Terwujud

Waspada Maag atau infeksi usus jika Sakit perut bagian atas, mencret, cepat lelah, nafsu makan hilang serta mimisan



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Sepertinya saya tertarik mengulas artikel yang berhubungan dengan kesehatan, selain berguna untuk saya secara pribadi, wawasan mengenai dunia kesehatan serasa terus bertambah seiring blog ini dipenuhi dengan artikel kesehatan.
Maag
Namun, kali ini ada yang beda, baik dari judul maupun isi, dimana konten pada artikel ini saya sadur dari blog kesehatan yang sudah dipercaya yaitu situs alodokter.com dengan menginformasikan berbagai pertanyaan orang-orang tentang penyakit yang mereka alami salah satunya seperti contoh pada artikel ini.

Baca juga:Cara Mengatasi Pencernaan yang Bermasalah

Pertanyaan
Dok, Saya ingin bertanya, kemarin saya mengalami sakit perut pada bagian atas, kemudian saya juga mengalami mencret dan BAB bisa sampai 5 kali. Selain itu, saya juga sering merasa lelah serta nafsu makan hilang, sedangkan pada sore harinya saya mengalami mimisan lumayan banyak

Jawaban
Menurut dr. Fenita Antonius *, sakit perut pada bagian atas yang disertai mencret sampai 5 kali kemudian cepat lelah, nafsu makan turun serta mimisan, hal itu bisa saja menjadi gejala seperti:

Sakit maag
Gejalanya nyeri pada ulu hati atau sakit perut bagian atas dan mencret. Dengan adanya proses kelelahan atau fatigue bisa menjadi tubuh menjadi lelah, pegal, hilang nafsu makan sampai dehidrasi serta mimisan.

Proses infeksi usus
Menurut beliau diterangkan bahwa harus mewaspadai bila terdapat nyeri pada bagian bawah perut terutama kanan bawah yang disertai dengan demam, diare dengan lendir darah atau muntah kehijauan, jika hal itu terjadi segera mendapat penanganan dari dokter IGD terdekat.

Saran
Atas keluhan orang tersebut, dokter fenita menyarankan untuk memeriksakan keadaannya ke dokter, hal itu bertujuan agar dokter bisa menganalisis lebih dalam tanda dan gejala yang terjadi. Dokter akan memeriksa langsung pada bagian perut dan dokter juga menyarankan untuk melakukan pemeriksaan hematologi darah jika hal itu diperlukan.

Pengobatan
Untuk pengobatan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jenis antasida tablet dengan kombinasi golongan antihistamin jika perlu sesuai keterangan dokter. Atau bisa juga menggunakan PPI (pompa proton inhibitor), suplemen multivitamin dan obat pengganti Diare bila perlu.

Pencegahan
Sebelum mengkonsumsi obat untuk pengobatan, sebaiknya lakukan pencegahan dengan pola makan yang harus dijaga dan tepat waktu serta teratur. Selain itu, hindari makanan yang bersifat asam, pedas, soda, susu, kopi, alkohol dan rokok bagi penderita penyakit ini. Oya, hindari juga kebiasaan begadang atau kelelahan.

Silahkan tampon hidung bila mimisan, jangan mengorek hidung terlalu dalam, gunakan kain lembab untuk membersihkan hidung guna menghindari dehidrasi.

Tags: Mimisan, Maag, Infeksi Usus
*dr. Fenita Antonius merupakan Alumni Fakultas kedokteran Universitas Tarumanaga angkatan 2010. Beliau Berkerja sebagai Dokter Umum di RSUD Bangka Tengah, Bangka Belitung.
* Untuk sumber asli, silahkan lihat pada alamat http://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-solusinya-dok-36


Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Sudah ada 6 komentar

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

  1. sakitnya minta ampun...
    harus segera cari obat sakit maag
    Biasanya sih p...ag

    ReplyDelete
  2. Sakit perut sampai bisa mimisan gitu ya. Periksa dan konsultasi dokter itulah yang terpenting.

    ReplyDelete
  3. duh serem juga yaa kalau sampai magg atau infeksi usus,, semoga kita mah sehat2 terus ya kang.. akhirnya tau yaa ciri2 kalau maag sama infeksi usus, terimakasih informasinya lengkap sekali kang Ibrahim

    ReplyDelete
  4. Waduh, jangan sampai ya kita-kita kena infeksi usus ..., menakutkan.
    Aku yang ngerasain saat maag kambuh aja udah ngga enak badan dan kadang migren.

    ReplyDelete
  5. Pola makan tidak teratur salah satu timbulnya penyakit maagh, saya termasuk penderita penyakit ini
    kalau sudah kambuh masyaallah sakitnya luar biasa
    alhamdulillah sekarang sudah jarang kambuh, tapi saya termasuk yang kurang tidur sering tidur larut
    mungkin itu penyebanya penyakit maagh saya sulit benar2 hilang

    ReplyDelete
  6. belum perbah mengalami kondisi seperti ini,klo mag ringan kadang suka ngalamin.
    penting untuk tau dan bisa ansipisi jika terjadi, trimakasih mas

    ReplyDelete
Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved