Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Penyebab Timbulnya Asam Urat


Terwujud.com-Tentunya anda sudah membaca Asam Urat (Pengertian, Gejala dan Penyebabnya), nah artikel ini merupakan penjelasan secara lengkap terkait dengan Penyebab Timbulnya Asam Urat. Asam urat adalah jenis penyakit yang umum dialami banyak orang, pola hidup yang tidak sehat serta tingkat peduli terhadap kesehatan yang rendah menjadi pemicu terjadinya berbagai penyakit termasuk Asam urat. Oleh karena itu, penting rasanya untuk mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan Asam urat terjadi dan mengganggu kesehatan tubuh. Berikut ini akan dipaparkan mengenai Penyebab Timbulnya Asam Urat.

Jangan lewatkan artikel tentang:
Asam Urat
1. Zat Purin yang tinggi
Penyebab terjadinya asam urat ditandai dengan kandungan purin yang terlalu tinggi dalam tubuh. Purin merupakan senyawa basa organik yang berfungsi untuk menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Purin juga diklasifikasikan sebagai persatuan dari asam amino sebuah asam pembentuk protein. Zat purin terdapat disetiap sel-sel tubuh dan hampir ada disetiap makanan.

2. Faktor Eksternal
Peningkatan produksi asam urat juga bisa terjadi karena faktor eksternal, faktor tersebut datang melalui efek samping obat-obatan, obesitas, hipertensi, hiperlipidemia dan diabetes mellitus.

3. Kristal asam urat
Asam urat yang sudah mengkristal merupakan penyebab dan menimbulkan resiko tinggi pada penderitanya, tidak saja rasa sakit yang dialami, tetapi hal itu juga bisa berdampak buruk pada fungsi ginjal yang tidak mampu membuang kelebihan kandungan asam urat.

4. Asam urat Primer
Penyebab asam urat primer terjadi karena adanya faktor dalam tubuh seseorang yang tidak diketahui pasti, terkadang hal itu diduga datang dari faktor genetik, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh serta gangguan proses pengeluaran asam urat karena ginjal bermasalah.

5. Asam urat Sekunder
Terjadinya asam urat sekunder ini disebabkan dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa asupan makanan yang terlalu tinggi kandungan purinnya adalah penyebab utama asam urat sekunder ini.

6. Dalam tubuh
Produksi asam urat yang meningkat tinggi juga menjadi penyebabnya, hal itu bisa berasal dari penyakit sumsum tulang, polisitemia, obat-obatan, alkohol, obesitas, penyakit kulit dan masih banyak lagi yang lain. Penyebab timbulnya asam urat yang berasal dari dalam tubuh tentu akan mengganggu proses kerja yang berkaitan dengan asam urat seperti ginjal, asam dan basa tubuh serta yang lain.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Timbulnya Asam Urat, semoga artikel ini bermanfaat bagi saya dan kita semua. Baca juga artikel menarik lainnya yaitu Cara Mengatasi Pencernaan yang Bermasalah. Terima kasih ^-^

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 komentar

dari pola makan sepertinya yang paling mempengaruhi timbulnya asam urat

Balas

pola makan adalah hal yang amat penting untuk diperhatikan mbak, benarkan heehee

Balas

Mengkonsumsi suplemen berlebihan dapat menimbulkan asam urat ya, pak?

Balas

ya begitulah pak heehee

Balas

hmm.. ternyata ini penyebab-penyebab asam urat ya pak..
makasih informasinya ya pak.. jadi lebih tahu dan harus lebih waspada lagi terhadap asam urat :)

Balas

benar sekali mas, kita kudu harus hati-hati dengan yang namanya gejala asam urat, sebaiknya kita terapkan pola mencegah daripada mengobati

Balas

benar sekali mas, kita kudu harus hati-hati dengan yang namanya gejala asam urat, sebaiknya kita terapkan pola mencegah daripada mengobati

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis