Balas

Itulah dia mas, makanya kalau sy dari awal ditentukan apa mau pakai blogspot terus atau pakai domain sendiri dan langsung dari awal :)

Balas

memang harus ekstra sabar pak uda heehee

Balas

betul sekali mbak, tapi ya itulah entah kenapa baru sekarang tercetus dan bulat mengganti domain, mungkin karena saingan saya banyak yang TLD

Balas

Jd lebih baik di awal mula
kalo mau ganti ya

Balas

Baiknya kita mengubah domain dari awala berarti ya mas.
MkASIH ATAS INFONYA,
Salam sukses luarbiasa. Kunjungan Perdana.

Balas

benar sekali mas pur

Balas

Resiko emang, Bang.. Kalo aku keknya mau pake blog baru aja, seandainya ada proyek ke depannya :D

Balas

berarti harus kerja keras dong mas biar pulih kembali trafiknya?

Balas

iya, bagus itu beby

Balas

betul sekali sob

Balas

Itulah salah satu alasan saya untuk mengurungkan niat mengganti domain Pak, resiko berat yang harus diambil. Saya juga berpendapat bahwa backlink yang dihasilkan dari domain blogspot lebih aman dari custom, karena sekali domain custom tidak diperpanjang akan rontok juga backlink darinya.
Salam sukses gan.

Balas

saya niat ganti domain tapi ogah lah cape kalo tau gitu jadinya :D

Balas

terima kasih artikelnya.. bermanfaat sekali infonya buat para newbie seperti saya..
sukses selalu.. ditunggu kunjungan balinya..

Balas

Untung postingan masih sedikit saat ganti domain kemarin.
Terima kasih infonya ya Mas

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis