Terwujud

Cara Mengetahui GPU HP Android Agar tidak Salah Download Game



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !, jika ada unek-unek komen aja
Cara Mengetahui GPU HP Android Agar tidak Salah Download Game

Mengetahui GPU Hp sangat penting untuk menghindari kesalahan saat mendownload sebuah game, di artikel ini saya mau berbagi pengalaman tentang Cara Mengetahui GPU HP Android Agar tidak Salah Download Game, Silahkan disimak terus ya !

Perlu diketahui bahwa ketika kawan2 mendownload game melalui playstore, secara otomatis sistem di playstore akan membaca jenis GPU hp kawan2, jika versi GPU nya tidak sama dengan game nya, maka biasanya akan ada pemberitahuan bahwa game tersebut tidak kompitibel dengan hp android kawan2. Namun, untuk mendownload game diluar dari playstore, diperlukan pengetahuan tentang jenis GPU game yang akan didownload, apakah sama dengan GPU kawan2 atau tidak, inilah mengapa kawan2 terlebih dahulu perlu mengetahui jenis GPU hp android kawan2.

Lelah membaca, tonton aja Tutorialnya

A. Pengertian GPU dan Fungsinya

Sebelum kawan2 mengetahui jenis2 GPU, ada baiknya kawan2 tahu apa itu GPU dan apa fungsinya.

GPU merupakan singkatan dari graphic processing unit merupakan sebutan yang dipelopori oleh NVIDIA pada tahun 1999 ketika mereka meluncurkan GPU pertama di dunia, yaitu "GeForce 256”. Jadi, intinya GPU merupakan sebuah CPU tambahan (atau sering disebut co-processor) yang bertugas untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak perhitungan dalam satu waktu, salah satunya adalah pengolahan grafis.

Kawan2 mungkin bertanya, jika fungsi GPU mirip atau sama dengan Processor, mengapa tidak menggunakan CPU saja untuk pengolahan gambar dll, jawabnya karena CPU dan GPU dirancang berbeda.

CPU umumnya hanya memiliki beberapa core saja dimana jumlah core processor umumnya hanya berkisar 2-8 saja, sedangkan GPU bisa memiliki ribuan core, sedangkan untuk pengolahan gambar, maka GPU mampu melakukan komputasi untuk setiap pixel yang muncul di layar dan jumlahnya bisa mencapai jutaan.

Jika disederhanakan dalam kehidupan sehari-hari, bila ada permintaan untuk memotong rumput pada lapangan sepak bola dalam waktu 10 meit, tentu diperlukan banyak tenaga setidaknya 60-100 tenaga, nah disinilah fungsi GPU tersebut. Gimana kawan2, paham kan.

Di dalam sebuah game, bentuk grafis dari setiap gambarnya sangat beragam, untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika ditampilkan pada layar, tentu membutuhkan kemampuan yang ekstra dari sistem perangkat yang digunakan, misalnya HP android, nah disinilah fungsi dari kolaborasi CPU dan GPU tersebut. Artinya, jika GPU tidak bekerja dengan baik atau game tersebut tidak sama jenis GPU nya, kemungkinan hasil grafisnya buram, pecah, blank atau sama sekali tidak dapat dibuka. Maka dari itu, perlu sekali mengetahui jenis GPU HP kawan2. Intinya, Untuk menjalankan sebuah game dengan nyaman, maka kawan2 harus memiliki sebuah sistem yang seimbang mulai dari GPU, CPU dan RAM.

B. Jenis-Jenis GPU

Adapun jenis2 GPU sebagaimana yang sudah saya baca, setidaknya ada 5 jenis yang populer untuk HP Android, yaitu:

1. Tegra

tegra merupakan SoC atau singkatan dari System-on-a-Chip, dimana pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 untuk media player Zune HD, namun karena Zune HD tidak memiliki App Store maka penggunaan Tegra tidak memiliki dampak besar. Dua tahun kemudian Tegra 2 diumumkan dan cukup banyak digunakan tablet seperti Galaxy Tab 10.1 atau Acer Tab A200. pada masanya, tegra jarang sekali digunakan karena pada saat itu belum ada app store seperti saat ini. untuk tingkatannya, tegra terbagi menjadi 5 tingkatan yaitu Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4i, Tegra 4, dan Tegra K1.

2. PowerVR

PowerVR ini sudah cukup lama berkecamuk di dunia GPU. PowerVR merupakan GPU yang dibuat oleh Video Logic. Jenis GPU yang satu ini tidak diproduksi dalam bentuk fisik, melainkan dalam bentuk draft arsitektur yang nantinya akan lisensinya akan dijual kepada produsen processor seperti Intel, NEC dan lain-lain. Saat ini PowerVR lebih fokus pada bidang mobile processing.

3. Adreno

Adreno adalah Graphic Perfomance Unit yang dikembangkan oleh AMD yang merupakan anagram dari Radeon (produk GPU dari ATI).

4. Mali

Mali adalah salah satu produk Graphic Perfomance Unit yang dilahirkan dari perusahaan ARM. Mungkin anda masih sedikt asing dengan nama Mali, karena memang sudah jarang perangkat smartphone yang menggunakan GPU Mali tersebut.

5. VideoCore Broadcome

GPU VideoCore Broadcome merupakan jenis GPU yang membutuhkan konsumsi daya sangat rendah. GPU ini merupakan rilisan dari produsen Broadcome. Pada saat ini, GPU VideoCore Broadcome dikembangkan oleh Alphamosaic Ltd. GPU ini menggunakan arsitektur DSP Dual Dimensi yang membuatnya lebih fleksibel lagi.

C. Cara mengetahui Jenis GPU HP

Untuk mengetahui Jenis GPU HP Android kawan2, maka kawan2 bisa mengetahuinya dengan dua cara yaitu melalui Aplikasi dan situs online. Untuk aplikasi, silahkan kawan2 download aplikasi yang bernama CPU-Z. Aplikasi ini tersedia di Playstore. Adapun cara penggunaanya, terlebih dahulu instal aplikasinya, kemudian  silahkan klik aplikasinya, dan secara otomatis aplikasi ini akan membaca jenis GPU HP android kawan2, misalnya terlihat pada HP, dimana HP saya GPU nya berjenis PowerVR. Selain itu, aplikasi ini juga dengan detail menampilkan banyak rincian seperti keterangan CPU, Core dan lain-lain.

Sedangkan untuk mengetahui jenis GPU Hp android melalui situs, maka kawan2 bisa mengunjungi situs www.gsmarena.com, adapun caranya, silahkan kuungi situsnya, kemudian pada kolom pencarian, silahkan tulis merk dan type HP kawan2, misalnya HP saya xiaomi redmi 6A, setelah ketemu, silahkan enter. Nah, di sini telah tampil keterangan secara rinci, termasuk jenis GPU nya yang sama dengan keterangan melalui aplikasi yang barus di download tadi.

Nah, jika kawan2 sudah mengetahui jenis GPU kawan2, maka kawan2 tinggal menyesuaikan jenis game yang akan kawan2 download. Semoga tutorial tentang Cara Mengetahui GPU HP Android Agar tidak Salah Download Game bermanfaat bagi kawan2, terima kasih,...!



Artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF

You Might Also Like:

Previous
Next Post »

Saya akan sangat senang jika ada komentar yang membangun, tetapi:

*Jangan komentar SPAM
*Jangan menanam link
*Jangan ada unsur sara, Fornografi dan memojokkan

Komentar yang melanggar akan dimasukkan kedalam daftar SPAM dan tidak akan diijinkan lagi.

Klik dan Copy Icon di bawah:
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

By: Terwujud.com
Terima Kasih!!

Copyright © 2014 Terwujud.com - All Rights Reserved