Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Asam Urat (Pengertian, Gejala dan Penyebab)


1. Pengertian Asam Urat
Secara umum Asam urat diartikan sebagai penyakit yang ditandai pada bagian persendian khususnya sendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Nyeri/rasa sakit pada bagian persendian diakibatkan karena asam urat yang dahsyat serta membuat bagian yang diserang tampak bengkak dan meradang.

Sedangkan secara rinci Asam urat diartikan sebagai zat dari hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat umumnya dikeluarkan ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Akan tetapi dalam kondisi tertentu, ginjal tidak akan mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang yang mengakibatkan terjadi kelebihan dalam darah. 

Kelebihan zat asam urat inilah yang akhirnya menumpuk dan tertimbun di persendian-persendian dan di tempat-tempat lain termasuk di ginjal itu sendiri dengan bentuk kristal-kristal. Tumpukan kristal-kristal asam urat di persendian ini yang akhirnya bisa menyebabkan persendian terasa nyeri, bengkak dan meradang. Jika hal itu terus terjadi, maka akan mengakibatkan penumpukan kristal-kristal asam urat dan menyebabkan penyakit batu ginjal.
Asam Urat
2. Gejala Asam Urat
Tanda atau Gejala asam urat ditandai dengan datangnya rasa sakit atau nyeri dibagian persendian dan rasa ngilu serta ditandai dengan bengkak-meradang (berwarna kemerahan). Rasa nyeri yang timbul terjadi pada dua waktu yaitu waktu malam dan pagi hari ketika selesai bangun tidur. Pada umumnya rasa nyeri yang dirasakan timbul secara berulang-ulang yang terus menyerang bagian tubuh seperti:
  • Sendi jari kaki
  • Tumit
  • Dengkul
  • Jari tangan
  • Pergelangan tangan
3. Penyebab Asam Urat
Penyebab asam urat umumnya terjadi karena konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin yang diolah tubuh akan menjadi asam urat yang terdapat pada setiap tubuh manusia. Purin dalam tubuh terbagi dalam dua jenis yaitu purin normal dan berlebih. Apabila purin dalam tubuh berlebih, hal ini akan mengakibatkan ginjal tidak mampu mengeluarkan zat tersebut, sehingga kristal pada asam urat akan menumpuk pada persendian yang memunculkan rasa nyeri, meradang dan bengkak. 

Secara lengkap anda dapat mengetahui apa saja penyebab timbulnya asam urat, oleh karena itu silahkan baca Penyebab Timbulnya Asam Urat

Setelah anda mengetahui tentang pengertian Asam Urat, Gejala dan Penyebabnya, maka alangkah baik jika anda mencegah penyakit ini sebelum menyerang anda. Untuk itu silahkan baca Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Demikian artikel tentang Asam Urat (Pengertian, Gejala dan Penyebab), semoga informasi yang saya berikan bermanfaat bagi kita semua. Jangan lewatkan informasi lainnya tentang Cara Alami Mengobati Asam Urat. terima kasih ^-^.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Asam urat berawal dari ketidakmampuan ginjal untuk mengeksresi zat purin yang berlebihan ya, pak? Wah, ini penting dipelajari mengingat saya sering mengkonsumsi vitamin yang berlebihan sebagai penghasil zat purin...

Balas

benar pak uda, kita kudu hati-hati dan selalu menjaga kesehatan ya :D

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis