Terwujud

Cara Mempertahankan Trafik Blog Agar Tetap Tinggi dan Stabil



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Harus saya akui jika akhir-akhir ini trafik blog sedang mengalami beberapa penurunan secara umum, mengapa hal demikian bisa terjadi? Jika saya analisis secara mendalam, maka besar kemungkinan penyebabnya adalah:
Trafik Blog
Saingan yang sudah menjamur dan semakin banyak
Saingan blog yang sudah semakin banyak dan menjamur memberikan pengaruh signifikan terhadap kemerosotan trafik blog kita jika tidak dikelola dengan baik. Hal itu juga ditandai dengan banyaknya blog professional yang berdiri dengan menggandeng banyak penulis melalui jasa review atau submit artikel (dibayar).

Selain itu, kualitas artikel serta bidikan keyword juga menjadi perhatian para pendiri blog-blog baru, maka dari itu jika kita tidak aktif dan selalu update artikel yang berkualitas, maka bukan tidak mungkin kalau kita akan ketinggalan jauh dengan mereka yang notabeni blognya masih terbilang baru.

Algoritma mesin pencari seperti Google yang semakin ketat
Nah, ini dia salah satu penyebab mengapa trafik blog bisa merosot. Algoritma google atau mesin pencari lainnya lebih mengutamakan kualitas artikel dan page view setiap konten. Semakin bagus kualitas yang ditinjau dari sisi informasi serta keaktifan pengunjung terhadap artikel tersebut memberikan pengaruh yang besar terhadap blog secara keseluruhan untuk peningkatan trafik.

Banyaknya perusahaan besar
Mengapa dengan perusahaan besar? Apa hubungannya dengan trafik blog? Kan tidak ada kaitannya !. Tentu pertanyaan ini menjadi titik tumpu kita semua, namun setelah saya amati, maka dapat dipastikan pengaruh terhadap trafik adalah pengalihan dan kesibukan pengunjung yang lebih fokus mencari perusahaan online besar seperti toko online, jasa online, travel online, berita online dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara mempertahankan trafik blog?
Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan, akan tetapi dengan banyak cara tersebut tentu akan banyak menguras tenaga dan waktu kita. So, What should I do?

1. Riset Keyword for Best Information
Untuk mengatasi sekaligus mempertahankan kestabilan blog, maka yang bisa kita lakukan adalah dengan memilih jenis keyword yang menjadi titik utama informasi untuk kelompok pengunjung atau keseluruhan pengunjung. Maksudnya bagaimana sih !

Jika diilustrasikan secara teori, maka bisa saya ambil beberapa simple seperti tema kesehatan. Nah, anda bisa tu mencari keyword yang banyak dicari atau sedang dalam bagian informasi yang hangat diperbincangkan, seperti artikel yang bertemakan “ Jerawat, Operasi, Wajah, Kecantikan” dan yang lain.

Untuk mengetahuinya, anda bisa menggunakan sistem google seperti Google trands, Google Keyword atau pengguna terbanyak yang sering klik judul artikel di blog anda.

2. Only Update Original Content
Artikel yang selalu update minimal 1 minggu sekali dengan kualitas yang original akan membuat mesin pencari dan pengunjung terkagum-kagum. Saya ibaratkan anda mengetikkan sebuah judul “cara menghilangkan jerawat”, kemudian dari urutan 1 sampai 10 blog dengan konten yang hampir sama isinya, tentu hal itu akan membuat pengunjung sedikit jenuh jika mereka ingin mencari sesuatu yang fresh dan berbeda walaupun judulnya sama.

Maka dari itu, kita bisa memodifikasi atau membuat konten yang berbeda walaupun tema, judul serta gamabaran besarnya sama. Kualitas dan orisinil konten merupakan salah satu upaya yang bisa kita lakukan agar trafik melonjak naik atau setidaknya trafik blog anda tetap stabil dan tidak merosot tajam.

3. The Capacity of the Article
Memperbanyak jumlah artikel memang sedikit sulit, apalagi jika artikel itu dibuat secara original dan berkualitas. Namun, ini adalah langkah dan jurus ampuh yang mampu meningkatkan trafik serta mempertahankan trafik blog anda agar tetap stabil.

Jalan yang bisa anda tempu mungkin dengan mengeluarkan sedikit dana untuk membayar jasa penulis jika anda tidak sanggup dan sempat untuk menulis puluhan artikel setiap hari.

Selain itu, ternyata mempunyai banyak blog juga sangat mempengaruhi update artikel kita. Hal ini sudah saya rasakan, dan ternyata repot mas ngurusin banyak blog.

Nah, sebelum anda siap untuk mengelola banyak blog, maka pikirkan terlebih dahulu kemampuan anda jika blog ingin mendapat banyak trafik, sebab dengan mengurusi 1 atau 2 blog saja, tentu kita akan lebih fokus dan banyak waktu untuk update artikelnya setiap hari.

^^Lalu, apa yang sudah anda lakukan, hmm...! kalau saya sudah memulainya secara bertahap. Selanjutnya tugas kita hanyalah dengan mengundang sebanyak-banyaknya sesama teman untuk memberi tahu jika konten kita siap untuk dibaca dan dikritik. Semoga bermanfaat !


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 36 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Icon:
:) ^_^ :D =D (smile dan tertawa)
:( =( (marah dan Bingung)
:-bd :-d (oke)
|o| (tepuk tangan)

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. Semingu ini alhamdulillah pengunjung naik. Meskisedikit.
    tips di atas coba saya terapkan. Yang sudah biarlah tinggal selanjutnya biar tulisan yg sy buat bisa memenuhi hasrat pembaca. Terimkasih idenya

    ReplyDelete
  2. patut di coba nih mas, akhir-akhir ini penurunan visitor memang terasa sekali, masih bingung apa penyebabnya

    ReplyDelete
  3. jarang update konten bisa juga menurunkan trafic blog juga ya Pak. Nah, jangn malas update artikel jka blog kita tidak ingin anjlok visitornya. Tipsnya akan saya terapkan Pak, Trims

    ReplyDelete
  4. Memperbanyak artikel mungkin lebih bagus hasilnya ketimbang memperbanyak jumlah blog ya pak?

    ReplyDelete
  5. blog saya pasang surut trafiiknya, thanks tipsnya pak,,,

    ReplyDelete
  6. Blog seperti terwujud.com saja bisa menurun apa lagi blog baru seperti saya harus berjuang keras menembus persaingan . Kalau saya fokus update secara teratur dulu mas biar peringkat nya naik

    ReplyDelete
  7. Kalau blog saya justru kebalikan mas, baru naik trafiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, enak dong mas, kalau trafik blog ini alhamdulillah masih stabil :D

      Delete
  8. Terima kasih tips n triknya Pak.
    Memang mempertahankan traffic sebuah blog salah satu hal yang perlu kita perhatikan,
    jika kita serius ingin menjadi blogger yang besar.

    Happy Blogging..!

    ReplyDelete
  9. Update artikel original memang besar sekali pengaruhnya terhadap pengunjung blog kita, sy sudah mersakan

    ReplyDelete
  10. mantap mas, saya kebetulan trafiknya semakin kesini malah semakin turun :'(
    semoga bisa saya terapkn .hehe

    ReplyDelete
  11. punya saya juga turun nih visitornya mas,tp penyebabnya karena proses pengalihan url belum sepenuhnya normal setelah melakukan migrasi itu hari

    ReplyDelete
  12. saya baru mencoba poin 2 dan 3, Bang. Kalo untuk keyword-keyword gitu belom pernah mikirin. soalnya tiap bikin artikel itu yang terlintas di pikiran aja.

    ReplyDelete
  13. kalau pnyaku naik turun mas, tapi kalo naik , naik nya cuma sedikit, maklum mas masih baru.. :D

    ReplyDelete
  14. akhir2 ini traffic blogku agak turun mas, soalnya jarang update artikel.
    mudah2an dg tips ini traffic blogku bisa normal lagi. makasih udah share mas..

    ReplyDelete
  15. Bicara soal trafik memang mempertahankannya butuh perjuangan. Mulai dari konsisten menulis serta beragam aspek lainnya. Tentunya sebagai Blogger harus dituntut kreatif dalam menggaet pengunjung,

    ReplyDelete
  16. Nomor 1 dan 2 itu banget banget tuh. Riset kata kunci dan fresh from the oven.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya riset kata kunci yang ringan aja, bagus tapi tidak banyak pesaingnya. sisanya menanam backlink pada artikel tersebut ke beberapa direktori dan sosial media. halnya juga cukup lumayan dan lumayan bisa bertahan lama pada posisi yang bagas dalam daftar pencarian.

      Delete
  17. Akan saya coba mas....
    tang kiu

    ReplyDelete
  18. jarang ol, pengunjungpun menyusut :)

    ReplyDelete
  19. Thanks for sharing ya, Bang :D

    Emang iya sih banyak banget munculnya perusahaan besar yang lebih siap bersaing. Tapi semoga mainnya adil yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau perusahaan besar biasanya make jasa seo dan banyak review produk yang juga ditenderkan. makanya mereka bisa aja menempati posisi tinggi dalam hasil pencarian berdasarkan keyword. bahkan ada juga yang berbayar kepada google dengan cara kerjasama lalu bisa menempati urutan tertentu, termasuk urutan teratas dalam daftar pencarian.

      Delete
  20. 3 tips itu sudah sukses gan, artikel yang saya buat original, niche keyword, dan update artikel juga berkala, kenapa di google susah terdeteksi ya, apa mungkin masih pemula jadi proses biar setiap ertikel itu bisa terdeteksi,

    ReplyDelete
  21. ini yang saya alami gan, traffic naik turun gk bisa stabil. misal hari ini 1000 besok besok turun 700 500 naik 1100 ya mutar mutar gitu aj

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu sih alami gan. itu tergantung dari kekuatan artikel yang kita buat. banyak hal yang menyebabkan itu. jadi selalu usaha dan kerja keras bila ingin berhasil, termasuk juga menjalankan tips yng sudah diposting pada tulisan ini.

      Delete
  22. saya akan coba mas cara nya :) terimakasih infonya

    ReplyDelete
  23. banyak hal juga mas yang menyebabkan trafik bisa bertahan. salah satunya mendapat kunjungan dari hasil backlink. namun saya suka yang alami aja, biar lambat asal selamat. heee. ok makasih pencerahannya. salam sahabat blogger.

    ReplyDelete
  24. saya masih newbie sekali kalau sudah masalah SEO mas jadi nyimak saja semoga bisa saya terapkan di blog saya

    ReplyDelete
  25. saya masih proses menaikkan traffik, kalo mempertahankan masih belum, semoga target bisa tercapai, amin, terimakasih sharingnya, keren

    ReplyDelete
  26. kualitas konten yang mungkin mampu mempertahankan traffic blog, untuk update artikel sih gak perlu terlalu sering yang penting menulis artikel yang besar agar di percaya pembaca. terima kasih mas n salam kenal www.buatblog.net

    ReplyDelete
  27. sangat bermanfaat mas, akan saya praktekan untuk blog saya :)

    ReplyDelete
  28. artikelnya bagus nih mas, tapi ane boleh nanyak gak mas, blog ane sdkit aneh, begini critanya. kalau blog ane bru selesai ngepost stu postingan visitor saya hanya brtmbah cuma pada saat ngepost tu saja mas, tidak brtahan lama. ada solusi gak mas

    ReplyDelete
  29. Mantap gan, thanks for sharing

    ReplyDelete
  30. Makasih gan Infonya
    Mampir Ke Blog Ane

    onepunck.blogspot.com

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved