Terwujud
KomTer,Komik Online
Smartphone Mainbitcoin

Tips Menulis di Blog Agar Dicintai Pengunjung dan Search Engine


Menulis merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia sejak dahulu hingga saat ini, termasuk juga untuk seorang blogger, apalagi jika blogger tersebut benar-benar ingin menjadi blogger sejati yang selalu mendedikasikan karyanya lewat blog yang dikelolanya.

Namun, tidak semua tulisan memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung, hal itu karena masih banyak tulisan yang disajikan dengan susunan dan penyampaian yang buruk, sehingga pengunjung pun tidak menyukainya.

Menulis tidak sekedar menorehkan apa yang kita tahu lalu membiarkannya begitu saja, jika demikian maka tulisan anda bisa dikategorikan sebagai tulisan yang tidak mempunyai arah, tujuan serta susunan yang tidak sesuai dengan kaedah secara umum. (Jangan lewatkan Cara Sukses Seorang Blogger)

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin tulisannya dicintai pengunjung dan search engine, hendaknya mengikuti tips yang akan saya jelaskan berikut ini:

Tips Menulis

1. Judul yang Jelas
Judul adalah bagian utama yang harus anda tentukan, sebab judul merupakan gambaran besar dari tulisan anda nantinya. Membuat pengunjung dan search engine mencintai tulisan anda adalah langkah utama untuk mencapai target yang diinginkan.

Maka dari itu,  tentukan terlebih dahulu judul yang tepat dan jelas agar pengunjung dan search engine tahu kemana arah dan tujuan tulisan tersebut. Untuk membuat judul yang jelas bisa anda lakukan dengan menganalisis apakah judul tersebut dapat dipahami atau tidak, seperti contoh pada judul: Cara Menghilangkan Jerawat. Judul ini sangat jelas dan mudah dipahami, baik dari sisi temanya, isinya dan tujuannya.

2. Isi yang Relevan
Ketika anda sudah berhasil membuat judul yang jelas dan mudah dipahami, maka langkah selanjutnya adalah merelevansikan konten dengan judul. Jangan pernah sekali-kali anda membuat judul yang tidak senada dengan konten, hal itu akan berdampak buruk untuk perkembangan tulisan anda yang akan membuat pengunjung lari dan tidak lagi ingin membaca tulisan tersebut.

Misalnya pada judul tentang Tulisan yang Paling Dicintai Pengunjung, tentu dari judul ini anda harus mengutarakan apa saja tulisan yang bisa membuat pengunjung menyukainya, jangan ada pembahasan tentang kesehatan apalagi tentang bisnis yang sama sekali tidak menggambarkan maksud dan tujuan dari judul tersebut.

3. No COPAS, Yes Kutipan
Bagi mahasiswa/pelajar tentu sudah tidak asing lagi dengan kutipan. Kutipan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan Mahasiswa ketika membuat Makalah. Namun, untuk mengutip ternyata mempunyai syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi. Begitu juga dengan tulisan diblog. Siapapun orangnya tentu akan jengkel jika tulisannya diplagiat, apalagi plagiat tersebut dilakukan secara brutal dan menyeluruh.

No Copas-Yes Kutipan, merupakan dua hal yang terpisah. Anda bisa mengutip, tapi jangan sampai COPAS. Kutipan bisa anda lakukan dengan mengambil sebagian tulisan orang lain, kemudian memberikan tanda khsusus yang mengarah pada sumber aslinya, seperti contoh "Blog ini adalah kumpulan tentang informasi bagi Mahasiswa (Dikutip dari : www.anekamakalah.com). Jangan lupa untuk memberikan sebuah Link yang mengarah pada blog tersebut.

Untuk apa kutipan tersebut?, kutipan itu merupakan pendukung dari tulisan anda yang bertujuan untuk memperkuat penjelasan dan keakuratan informasi yang disampaikan.

4. Struktur Makalah
Memang ada perbedaan antara makalah dengan artikel, namun membuat tulisan diblog akan lebih akurat dan menarik jika dikombinasikan dengan sistem penulisan makalah.

Penulisan artikel semi Ilmiah tidak harus anda tulis seperti penulisan makalah, akan tetapi gambaran isi artikel anda tersebut bisa anda jelaskan secara terstruktur seperti tulisan Ilmiah yang diawali dengan Pendahuluan, Tujuan, Pembahasan, Penutup dan Referensi (jika diperlukan).

5. Informasi Pertama buat Pengunjung
Beri tahu terlebih dahulu dan sisipkan beberapa tanda seperti tanda kutip, garis bawah, bold, garis miring atau yang lainnya tentang gambaran umum dari tulisan anda, hal ini akan memudahkan pengunjung untuk memahami tujuan tulisan anda secara menyeluruh. Misalnya: Cara Alami Membuat Bibir Merah tanpa Lipstik adalah artikel bertujuan untuk "kesehatan dan keindahan bibir anda".

6. Penjelasan yang mudah dipahami
Inilah poin terakhir yang harus anda lakukan. Tulislah karya-karya anda dengan sajian yang ringan, simple dan mudah dipahami isinya, dengan begitu tulisan anda akan dicintai dan selalu menjadi kenangan manis bagi pembacanya.

Anda harus membedakan tulisan tersebut, sebab bentuk dan penjelasan tulisan bisa berbeda-beda sesuai dengan konteks dan temanya. Ada tulisan berbentuk puisi, karya Ilmiah, kata-kata mutiara, syair dan lain sebagainya. Dengan membedakan tulisan tersebut, maka pengunjung akan mengerti makna dan tujuan dari penjelasan yang anda sampaikan.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

Terimakasih Mas infonya.... sangat bermanfaat.

Balas

mungkin buat tambahan mas bro,
tiap kepala pasti beda konsep meskipun merujuk pada 1 wacana yang sama, dan itu akan sinergi dengan gerakan jemari nan lentik (haha,,,padahal gede-gede)

intinya, kita harus punya ciri khas bahasa dan gaya penulisan, itu yang akan membuat pembaca merasa ingin tahu tentang diri kita.

Balas

sepertinya tulisan saya belum bisa dicintai pengunjung nih, harus diperbaiki lagi nih,thanks mas atas tips nya, bisa dicoba untuk bikin postingan di blog saya ;)

Balas

yang nomor 4 saya ngga bisa tuh mas. soalnya sistem penulisan saya bebas dan spontan, hehehe. bahasa saya juga sederhana dan non baku, yang penting enak dibaca aja deh

Balas

Judul artikel yang jelas dan penjelasan yang tidak terlalu bertele tele tentu akan lebih mudah untuk di pahami para pembaca ya Mas, ketimbang seperti koran dalam segi penjelasannya.

Balas

tapi biasanya kalau kita bikin artikelnya bagus dan artikel tsb disukai pengunjung, serta muncul di halaman pertama google, berpotensi di copas banyak orang mas :D jadi agak galau juga kalau bikin artikel susah-susah, tapi ujung-ujung nya di copas juga :D

Balas

Nanti kalau terlalu banyak yg mencintai, sulit juga jadinya.. Haha..

Balas

Mungkin kalau dicintai search engine itu menurut saya mudah mas,namun belum tentu pengunjung itu cinta dengan tulisan di blog saya. Masih banyak belajar dari blog terwujud nich yang sudah menguasai semua jurus-jurus blogging.

Balas

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014. Terwujud.com | Sumber Informasi Terpercaya - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis