Terwujud

Diabetes Mellitus (DM), Ngeri banget !, Ini lho 5 Gejala Awalnya



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Diabetes Mellitus (DM), Tahukah kamu?, Kalau dikampung saya, nama penyakit ini sering disebut dengan kencing manis, tapi bukan berarti kencingnya manis lho heehee. Dalam bahasa kedokteran penyakit ini terkenal dengan istilah Diabetes Mellitus disingkat DM. penyakit ini adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti mengapa demikian?, hal itu karena Diabetes Mellitus merupakan jenis penyakit yang “sulit” untuk diobati.
Diabetes Mellitus
Kata “sulit” sengaja saya beri tanda kutip dengan tujuan bahwa sebenarnya Diabetes Mellitus bisa bahkan sangat mudah mengobatinya asalkan bagi penderita berjuang keras untuk melawan penyakit ini. Melawan Diabetes Mellitus bisa dilakukan dengan pola hidup yang sehat dan agar penyakit Diabetes Mellitus ini cepat sembuh, perlu 3 hal yang dilakukan yaitu:
  • Olah raga teratur
  • Jangan Stress
  • Pola makan yang sehat
Tak kenal pasti kenalan
Ada baiknya anda mengenal apa itu penyakit Diabetes Mellitus, dengan mengenal penyakit ini pastinya kita akan berusaha untuk menghindarinya dan berdoa supaya tidak termasuk orang yang menderita penyakit ini.

Asal muasal penyakit Diabetes Mellitus diawali dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Peningkatan kadar gula dalam darah terjadi diakibatkan adanya gangguan sistem metabolism dalam tubuh. Nah, salah satu organ tubuh yang terganggu disebut Pankreas yang tidak lagi berfungsi secara normal. Apa sih tugas pankreas?, tugasnya adalah untuk memproduksi hormone insulin sebagai zat untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jadi, jika pankreas tidak berfungsi dengan baik, dapat dipastikan tingkat dan kadar insulin dalam tubuh kurang sehingga metabolisme tidak tubuh optimal dan inilah yang menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat pesat.

Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa tubuh kita memerlukan zat yang disebut Insulin secara normal. Jika terjadi kekurangan insulin, maka bisa mempengaruhi metabolism tubuh rusak sehingga berakibat pada datangnya penyakit yang disebut Diabetes Mellitus.
Baca juga:
10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Anda Mengalami Diare
6 Cara Menjaga Paru-Paru tetap Sehat
4 Jenis Penyakit yang bisa Mendatangkan penyakit lain
Perlu diingat: Insulin berfungsi sebagai zat yang menjaga keseimbangan glukosa dalam darah dan bertindak sebagai pahlawan tubuh yang mengambil glukosa dalam sel badan. Secara normal, seharusnya jumlah insulin harus cukup, jika tidak maka glukosa tidak bisa masuk ke dalam tubuh dan sel-sel tubuh, jadi kemana glukosanya?, glukosa yang tidak tidak cukup tadi akan menumpuk di dalam darah yang menjadi penyebab utama kencing manis atau Diabetes Mellitus. yuk !, cari tahu penyebab Diabetes Mellitus

1. Banyak Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Gula
kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi tidak dapat dihindari oleh sebagian orang, hal itu karena kebiasaan hidup yang tidak bisa melewatkan jenis makanan dan minuman tertentu seperti es krim, sirup, permen, aneka jajanan kue dan lain sebagainya yang menyumbang hampir 50% gula ke dalam tubuh. Jika kebiasaan diatas tidak bisa dikontrol dengan baik, maka beberapa penyakit akan muncul salah satunya Diabetes Mellitus.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dari nasi atau roti
Wajib anda ketahui jika tubuh memiliki kemampuan terbatas untuk mengolah makanan. Jika Anda makan terlalu banyak kadar karbohidrat, maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk gula dalam darah atau disebut dengan glikogen. Apabila hal ini berlangsung setiap hari, maka bisa Anda bayangkan betapa besarnya penumpukan glikogen yang disimpan dalam tubuh. Inilah pemicu awal terjadinya gejala diabetes. Maka dari itulah, Anda wajib mengontrol pola makan anda agar tidak berlebihan.

3. Waktu tidur sangat kurang
Ternyata datangnya penyakit Diabetes Mellitus juga bisa terjadi akibat kurang tidur pada malam hari. Jika Anda kurang tidur, maka sistem kekebalan tubuh anda akan berkurang sehingga imun pada tubuh akan melemah. Selain itu, kebiasaan begadang juga menjadi pemicu awal tubuh mudah terserang penyakit. Maka dari itu, hindari kebiasaan begadang serta istirahatlah secara cukup yaitu 8 jam dalam sehari.

4. Merokok
Saya melihat bahwa rokok dan merokok merupakan satu kesatuan jalan untuk mendapatkan banyak penyakit, sebab diberbagai hal terkait dengan kesehatan selalu menganjurkan untuk meninggalkan kebiasaan merokok.

Rokok mempunyai kandungan yang cukup berbahaya bagi tubuh, selain merusak paru-paru, merokok bisa merusak hati dan pankreas dimana hormone insulin diproduksi sehingga bisa mengganggu produksi insulin di dalam kelenjar pankreas. Dengan merokok, maka tubuh akan terus dipicu untuk memunculkan masalah dalam tubuh seperti munculnya penyakit Diabetes Mellitus. Sayang pada tubuh anda, tinggalkan lah Merokok sekarang juga !

5. Kurangnya Aktivitas Fisik dan Olahraga
Gaya hidup pada jaman modern saat ini membuat gerak tubuh semakin berkurang, seperti berangkat kerja menggunakan kendaraan, naik lift, duduk terlalu lama di depan komputer serta aktivitas fisik lainnya yang tergantikan dengan kemudahan teknologi canggih.

Perlu diketahui bahwa tubuh harus bergerak terus sebelum jadwal istirahat datang, jika gerak pada tubuh tidak stabil dan maksimal, maka akan berdampak pada sistem kekebalan pada tubuh yang pada akhirnya akan menjadi ladang penyakit salah satunya yaitu penumpukan lemak.

Sebagai solusi atas hal tersebut bisa dilakukan dengan berolahraga secara rutin. Lakukan olahraga tersebut disela-sela jam istirahat atau pada waktu libur dari bekerja. Jika olahraga Anda lakukan secara rutin dan teratur walau aktivitas gerak Anda tidak maksimal, maka dengan olahraga teratur dan rutin tersebut akan menggantikan posisi gerak tubuh yang kurang. Jadi, jangan lupa olahraga ya !

So, terus jaga kesehatan Anda ya !


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved